KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN LANTAI VINYL

Setiap bahan bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga material lantai. Sebelum kita menentukan untuk menggunakan material lantai tertentu pada tempat tinggal kita, ada baiknya jika kita mempelajari kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli material lantai. Kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan material lantai vinyl.

 

Material lantai vinyl dibuat dari bahan PVC atau Poly Vinyl Chloride yang memiliki tekstur yang lembut dan elastis dibanding material lantai lainnya. Lantai vinyl tersedia dalam beberapa jenis antara lain vinyl plank berbentuk lembaran, vinyl tile, dan vinyl roll. Apa saja kelebihan dan kekurangan material lantai vinyl?

 

Kelebihan Lantai Vinyl

  • Lantai vinyl tersedia dalam beragam warna dan motif (seperti motif kayu dan batu alam) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan interior kita.

 

  • Mudah dalam pemasangan karena hanya perlu merekatkan lantai vinyl ke permukaan lantai. Pastikan agar permukaan lantai sudah bersih dan kering agar lantai vinyl dapat bertahan lama.

 

  • Mudah dibersihkan, cukup di sapu dan di pel secara rutin unuk menjaga kebersihan.

 

  • Lantai vinyl memiliki permukaan yang lebih halus dibandingkan lantai kayu karena mengandung busa sehingga lantai vinyl lebih nyaman untuk dipijak.

 

  • Lantai vinyl tergolong awet, kuat dan tahan lama, bahkan ada yang mengklaim bahwa lanta vinyl bisa bertahan hingga dua puluh tahun, terutama jika dipasang secara benar dan dirawat dengan teratur.

 

  • Anti rayap, karena terbuat dari plastik dan bukan kayu.

 

  • Lantai vinyl tidak cepat pudar, tidak berubah warna, dan tidak mudah memuai walaupun terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

 

  • Tahan terhadap air (water resistant), sehingga lapisan lantai vinyl tidak akan cepat rusak jika lantai tersiram atau tergenang air.

 

  • Tahan api (fire resistant) dalam skala tertentu tidak akan merusak dan menyebar ke lantai vinyl.

 

  • Tahan terhadap beban berat dan tahan goresan (anti-scratch) dari benda yang berada diatasnya ataupun yang melintas diatasnya. Lantai vinyl yang digunakan di rumah sakit cukup terbukti kuat menahan lalu lalangnya roda ranjang rumah sakit.

 

 

Kelemahan Lantai Vinyl

  • Lantai vinyl yang terbuat dari PVC memiliki kandungan VOC (votatile organic compounds) yang dilepaskan ke udara yang bisa mempengaruhi kesehatan. Meskipun sebagian produsen mulai mengurangi kandungan PVC pada material lantai vinyl, salah satu antisipasi yang bisa kita lakukan adalah memastikan adanya sirlukasi udara yang cukup baik di dalam rumah atau pada ruangan tersebut.

 

  • Lantai vinyl tidak tahan terhadap tusukan benda tajam terutama jika terkena pisau, silet, cutter, dll. Kaki furnitur yang ada di atas lantai vinyl bisa juga menjadi benda tajam, terutama jika kaki furnitur tersebut tidak dilapisi bahan karet. Usahakan saat melakukan pemindahan furnitur, kita mengangkat furnitur tersebut bukan menggesernya.

 

  • Perbaikan lantai vinyl lebih rumit dibandingkan material lantai karena apabila satu lembar lantai vinyl rusak maka kita harus membeli 1 dus lembaran serupa (artinya kita hanya memakai beberapa lembar saja dan sebagian embar lain tidak akan digunakan). Tapi keuntungannya adalah kita mempunyai lembaran cadangan sebagai antisipasi kerusakan di kemudian hari.

 

 

Dari keunggulan dan kelemahan lantai vinyl, kita sudah dapat mempertimbangkan material apa yang cocok untuk menutup lantai rumah, apartemen, restoran, café,kedai kopi kita.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Apr 2019

Related Article