Atap & Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl yang Jarang Diketahui

Media
16 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda sedang mencari pilihan lantai baru untuk rumah atau ruang kerja dan menjadikan lantai vinyl sebagai salah satu pilihan? Sebelum itu, cari tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan lantai vinyl sekaligus jenis lantai vinyl apa saja yang ada di pasaran.

Kemudian, apabila saat ini Anda juga sedang mencari berbagai bahan bangunan ataupun perlengkapan rumahan, dapatkan diskon yang menarik untuk berbagai pilihan produk Anda hanya di Klopmart.

Promosi Klopmart

Tanpa berlama-lama, yuk simak ulasan selengkapnya tentang apa saja kekurangan dan kelebihan lantai vinyl berikut ini.

Apa Itu Lantai Vinyl?

Apa Itu Lantai Vinyl

Lantai Vinyl (vinyl tile) adalah salah satu pilihan material lantai yang populer di kalangan masyarakat saat ini. Selain mudah dibersihkan dan memiliki daya tahan lama, vinyl lantai juga memiliki beragam pilihan warna dan desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera estetika setiap orang.

Dari sisi bahannya, Vinyl lantai memiliki bahan dasar plastik polivinil klorida (PVC) yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti plastikizer, pigmen, dan stabilizer. Material ini dapat dibuat dalam bentuk lembaran atau tile yang mudah dipotong dan dipasang sesuai dengan ukuran dan bentuk ruangan.

Biasanya, vinyl lantai dipasang dengan cara ditempelkan pada lantai yang telah disiapkan dengan baik. Pemasangan vinyl lantai perlu dilakukan oleh tenaga profesional agar hasilnya maksimal dan tidak terjadi kesalahan. Apabila dipasang dengan benar, vinyl lantai dapat bertahan hingga 10 tahun atau lebih.

Baca juga: Inilah Perbedaan Parket dan Vinyl, Mana yang Lebih Bagus?

Kelebihan Lantai Vinyl

Sebagian orang mengetahui bahwa penggunaan lantai vinyl memudahkan penghuninya untuk membersihkan lantainya. Namun, selain mudah dibersihkan, jenis lantai ini juga memiliki beberapa keunggulan lain, seperti:

1. Memiliki Banyak Warna dan Motif

Kelebihan lantai vinyl yang pertama datang dari variasinya. Anda dapat menemukan beragam motif dan warna lantai vinyl dengan mudah. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk memilih desain lantai keramik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lantai vinyl tersedia dalam beragam warna dan motif (seperti motif kayu dan batu alam) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan interior kita.

2. Proses Pemasangan Mudah

Kelebihan lantai vinyl berikutnya adalah mudah dipasang. Anda dapat memasang lantai vinyl dengan mudah. Cukup rekatkan lantai vinyl pada permukaan lantai dan pastikan permukaan lantai sudah bersih dan kering agar lantai vinyl yang Anda pasang dapat bertahan lama.

3. Lebih Awet dan Tahan Lama

Lantai vinyl tergolong awet, kuat dan tahan lama, bahkan ada yang mengklaim bahwa lanta vinyl bisa bertahan hingga dua puluh tahun, terutama jika dipasang secara benar dan dirawat dengan teratur.

Selain itu, lantai vinyl juga anti raya karena terbuat dari plastik. Terakhir, lantai vinyl juga tahan api (fire resistant) dalam skala tertentu tidak akan merusak dan menyebar ke lantai vinyl.

4. Tahan terhadap Sinar Matahari Langsung

Jika Anda sedang mencari jenis lantai keramik yang untuk digunakan di luar ruangan, maka lantai vinyl bisa jadi pilihan yang tepat. Lantai vinyl tidak cepat pudar, tidak berubah warna, dan tidak mudah memuai walaupun terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

5. Kedap Air

Lantai vinyl umumnya memiliki sifat yang tahan air atau kedap air dalam kondisi normal. Ini membuatnya cocok untuk ruang-ruang dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi atau dapur. Namun, perlu diingat bahwa sifat kedap air lantai vinyl bergantung pada kualitas dan instalasinya.

6. Harga Terjangkau 

Kelebihan yang terakhir adalah memiliki harga yang relatif kompetitif jika Anda komparasi dengan jenis flooring lainnya.

Anda dapat menciptakan tampilan lantai yang menarik seperti kayu atau marmer dengan menggunakan vinyl yang harganya lebih terjangkau. Vinyl hadir dalam banyak merek dengan beragam desain yang bisa disesuaikan dengan selera dan model ruangan yang diinginkan.

7. Isolasi Suara

Isolasi suara adalah kemampuan suatu bahan untuk mengurangi atau menyerap suara yang berasal dari luar atau dari ruangan lain.

Vinyl lantai memiliki isolasi suara yang baik karena bahan utama yang digunakan dalam pembuatannya memiliki sifat yang cukup keras sehingga dapat menyerap suara dengan baik. 

Penggunaan vinyl lantai dapat membantu mengurangi kebisingan di ruangan, terutama jika dipasang di lantai atas atau di atas lantai kayu yang mudah mengalami resonansi.

Baca juga: 10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Benar

Kelemahan Lantai Keramik Vinyl

Dari penjelasan kelebihannya, lantai vinyl mungkin tampak seperti pilihan lantai keramik yang tepat. Tetapi, lantai vinyl tidaklah sempurna.

Terdapat beberapa kekurangan lantai vinyl yang harus Anda ketahui dan pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis lantai ini. Berikut adalah beberapa kekurangan lantai vinyl yang harus Anda perhitungkan.

1. Memiliki Kandungan VOC

Jenis lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) yang memiliki kandungan VOC (votatile organic compounds) yang dilepaskan ke udara yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Meskipun sebagian produsen mulai mengurangi kandungan PVC pada material lantai vinyl, salah satu antisipasi yang bisa kita lakukan adalah memastikan adanya sirlukasi udara yang cukup baik di dalam rumah atau pada ruangan tersebut.

2. Tidak Tahan Benda Tajam

Lantai vinyl tidak tahan terhadap tusukan benda tajam terutama jika terkena pisau, silet, cutter, dll. Kaki furnitur yang ada di atas lantai vinyl bisa juga menjadi benda tajam, terutama jika kaki furnitur tersebut tidak dilapisi bahan karet.

Sifat inilah yang membuat lantai vinyl mudah rusak saat Anda memindahkan furnitur rumah di ruangan. Usahakan saat melakukan pemindahan furnitur, kita mengangkat furnitur tersebut bukan menggesernya.

3. Perbaikan yang Lebih Rumit

Perbaikan lantai vinyl lebih rumit dibandingkan material lantai lainnya karena apabila satu lembar lantai vinyl rusak maka kita harus membeli 1 dus lembaran serupa (artinya kita hanya memakai beberapa lembar saja dan sebagian embar lain tidak akan digunakan).

Tapi keuntungannya adalah kita mempunyai lembaran cadangan sebagai antisipasi kerusakan di kemudian hari.

4. Bahaya Jika Terkelupas 

Faktor yang cukup membahayakan yakni jika lantai vinyl terkelupas karena menahan berbagai cuaca dan cipratan air.

Pasalnya, bahan lem yang digunakan mudah terkelupas jika terpapar oleh air, sehingga tidak diperbolehkan untuk menggunakan kain pel. Kamu cukup membersihkannya dengan sapu maupun alat penyedot debu pada ruangan di rumah.

5. Sulit Dilepas

Hal ini terjadi karena bahan vinyl lantai memiliki sifat yang cenderung keras dan memiliki tingkat kelekatan yang tinggi. Oleh karena itu, jika vinyl lantai sudah direkatkan dengan benar, maka akan sulit untuk dilepas tanpa merusak permukaan lantai atau menimbulkan kerusakan pada vinyl lantai itu sendiri. 

Namun, jika Anda ingin mengeluarkan vinyl lantai yang sudah terpasang, maka perlu menggunakan alat pemotong yang tepat dan melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan lantai atau vinyl lantai.

Baca juga: 10 Material Lantai Untuk Rumah Anda

Tips Merawat lantai vinyl yang Tepat

Ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk merawat lantai vinyl agar awet dan tetap bersih. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bersihkan secara Rutin

Penting untuk melakukan pembersihan rutin dengan menggunakan sapu atau vakum untuk menghilangkan debu, kotoran, dan pasir yang dapat menggores atau merusak permukaan lantai vinyl.

Dengan membersihkan secara teratur, Anda dapat mencegah penumpukan kotoran yang dapat membuat lantai terlihat kusam dan merusak lapisan pelindungnya.

2. Gunakan Alat Pembersih yang Tepat

Saat membersihkan noda atau kotoran yang membandel, pastikan untuk menggunakan lap yang lembab dengan pembersih ringan. Hindari penggunaan pembersih berbahan keras yang dapat merusak lapisan pelindung lantai vinyl.

Dengan menggunakan pembersih yang tepat, Anda dapat menjaga kebersihan lantai tanpa mengorbankan kekuatan dan keindahannya.

3. Hindari Kontak Langsung dengan Benda Tajam

Untuk mencegah kerusakan pada lantai jenis vinyl, hindari kontak langsung dengan benda tajam atau berat yang dapat menyebabkan goresan atau kerusakan permanen.

Gunakan alas kaki atau penyangga untuk perabotan yang dapat meninggalkan bekas atau merusak lantai. Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat memastikan lantai vinyl tetap terlihat indah dan terawat dalam jangka panjang.

Baca juga: Inilah 10 Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin dan Cantik

Itulah dia kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang harus Anda ketahui. Lantai vinyl adalah salah satu jenis lantai keramik yang digemari banyak orag. Tentunya hal ini buka tanpa alasan. Lantai vinyl memiliki banyak kelebihan.

Tetapi, hal itu tidak menjadikannya sempurna. Jika Anda berniat menggunakan lantai vinyl, ada baiknya Anda juga mengetahui dan memahami kekurangannya. Pastikan Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan lantai vinyl dengan baik sebelum mencobanya.

Sekarang, Anda telah memahami apa itu vinyl lantai dan kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya. Jika Anda sedang merenovasi rumah atau membangun rumah baru dan ingin lantainya tahan lama, pastikan untuk menggunakan cat pelindung lantai kayu berkualitas tinggi seperti Propan Aqua Parquet Lack.

Menariknya, Anda berkesempatan mendapatkan harga distributor untuk berbagai pilihan produk Anda ketika membeli di Klopmart. Segera kunjungi kami sekarang juga.

material bahan bangunan

Cari tahu harga cat pelindung lantai kayu terbaik hanya di Klopmart, yaitu Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap.

Dengan demikian, Anda dapat memilih lantai yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Semoga penjelasan mengenai apa itu vinyl lantai ini dapat bermanfaat untuk pembangunan rumah Anda.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya