Ketahui Cara Membuat Kandang Hamster Dari Triplek

Informasi cara membuat kandang hamster dari triplek memang sangat berguna untuk Anda yang senang memelihara binatang ini. Apalagi cara merawatnya termasuk mudah serta dapat ditaruh di dalam rumah juga. Ingin mengetahui bagaimana cara selengkapnya? Berikut penjelasannya.
 

Cara Membuat Kandang Hamster dari Triplek

Untuk membuat kandang hamster dari triplek, ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan. Dimulai dari:

Setidaknya alat dan bahan di atas telah Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum membuat kandang hamster. Berbicara mengenai triplek yang dibutuhkan, Anda jangan sampai memilih kualitas sembarangan. Cek kualitas triplek. Apakah ada lubang atau rongga. Jika ada, jangan pilih triplek itu karena terbukti rapuh dan mudah hancur. Tentunya Anda ingin kandang yang dibuat itu tahan lama, bukan? Karena itulah, pilih triplek yang kuat.
 

Mulai Membuat Kandang

Sekarang waktunya untuk membuat kandang hamster. Biasanya untuk membuat kandang hamster itu membutuhkan kaca bening tebal yang biasanya dipakai untuk akuarium. Anda harus mempersiapkannya karena akan disambungkan dengan potongan triplek di bagian sisi kanan, kiri, belakang, dan juga bawah sebagai pondasi utama.

Agar tidak terlalu kecil, Anda bisa membuat ukuran kandang hamster sekitar 35 x 35 x 35 cm. Ukuran ini termasuk normal untuk satu hamster saja. Anda bisa mulai memotong triplek dan menggabungkannya dengan kaca bening tebal sehingga kandang tersebut bisa berdiri kokoh.
 

Jangan Biarkan Kandang Terbuka

Bagi yang belum mengetahuinya, hamster adalah binatang cerdas. Itu sebabnya Anda tidak boleh membiarkan kandang terbuka ketika meninggalkannya sendiri. Anda perlu menutup setiap celah keluar masuk yang bisa membuat hamster lepas dari kandangnya. 

Selain itu, penutupan kandang hamster secara maksimal juga berguna untuk menghindari adanya hewan lain yang masuk ke dalamnya sehingga mengganggu binatang peliharaan Anda. 

Namun perlu diingat bahwa kandang tertutup bukan berarti tidak ada ventilasi udara sama sekali. Karena Anda membuat kandang hamster ini di rumah, Bisa buat penutup bagian atas dari triplek tapi tetap memberikan sirkulasi udara dengan membolongi beberapa titik menggunakan bor. Tutup itu akan berguna ketika waktu di malam hari atau Anda sedang tidak bisa memperhatikan kondisi hamster. Keamanan tetap terjaga, sirkulasi udara juga berjalan lancar.

Jangan Lupa Hal-Hal Pendukung

Di dalam kandang harus ada alas dari serbuk kayu atau pasir agar hamster bisa nyaman. Mainan lainnya yang bisa dengan Anda mudah temukan di pet shop pun perlu dimasukkan ke dalam kandang juga. Terakhir, berikan tempat makanan dan minuman agar tidak berceceran serta mengotori kandang hamster. 

Dengan mengikuti setiap cara membuat kandang hamster dari triplek di atas, Anda bisa segera membuatnya. Secara harga sudah pasti lebih murah dibandingkan harus membeli kandang yang sudah jadi. 

Berbicara mengenai triplek, triplek apa yang cocok untuk kandang hamster? Tentu saja jawabannya adalah triplek melamin. Triplek ini memiliki ukuran ketebalan 15 mm sehingga sangat cocok jika Anda gunakan sebagai material kandang hamster. Kualitasnya pun baik dengan daya tahan yang lama. 

Sekarang Anda sudah bisa membeli triplek melamin bersama Klopmart. Ingin segera membeli triplek dengan kualitas tinggi ini? Dengan informasi cara membuat kandang hamster dari triplek, cek harga triplek melamin dari Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Mar 2021

Related Article