Atap & Lantai

6 Cara Membuat Kandang Hamster Dari Triplek

Media
26 Mar 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Informasi cara membuat kandang hamster dari triplek memang sangat berguna untuk Anda yang senang memelihara hewan peliharaan ini. Apalagi hamster adalah hewan yang mudah dirawat dan dapat ditaruh di dalam rumah juga. Ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya? Berikut ini penjelasan lengkap bagaimana membuat kandang hamster dari triplek.

6 Cara Membuat Kandang Hamster dari Triplek

Setidaknya ada enam cara untuk membuat kandang hamster menggunakan triplek.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Apa saja alat dan bahan untuk membuat kandang hamster? Untuk membuat kandang hamster dari triplek, ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan.

Alat:

Bahan:

Setidaknya alat dan bahan di atas telah Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum membuat kandang hamster.

Berbicara mengenai triplek yang dibutuhkan untuk membuat kandang hamster, Anda jangan sampai memilih kualitas sembarangan. Cek kualitas triplek, apakah ada lubang atau rongga. Jika ada, jangan pilih triplek itu karena terbukti rapuh dan mudah hancur. Tentunya Anda ingin kandang yang dibuat itu tahan lama, bukan? Karena itulah, pilih triplek yang kuat.

Baca juga: 6 Jenis Triplek untuk Konstruksi Bangunan

Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan untuk mencegah Anda terluka saat bekerja.

2. Mulai Membuat Kandang Hamster

Sekarang waktunya untuk membuat kandang hamster. Biasanya untuk membuat kandang hamster itu membutuhkan kaca bening tebal yang biasanya dipakai untuk akuarium. Anda harus mempersiapkannya karena akan disambungkan dengan potongan triplek di bagian sisi kanan, kiri, belakang, dan juga bawah sebagai pondasi utama.

Agar tidak terlalu kecil, Anda bisa membuat ukuran kandang hamster sekitar 35 x 35 x 35 cm. Ukuran ini termasuk normal untuk satu hamster saja. Anda bisa mulai memotong triplek dan menggabungkannya dengan kaca bening tebal sehingga kandang tersebut bisa berdiri kokoh.

Baca juga: Cara Memotong Kaca dengan Gerinda

3. Jangan Biarkan Kandang Terbuka

Bagi yang belum mengetahuinya, hamster adalah binatang cerdas. Itu sebabnya Anda tidak boleh membiarkan kandang terbuka ketika meninggalkannya sendiri. Anda perlu menutup setiap celah keluar masuk yang bisa membuat hamster lepas dari kandangnya. 

Selain itu, menutup kandang hamster secara maksimal juga berguna untuk menghindari adanya hewan lain yang masuk ke dalamnya sehingga mengganggu binatang peliharaan Anda. 


4. Buat Ventilasi

Perlu diingat bahwa kandang tertutup bukan berarti tidak ada ventilasi udara sama sekali. Karena Anda membuat kandang hamster ini di rumah, Bisa buat penutup bagian atas dari triplek tapi tetap memberikan sirkulasi udara pada ruangan dengan membolongi beberapa titik menggunakan bor.

Tutup tersebut akan berguna ketika waktu di malam hari atau Anda sedang tidak bisa memperhatikan kondisi hamster. Keamanan tetap terjaga, sirkulasi udara juga berjalan lancar.

Baca juga: Cara Membuat Desain Kandang Merpati Sederhana

5. Jangan Lupa Hal-Hal Pendukung

Di dalam kandang hamster harus terdapat alas dari serbuk kayu atau pasir. Serbuk kayu diperlukan agar hamster bisa nyaman.

Jika perlu mainan hamster lainnya yang bisa dengan mudah Anda temukan di pet shop perlu dimasukkan ke dalam kandang juga. Mainan hamster tersebut diperlukan karena hewan pengerat satu ini adalah hewan yang mudah jenuh.


6. Sediakan Tempat Makan dan Minum

Terakhir, berikan hamster Anda tempat makanan dan minuman agar tidak berceceran serta mengotori kandang hamster. 

Dengan mengikuti setiap cara membuat kandang hamster dari triplek di atas, Anda bisa segera membuatnya. Secara harga sudah pasti lebih murah dibandingkan harus membeli kandang yang sudah jadi. 

Berbicara mengenai pembuatan kandang hamster dari triplek, maka pertanyaannya adalah triplek apa yang cocok untuk kandang hamster? Tentu saja jawabannya adalah triplek melamin. Triplek ini memiliki ukuran ketebalan 15 mm sehingga sangat cocok jika Anda gunakan sebagai material pembuatan kandang hamster. Kualitasnya pun baik dengan daya tahan yang lama. 

Sekarang Anda sudah bisa membeli triplek melamin bersama Klopmart. Ingin segera membeli triplek dengan kualitas tinggi ini? Dengan informasi cara membuat kandang hamster dari triplek, cek harga triplek melamin dari Klopmart sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya