Tips & Trik

4 Keramik Untuk Tangga yang Tidak Licin dan Tips Memilihnya

Media
01 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memilih keramik untuk tangga yang tidak licin menjadi salah satu perhatian utama. Tangga menjadi area pada bagian rumah yang digunakan secara aktif untuk naik atau turun ke level lainnya pada rumah. Dikarenakan penggunaannya yang sangat sering, maka Anda harus memperhatikan keselamatan penggunaannya. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah seseorang bisa terpeleset dan terluka.

Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus memilih keramik yang tidak licin dalam berbagai macam kondisi. Demi mempermudah kegiatan Anda mencari keramik yang satu ini, maka simak berbagai macam informasi mengenai cara memilih keramik yang tidak licin untuk tangga hunian Anda.

Tips Memilih Keramik Untuk Tangga yang Tidak Licin

Sebagai salah satu area dengan tingkat lalu lintas yang tinggi, diwajibkan memiliki beberapa pengaman. Mulai dari rail pegangan hingga permukaan untuk dipijak dengan luas yang cukup dan permukaan kesat. Hal ini lantas membuat permukaan yang tidak licin menjadi perhatian utama bagi pemilik rumah ketika ingin memilih keramik untuk digunakan pada tangga.

Keramik merupakan material yang bagus dan versatile digunakan pada berbagai macam bagian rumah. Tidak hanya populer menghias kamar mandi, keramik juga bisa diaplikasikan di ruangan tidur hingga tangga pada rumah.

Ada beragam kelebihan yang membuatnya menjadi bahan favorit untuk melapisi lantai. Pertama, daya tahan yang dimiliki oleh keramik sangat bagus sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kemudian ada banyak macam pilihan warna, desain, dan pola yang bisa dibentuk menggunakan keramik. Hal ini memberikan pemilik rumah kesempatan untuk sekreatif mungkin menggunakan keramik pada rumah mereka.

Kemudian terdapat faktor keuntungan dalam menggunakan keramik anti-licin. Terutama saat memilih keramik pada kamar mandi dan juga tangga rumah. Permukaan yang tidak licin ini mampu menambah tingkat keselamatan dari tangga sehingga orang-orang baik penghuni ataupun tamu bisa menggunakannya dengan lebih nyaman.

Ketika Anda harus memilih keramik untuk tangga yang tidak licin, maka pastikan beberapa hal ini:

  • Pilihlah keramik khusus untuk lantai, ditandai dengan permukaan yang lebih kasar dan beralur
  • Pilih warna dan motif yang tidak bertabrakan dengan tema ruangan
  • Pilih keramik sesuai ukuran anak tangga
  • Tanyakan mengenai tangga dengan permukaan anti-slip jika bingung

Baca juga: 5 Tips Memilih Keramik Tangga yang Aman dan Menarik

4 Motif Keramik Untuk Tangga yang Tidak Licin

Walaupun memiliki permukaan yang lebih kasar dan beralur, tapi model dari tangga ini juga beragam. Beberapa di antaranya adalah:

1. Keramik Motif Batu Alam

Batu alam merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk memberi kesan natural dan elegan pada luar ataupun dalam ruangan rumah. Anda bisa menggunakan batu alam sebagai permukaan untuk dipijak dalam bentuk keramik. Tidak hanya meningkatkan visual dan estetika rumah, tangga yang dilapisi dengan keramik seperti ini menjamin keselamatan dari penggunanya.

2. Keramik Motif Kayu

Satu lagi jenis motif yang digunakan untuk mendapatkan konsep natural. Keramik yang memiliki motif kayu memiliki desain yang tidak hanya terbatas pada satu bentuk saja. Terdapat beragam motif kayu yang bisa digunakan untuk menutupi anak tangga.

3. Keramik Pola Mosaik

Terdapat beragam ide kreatif yang bisa dituangkan menggunakan desain keramik satu ini. Ciptakan banyak kombinasi dari bermacam warna untuk membentuk pola unik pada tangga Anda. Model keramik satu ini mampu membantu Anda untuk menghasilkan desain sesuai dengan konsep dan ide yang diinginkan.

4. Keramik Slate

Keramik jenis ini memiliki penampilan yang kasar dan memberikan traksi yang sangat baik saat digunakan sebagai penutup anak tangga. Tersedia dalam berbagai warna, termasuk abu-abu, biru, hijau, hitam, dan merah yang bisa disesuaikan dengan tampilan keseluruhan ruangan.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Keramik yang Berkualitas Serta Cara Memilihnya

Cara Membuat Keramik Anak Tangga Agar Tidak Licin

Ketika sudah memastikan memilih keramik yang tidak licin dan sesuai dengan gaya ruangan Anda, ada beberapa cara untuk semakin memastikan permukaan keramik pada tangga tidak licin. Cara-cara tersebut seperti:

1. Menggunakan Anti-Slip Adhesive Tape

Menggunakan tape ini merupakan solusi yang fungsional untuk memberikan tambahan keamanan untuk mencegah seseorang terpeleset. Cara pemasangannya juga tidak terlalu sulit. Anda bisa merekatkan tape ini pada ujung anak tangga dengan melepas film yang melindungi bahan adhesive.

2. Menggunakan Cairan Anti-Slip

Formula acid-etching ini bekerja dengan membentuk "micro treads" di permukaan lantai berbahan dasar mineral. Hal ini menyebabkan secara mikroskopis menimbulkan korosi pada permukaan, sehingga menciptakan profil yang membuat permukaan tidak licin saat basah. Jika digunakan dengan benar dan sesuai dengan instruksi maka cairan ini tidak akan mengubah tampilan keramik. Pastikan Anda mengaplikasikan cairan ini dengan benar agar keramik tidak rusak.

3. Letakkan Karpet di Ujung Tangga

Selain mengandalkan permukaan anti licin dari keramik anak tangga, Anda juga bisa memberikan pengamanan tambahan dengan memastikan permukaan telapak kaki tidak licin dengan menyediakan karpet atau alas untuk mengelap kaki. Memastikan telapak kaki kering dan tidak basah mampu mengurangi risiko terpeleset dari tangga yang berbahaya. Karpet kecil ini tidak mahal, mudah dibersihkan, dan bisa membantu meningkatkan estetika ruangan rumah Anda.

Itulah beberapa tips memilih keramik untuk tangga yang tidak licin. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda. Agar keramik pada anak tangga dapat melekat dan tertata dengan sempurna menghindari beragam hal berbahaya,  gunakan semen instan siap pakai yang terdiri dari campuran semen dan agregat khusus yaitu IM Grout Drymix Tile Grout Sanitized.

Cukup menggunakan air sebagai bahan tambahan maka Anda sudah bisa menggunakan drymix ini secara praktis. Produk ini menjamin nat keramik selalu bersih dengan teknologi  anti bakteri dan jamurnya. Tunggu apalagi? Dapatkan produk ini sekarang juga di website Klopmart. Cek harganya dan langsung borong untuk membantu Anda menghias tangga dengan keramik.

Sumber artikel: 

  • https://cerrad.com/us/news-usa/how-to-choose-stair-tiles/
  • https://www.hunker.com/13402294/what-kind-of-tile-for-a-floor-is-not-slippery
  • https://prudentreviews.com/tile-floor-slippery/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/137620/keramik-tangga-kasar-cantik-anti-licin

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya