Saniter

KENALI JENIS WATER HEATER ANDA!

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Ternyata penggemar mandi air panas itu juga banyak berada di negeri tropis, khususnya area-area yang berada cukup tinggi di atas permukaan laut. Area- area tersebut biasanya berada di dataran tinggi dan pegunungan yang suhu udaranya sejuk hingga dingin.

    Mandi air panas biasanya menggunakan air panas yang direbus di atas kompor, atau degan menggunakan perangkat pemanas air atau kita kenal dengan nama kerennya, water heater.

     

    Sebelum memilih dan membeli water heater, ada baiknya kita mengenali dulu jenis-jenisnya yang ada di pasaran. Walaupun ada berbagai merk dan nama produsen water heater, namun perbedaan signifikan adalah sumber energi untuk menghasilkan panas:

     

    Electric Water Heater

    Alat pemanas air ini menggunakan listrik sebagai sumber energi panasnya. Water heater jenis ini dibedakan menjadi dua: dengan tangki air dan tanpa tangki air. Electric Water Heater tanpa tangki biasanya konsistensi temperatur airnya tidak stabil. Jika mandinya lama, maka airnya akan menurun temperaturnya. Pemanas air listrik jenis ini lebih murah dibandingkan jenis sama dengan tangki air. Electric Water Heater dengan tangki, konsistensi temperatur airnya lebih stabil. Anda bisa mandi lama sambil menikmati air yang tetap terjaga panasnya. Harganya tergantung ukuran kapasitas tangki airnya.

     

    Solar Water Heater

    Alat pemanas ini menggunakan energi panas matahari BUKAN menggunakan BBM solar! Prinsip kerjanya serupa dengan electric water heater, hanya sumber energi listriknya yang berbeda. Energi panas matahari diubah menjadi energi listrik yang kemudian digunakan untuk memanaskan air di dalam tangki.

     

    Gas Water Heater

    Alat pemanas ini menggunakan pemanas air berupa kompor kecil dengan tenaga gas elpiji (LPG). Bentuknya cukup kecil dan sederhana. Saat dinyalakan, air dialirkan di dalam pipa yang dipanaskan dengan kompor kecil. Hal ini membuat kita cepat mendapatkan air panas tanpa menunggu terlalu lama. Jika menggunakan tabung elpiji, maka kompor kecil tersebut hanya menyala selama tabung elpiji berisi. Jika tabung sudah kosong, perlu dilakukan penggantian terlebih dahulu sebelum melanjutkan mandinya.

     

    Aircon Water Heater

    Alat pemanas ini menggunakan energi panas yang dilepaskan dari unit outdoor perangkat AC (Air Coonditioning). Energi panas yang dilepaskan oleh kompresor AC dikumpulkan oleh sebuah heat exchanger dan dialirkan untuk memanaskan tangki air.

     

    Heat Pump Water Heater

    Alat pemanas air ini menggunakan perangkat sirkulasi refrigerant untuk memanaskan air. Refrigerant yang diberi tekanan oleh kompresor akan meningkat temperaturnya. Melalui sebuah heat exchanger, energi panas ini digunakan untuk memanaskan air.

     

    Boiler Water Heater

    Alat pemanas ini menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk memanaskan air. Alat ini mampu memanaskan air hingga di atas titik didih air (di atas 100 oC) sehingga dikenal juga sebagai steam boiler water heater. Alat pemanas air menghasilkan air panas dan uap panas yang biasanya digunakan untuk keperluan industrial yang memiliki kapasitas cukup besar, seperti pabrik-pabrik, dan binatu industrial (industrial laundry service) untuk rumah sakit maupun hotel.

     

    Setelah mengetahui jenis-jenis water heater, pilihlah water heater yang sesuai dengan keperluan Anda! Selamat memilih…

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya