Kekurangan Wallpaper Sticker Pada Dinding Rumah dan Bangunan

Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan wallpaper dinding, Anda perlu juga mengetahui beberapa kekurangan wallpaper sticker sebagai pelapis dinding di rumah.

Hal ini penting untuk diketahui karena setiap bahan bangunan mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, begitu juga dengan wallpaper dinding.
 

Kekurangan Wallpaper Sticker

Sebelum memasang wallpaper dinding di rumah sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu hal-hal yang akan terjadi agar dapat mempersiapkannya di kemudian hari, berikut daftar kekurangan penggunaan wallpaper dinding di rumah dan bangunan:
 

1. Mudah Mengelupas

Walaupun memiliki daya tahun yang lebih lama dibandingkan cat tembok, wallpaper dapat mudah mengelupas terutama pada ruangan dan dinding yang lembap. Bahan perekat wallpaper dinding tidak dapat merekat sempurna pada dinding yang lembap.
 

2. Mudah Berjamur

Selain mengelupas, wallpaper yang berada di ruangan tertutup dan lembap tersebut mudah berjamur. Hal ini tentu saja merusak keindahan interior ruangan tersebut dan merusak wallpaper itu sendiri. Pastikan ruangan tersebut senantiasa mendapatkan pengudaran dan pencahayaan yang cukup.
 

3. Harga Lebih Mahal

Dibandingkan dengan cat tembok, harga wallpaper dinding lebih mahal. Selain itu, jika Anda tidak bisa memasangnya sendiri, Anda perlu menggunakan jasa pemasangan wallpaper yang biayanya tentu berbeda dengan jasa tukang mengecat dinding. Sebelum membeli wallpaper dinding pastikan bahwa motif, warna dan ukuran sudah sesuai kebutuhan. Contohnya adalah Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu seperti desain wallpaper dinding kamar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca juga: 6 Cara Menempelkan Wallpaper Dinding dengan Benar
 

4. Meninggalkan Bekas

Saat kita hendak mengganti wallpaper dinding di rumah, kita tidak bisa begitu saja mengelupas wallpaper tersebut karena pengelupasan yang tidak benar akan meninggalkan bekas pada dinding. Perlu cara khusus untuk mengelupas wallpaper agar benar-benar dapat menghilangkan noda di tembok rumah.
 

5. Perlu Persiapan Khusus

Memasang wallpaper dinding perlu persiapan khusus. Peralatan yang digunakan untuk melepas dan memasang wallpaper dinding juga lebih banyak dan rumit dibandingkan dengan mengelupas dan mengecat dinding. Sehingga waktu yang diperlukan untuk memasang wallpaper dinding juga lebih lama dibandingkan dengan pengecatan dinding.
 

6. Permukaan Wallpaper Mudah Kotor

Permukaan wallpaper lebih cepat kusam dan kotor karena debu mudah menempel pada permukaan dinding tersebut. Anda harus mengerti bagaimana cara merawat wallpaper dinding agar wallpaper tetap awet, enak dipandang, dan tahan lama.

Mengetahui kekurangan dalam menggunakan wallpaper dinding tersebut, dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih dengan cermat dan membeli wallpaper dinding sesuai kebutuhan dan biaya yang sudah Anda persiapkan. 

Baca juga: Menghitung kebutuhan wallpaper dinding

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya