Atap & Lantai

Kelebihan Menggunakan Gypsum Untuk Dinding Kamar Mandi

Media
14 Jul 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Gypsum adalah bahan material bangunan yang terbuat dari campuran sulfat dan kapur yang diolah menjadi papan lembaran lalu dibungkus dengan kertas tipis. Dulunya memang gypsum hanya dipakai sebagai material utama plafon rumah. Namun, sekarang gypsum sudah banyak digunakan pula sebagai finishing dinding dan partisi antar ruang. Salah satu contohnya adalah gypsum untuk dinding kamar mandi yang ternyata lebih unggul daripada menggunakan bahan lainnya. Ini dia keunggulannya!

Pemasangan cepat

Memilih gypsum untuk dinding kamar mandi adalah langkah terbaik untuk menghemat waktu renovasi dan dekorasi. Sebab, pemasangan gypsum ditawarkan dalam bentuk dry wall atau dinding kering yang minim penggunaan air.

Memasang gypsum tidak butuh waktu untuk mengaduk semen seperti memasang dinding bata. Hanya butuh sekrup untuk memasang dinding gypsum pada besi hollow yang berfungsi sebagai rangkanya. Sebagai pelapis dinding bata, pemasangan gypsum pun bisa sangat cepat karena tinggal ditempel atau direkatkan ke dinding dengan menggunakan lem perekat khusus.

Perawatan mudah

Untuk perawatannya, dinding papan gypsum jauh lebih awet jika dibandingkan dengan bahan dinding batu bata. Gypsum sangat minim risiko kerusakan seperti retak ataupun bolong. Kalaupun misalnya terjadi kerusakan, entah itu lecet atau berlubang, Anda hanya perlu mendempulnya untuk menutupi bagian yang rusak. Bisa juga dengan memotongnya dan menempelkan kembali bagian yang rusak dengan gypsum baru.

Mengurangi panas

Bahan gypsum memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah yang dapat mengurangi hawa panas sehingga menjaga suhu ruang tetap sejuk dan nyaman. Gypsum jenis ini dilengkapi dengan bahan material yang mampu memantulkan kembali energi panas dari matahari. Cocok sekali jika digunakan untuk dinding kamar mandi.

Fleksibel

Keuntungan menggunakan papan gypsum sebagai material dinding di rumah adalah sifatnya yang fleksibel alias mudah dibentuk. Gypsum sangatlah lentur sehingga dapat dibuat menjadi berbagai variasi bentuk, termasuk bentuk lengkung hingga radius tertentu. Jika Anda menginginkan gypsum lengkung, tidak perlu repot membentuknya sendiri karena saat ini sudah banyak ditemukan papan gypsum lengkung sesuai dengan kebutuhan dan macam-macam konsep desain interior. Salah satunya bisa Anda temukan di Klopmart.

Ringan

Dibandingkan dengan dinding beton, bobot gypsum jauh lebih ringan. Tentu saja, hal ini menjadi keunggulan papan gypsum saat digunakan sebagai dinding kamar mandi. Saat memindahkan, mengangkat, dan memasangnya, Anda tidak butuh tenaga lebih. Berkat bobotnya yang ringan, papan gypsum pun membuat penghuni rumah lebih aman, terutama saat terjadi gempa.

Ramah lingkungan

Ketika Anda ingin merenovasi rumah dan mengganti bahan gypsum untuk dinding kamar mandi dengan gypsum lainnya, maka ketika dibuang bahan ini tidak akan mencemari tanah sama sekali. Hal ini sangat mungkin terjadi karena gypsum terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang. Ketika berada di tanah, gypsum secara otomatis akan melebur dalam tanah. Dengan begitu, tidak ada bahan yang utuh tersisa dan menjadi sampah yang mencemari lingkungan.

Selain itu, selama penggunaannya, gypsum akan menghemat energi di dalam rumah berkat sifatnya yang tidak menyerap hawa dingin. Jadi, kalau gypsum dipasang di ruang ber-AC, hawa dingin yang dikeluarkan oleh AC tidak akan terserap dan menjadikan ruangan lebih cepat dingin.

Kelebihan menggunakan papan gypsum yang terakhir adalah menghemat biaya. Dengan sifat papan gypsum yang ringan, hal tersebut tidak mengharuskan Anda membuat pondasi rumah yang sangat kuat. Lebih lanjut, Anda pun dapat memasang sendiri papan gypsum untuk dinding kamar mandi sehingga tidak perlu biaya untuk membayar tukang.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya