Atap & Lantai

Aluminium Foil Atap Rumah: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Media
02 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Fungsi aluminium foil yang paling sering dimanfaatkan adalah untuk meredam panas yang diterima oleh atap. Saat ini, bumi sepertinya makin panas. Efek pemanasan global sudah dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia yang adalah negeri tropis, suhu ruangan normal adalah berkisar antara 28°C-35°C. Saat musim kemarau panjang, suhu ruangan bahkan dapat mendekati 35°C! Angka itu sudah mendekati suhu normal tubuh manusia yang adalah berkisar antara 36,5oC – 37oC. Pada suhu tersebut, tubuh kita akan banyak mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh.


Kita harus menyiasati supaya bangunan rumah kita untuk dapat tetap sejuk dalam kondisi cuaca seperti ini. Kita dapat menggunakan jendela yang besar, plafon ruangan yang lebih tinggi dan saluran ventilasi yang lebih baik posisinya untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Kita dapat menggunakan kipas angin. Kita juga dapat memasang AC untuk mendinginkan udara.

Tetapi ada hal ini semua akan sulit dicapai jika kondisi atap rumah sudah dalam keadaan panas. Akibatnya ruangan-ruangan di bawah atap tersebut akan jauh dari kata sejuk!

Untuk itu kita dapat menanggulanginya dengan menambahkan aluminum foil di bawah genteng, di atas rangka atap dan saluran ventilasi di bawah rangka atap.

Apa Itu Aluminium Foil Atap Rumah?

Aluminium foil atap rumah adalah lembaran tipis aluminium yang digunakan sebagai bahan penutup atap untuk memantulkan panas matahari dan meredam panas di dalam ruangan. Biasanya digunakan sebagai lapisan tambahan di bawah atap utama untuk membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga membantu menjaga suhu di dalam ruangan tetap nyaman. Aluminium foil atap rumah sering kali digunakan dalam konstruksi bangunan untuk meningkatkan efisiensi energi dan kenyamanan termal.

Fungsi Aluminium Foil Atap Rumah

Berikut adalah beberapa manfaat dari aluminium foil yang sering digunakan pada atap rumah:
 

1. Peredam panas

Peredam panas yang diterima atap agar tidak menyebar ke ruangan-tuangan di bawahnya.
 

2. Penahan air hujan

Menahan air hujan yang masuk ke bawah atap akibat kebocoran, rembesan maupun tampias akibat hujan deras yang disertai angin.
 

3. Melindungi plafon

Melindungi plafon atau eternit ruangan dari kebocoran dan panas, sehingga usia pakainya dapat lebih panjang.
 

4. Pemantul cahaya

Untuk rangka atap ekspos, aluminum foil membantu memantulkan cahaya matahari yang masuk ke ruangan. Ruangan menjadi lebih terang.

Baca juga: Solusi Genteng Bocor Untuk Rumah Anda

Jenis Aluminium Foil

Ada beberapa jenis Aluminium foil di pasaran:

1. Single sided

Artinya bagian yang reflektif hanya ada di satu sisi atau satu muka lembaran aluminum foil. Bagian sisi bawahnya buram.

2. Double Sided

Dapat ditebak, bahwa artinya jenis ini memiliki dua sisi atau dua muka yang reflektif.

3. Bubble

Aluminum foil ini memiliki pola gelembung pada permukaannya. Hal ini dapat menambah kemampuan memantulkan panas dengan lebih baik.

 Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium

Dari bahan dasarnya, aluminum foil terbagi menjadi dua:

  • Berbahan dasar kertas.
  • Berbahan dasar plastik.

Jika atap sudah dilapisi aluminum foil, efek pendinginan udara oleh AC akan semakin terasa. Beban kerja AC juga menjadi lebih ringan, sehingga AC dapat lebih awet dan hemat biaya listrik.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja fungsi aluminium foil atap rumah yang mana akan menunjang kebutuhan dan konsep bangunan yang ingin Anda buat.

Di Klopmart Anda dapat memilih berbagai jenis Atap rumah dari segi kekuatan ataupun dari nilai estetika yang dimiliki oleh material atap tersebut. Klopmart menyediakan berbagai pilihan genting yang dapat menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan Anda. Cek harga genteng langsung di website Klopmart sekarang.



Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya