Mengenal Karpet Talang Air yang Bagus Untuk Melindungi Rumah Anda

Karpet talang air yang bagus untuk atap ini akan bisa melindungi rumah dari air hujan yang kemungkinan akan merembes melalui atap rumah. Sehingga memasang benda yang satu ini akan bisa menyelamatkan Anda dari berbagai masalah nantinya. Setiap rumah harus memiliki talang air supaya ketika hujan turun, airnya tidak menggenang di bagian atap dan merembes ke bagian dalam rumah. Selain memasang karpet ini, ada hal lainnya yang juga bisa Anda tambahkan untuk bisa mengoptimalkan hal ini. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai macam hal ini. Dapatkan informasi bermanfaat seperti yang ada di bawah ini.
 

Karpet Talang Air yang Bagus Untuk Anda

Karpet talang ini akan berfungsi sebagai penampung dari air hujan yang akan jatuh ke atap rumah. Bisa diaplikasikan juga untuk talang air yang ada di atap Anda. Terdapat dua jenis warna dari karpet genteng ini yakni hitam dan merah. Dalam merawat karpet talang, akan sangat baik segera melakukan perbaikan jika material ini mulai terlihat rusak. 

Penyebab kerusakan sendiri dikarenakan digerogoti tikus, lapuk, dan permukaan dasar dari talang kotor. Jika jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan akan bertambah parah. Kerusakan juga bisa terjadi karena proses pemasangan awal yang tidak sempurna. Maka dari itu, teknik pemasangan talang air harus diperhatikan dengan cermat, dan tidak menimbulkan masalah.
 

Proses Pemasangan Karpet Talang

Berikut ini adalah proses pemasangan dari karpet talang yang bisa Anda pelajari dengan seksama.
 

1. Pasang Rangka Talang

Ukur dan buat rancangan garis tata letak talang. Arahkan talang untuk menurun ke sudut bawah agar air bisa mengalir lancar ke pipa.Tentukan titik awal dan titik tertingginya kemudian titik ujung dimana lokasi pipa vertikal berada. Buatlah rangka dari bahan kayu yang bisa menopang karpet sehingga terpasang pas. Lanjutkan pasang pipa vertikal pada talang dengan penyambung pipa. Lapisi talang dengan potongan aluminium tipis agar bisa mencegah air merembes dari retakan yang tipis.
 

2. Hamparkan Karpet Talang

Setelah talang air terpasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan karpet talang. Untuk memasang karpet ini, Anda cukup menghamparkannya di atas rangka kayu serapi mungkin. Setelah terpasang pada posisi yang pas, rekatkan dengan lem maupun paku.
 

3. Tes Terlebih Dahulu

Anda cukup mengalirkan air kemudian lihat apakah terjadi rembesan atau kebocoran. Apabila air tidak merembes di bagian bawah maka karpet dan talang sudah terpasang dengan baik.
 

4. Memasang Genteng

Ada dua jenis material genteng yang bisa menjadi pilihan Anda. Genteng dari tanah liat dan genteng metal.  Untuk memasang genteng dari metal usahakan kemiringannya antara 20-30 derajat. Untuk mengikatnya gunakan paku ulir di atas sayap nok bagian samping. Untuk genteng dari tanah liat , susun serapi mungkin karena pemasangannya akan berbentuk sebaris. Pastikan genteng tanah liat yang dipakai tidak retak atau pecah. Tambahkan cat waterproof untuk semakin menjamin tidak terjadinya kebocoran di atap Anda.

Nah itulah dia sedikit informasi yang bisa kami berikan bagi Anda yang sedang ingin memasang talang air di kediaman yang sedang ditempati. Semoga pengetahuan mengenai karpet talang yang bagus untuk rumah ini bisa membantu Anda. Bagi yang talang yang bagus, Klopmart jual talang air PVC yang terjangkau dan efektif. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi website kami sekarang juga.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap Rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Jun 2021

Related Article