Home & Living

KANTUNG VACUUM CLEANER JUGA HARUS BERSIH!

Media
09 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Setelah kita membersihkan debu dari karpet dan mencucinya, jangan lupa bahwa kantung debu vacuum cleaner perlu untuk segera dibersihkan! Tidak perlu menunda lebih lama karena di dalam kantung debu tersebut dapat dihidupi oleh bibit penyakit dan juga serangga-serangga kecil seperti tungau, semut dan sebagainya. Serangga-serangga kecil ini ikut tersedot saat kita membersihkan karpet. Jadi lebih baik segera bersihkan kantung vacuum cleaner setelah dipergunakan. Jangan dibiarkan berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan!

    Hal ini juga mengurangi beban kantung debu sehingga usia pakainya dapat maksimal.

    Pastikan Anda membaca manual book atau buku petunjuk pengoperasian unit vacuum cleaner Anda. Perlu diingat bahwa, setiap jenis dan merk berbeda pula cara membersihkannya. Tetapi secara umum hampir sama prinsip pembersihannya. Kali ini kita membahas vacuum cleaner kering.

     

    • Perlengkapi diri Anda dengan kacamata pelindung (jika dibutuhkan), masker debu, lap basah & lap kering, ember, air, sikat kecil, dan sabun deterjen.

     

    • Pastikan unit vacuum cleaner Anda dalam kondisi OFF untuk menghindari tersengat listrik dan korsleting pada unit. Letakkan unit pada area yang kering.

     

    • Cabut kabel steker dari stop kontak dan gulung kabel tersebut. Pada kebanyakan merk vacuum cleaner, biasanya kabel berada di dalam gulungan kabel yang berada di dalam body unit. Gulungan kabel internal ini dilengkapi dengan fitur penggulung kabel otomatis, yang akan menggulung kabel steker dengan menekan tombol penggulung kabel.

     

    • Buka tutup vacuum cleaner dan lepaskan katung debu. Lakukan dengan hati-hati supaya kumpulan debu ini tidak tumpah berceceran di lantai lewat mulut atas kantung.

     

    • Buang debu dan kotoran ke tempat sampah. Hati-hati supaya tidak ada debu dan kotoran yang tercecer ke luar tempat sampah. Pada saat ini biasanya debu akan beterbangan di sekitar kita.

     

    • Bilaslah kantung debu. Debu dan kotoran yang tersisa akan hanyut terbawa air ke lubang pembuangan.

     

    • Cuci dan sikat kantung debu hingga bersih dari debu dan kotoran yang menempel di sisi dalamnya. Kemudian keringkan dengan dijemur dan diangin-anginkan.

     

    • Bersihkan tempat kantung debu pada body vacuum cleaner dengan menggunakan lap yang agak basah. Jangan terlalu basah hingga airnya menetes, karena air akan menyebabkan korsleting saat mesin dihidupkan. Keringkan dengan lap kering.

     

    • Bersihkan body vacuum cleaner bagian luar dengan lap yang agak basah tadi. Keringkan dengan lap kering. Jangan lupakan bagian roda-rodanya.

     

    • Lepaskan selang vacuum cleaner dan bersihkan dengan cara direndam dalam air dan sabun. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

     

    • Pastikan semuanya sudah dalam keadaan kering sebelum dipasang kembali.

     

    Setelah semuanya kering, masukkan ke dalam kardus kemasannya kembali untuk disimpan. Dapat juga disimpan di dalam lemari dengan keadaan unit sudah terpasang semua dan siap untuk digunakan kembali.

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya