Download Klopmart App

Pusat Bantuan

KAMAR MANDI AMAN bagi LANSIA

Apakah kita tinggal bersama orangtua yang sudah berusia lanjut? Sebagai anak, tentu kita akan berusha untuk memberikan situasi yang nyaman dan aman bagi mereka. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan demi keamanan dan kenyamanan orangtua yang sudah lansia antara lain dengan memperhatikan kondisi kamar mandi yang sering mereka gunakan. Hal ini penting karena sudah banyak cerita yang sering kita dengar mengenai orangtua terpeleset dan terjatuh di kamar mandi yang mengakibatkan mereka cedera  ringan hingga cedera berat.

 

Oleh karena itu kita perlu merancang dan mengatur kamar mandi aman dan nyaman yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para lansia. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan kamar mandi yang aman bagi para lansia:

 

Handrail atau Peganan

Buatlah handrail atau peganan di sekitar toilet dan area mandi. Hal ini dapat membantu para lansia yang masih dapat berjalan sendiri, untuk berpeganan ketika berjalan di dalam kamar mandi, membantu beridir secara seimbang, atau membantu mereka bangun dari toilet.

 

Lantai Kamar Mandi

  • Gunakan keramik yang bertekstur (permukaan agak kasar) agar lantai tidak licin saat tersiram air.
  • Pasang juga alas karet anti selip sebagai pijakan mereka khususnya di area mandi dan toilet. Pastikan alas karet dibersihkan setiap minggu agar tidak lembap dan bau.
  • Jangan ada perbedaan level atau ketinggian di kamar mandi untuk mengurangi resiko jatuh terpeleset atau tersandung. Usahakan agar lantai kamar mandi sama tingginya agar mempermudah para lansia untuk berjalan khususnya yang menggunakan alat bantu jalan.

 

Gunakan Toilet Duduk Bukan Jongkok

Para lansia sebaikanya menggunakan toilet duduk agar mereka nyaman untuk membuang air kecil dan air besar. Jangan lagi gunakan toilet jongkok untuk para lansia karena kemampuan otot mereka untuk mengangkat badan dari posisi jongkok sudah berkurang.

 

Gunakan Shower

Shower akan mempermudah aktivitas mandi para lansia dibandingkan jika mereka harus mengangkat gayung dari bak air atau menggunakan bathtub. Jika memungkinkan area mandi ini dilengkapi dengan tempat untuk duduk agar para lansia dapat mandi dengan posisi duduk.

 

Letak Peralatan Mandi

Aturlah peletakan peralatan mandi agar mudah dijangkau tangan. Jangan diletakkan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah untuk dijangkau.

 

 

Perhatikan Cahaya dan Ventilasi Udara

Pastikan kamar mandi mendapatkan pencahayaan dan pergantian udara yang cukup.

Kamar mandi yang terang membantu para lansia untuk melihat dengan lebih jelas terutama karena tingkat penglihatan mereka sudah semakin menurun.

Pergantian udara yang cukup di dalam kamar mandi diperlukan untuk menjaga kamar mandi dalam kondisi kering dan higienis.

 

Manuver Kursi Roda

Jika memungkinkan, buatlah kamar mandi yang sedikit lebih luas agar bisa mengakomodasi lansia dengan kursi roda.

 

Semoga dengan memperhatikan hal-hal tersebut diatas, kita dapat menciptakan kamar mandi yang aman dan nyaman bagi orangtua kita yang sudah lanjut usia sekligus mengurangi resiko kecelakaan di dalam kamar mandi bagi para lansia.


Cek harga klik disini

Related Article