Jet Pump Sering Ngempos? Begini Cara Tepat Mengatasinya!

Jet pump merupakan alat pompa yang sering digunakan masyarakat. Zaman dahulu, manusia harus menggali sumur dan menimba air sendiri demi memenuhi kebutuhan air bersih. Pada zaman sekarang, teknologi telah banyak mengalami perkembangan sehingga sudah menemukan alat yang mempermudah untuk mendapatkan air bersih.

Jet pump biasa dipakai untuk mengambil air dari dalam tanah, menuju tempat di mana air bersih memang dibutuhkan. Jet pump biasanya digunakan di rumah-rumah untuk mengambil air dari sumur. Selain menghemat tenaga, jet pump juga efisien karena tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk mendapatkan air bersih.

Baca Juga : Cara Membuat Sumur Resapan

Namun tentunya sebuah alat tak lepas dari permasalahan. Salah satu permasalahan yang paling sering terjadi pada jet pump adalah ngempos. Jet pump sering ngempos, atau dalam kata lain tidak mau menyedot air. Jet pump tiba-tiba berhenti berfungsi dan tidak menyemprotkan air. Masalah mesin jet pump ini banyak sekali penyebabnya, karena mesin merupakan sesuatu yang kompleks.

Permasalahan jet pump ngempos dapat terjadi pada awal pemasangan pompa, namun juga bisa terjadi pada pompa yang sudah beroperasi dalam durasi waktu yang lama. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah jet pump yang sering ngempos, antara lain:
 

Periksa motor jet pump

Motor (dinamo) jet pump harus diperiksa terlebih dahulu secara menyeluruh. Putaran motor harus dipastikan mampu berjalan dengan kecepatan normal. Selain itu, putaran motor harus terdengar normal, tidak bising, berisik, atau bahkan menggerus. Apabila ditemukan bahwa memang putaran mesin dari jet pump melambat, maka masalahnya ada di motor mesin. Sehingga solusinya adalah pemeriksaan mesin motor pompa dan memperbaiki motor pompa.
 

Melepas dan mengangkat semua pipa hisap dari sumur

Apabila tidak ada masalah mengenai motor mesin, maka langkah yang harus dilakukan adalah melepas dan mengangkat seluruh pipa hisap dari sumur. Seluruh pipa hisap dilepas dengan tujuan untuk mendeteksi apabila ada bagian dari pipa yang retak, bocor, atau pecah. Apabila ditemui ada pipa hisap yang bocor, terutama pada pipa yang berada di atas permukaan air, maka daya hisap pada jet pump akan melemah. Hal ini dikarenakan hilangnya daya vakum pada jet pump karena kebocoran tersebut.

Oleh karena itu, yang diharuskan adalah merangkai ulang pipa hisap agar tidak ada yang bocor, kemudian memastikan semua tusen klep dari jet pump masih berfungsi dengan baik. Semua pipa hisap dipastikan agar tersambung dengan baik dan dimasukkan kembali ke dalam lubang sumur. Pipa yang sudah dibongkar dan dipastikan tidak bocor akan membantu mengatasi jet pump yang ngempos. Lakukan pengisian pada pipa hisap hingga penuh dengan air, lalu dihubungkan kembali dengan mesin pompa. Apabila setelah air mengalir dan posisi air di dalam pipa tidak menurun, maka dapat dipastikan bahwa pipa tidak bocor lagi dan jet pump seharusnya dapat berfungsi dengan baik lagi.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat
 

Kesalahan pemasangan pipa hisap

Salah satu penyebab umum lain pada jet pump yang ngempos adalah kesalahan dalam metode saat memasang pipa hisap. Hal ini biasanya terjadi saat konsumen memasang jet pump sendiri tanpa bantuan orang yang lebih profesional. Masyarakat awam biasanya mementingkan untuk memasang jet pump dengan serapi mungkin tanpa memperhatikan apakah teknik pemasangannya sudah benar atau belum.

Apabila pipa pada jet pump sudah dipasang ulang menggunakan metode yang benar, maka seharusnya pompa air bisa berjalan dengan baik lagi. Oleh karena itu, pastikan telah menggunakan metode yang benar saat memasang pipa hisap pada jet pump, karena pemasakan yang buruk dapat menyebabkan jet pump ngempos.

Demikianlah cara-cara yang harus dilakukan apabila menghadapi jet pump yang ngempos. Selamat mencoba!

Baca Juga : Standarisasi Pipa Air

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya