4 Jenis Sambungan Pipa PVC Rucika Terbaik

Konstruksi pemasangan pipa perlu dilakukan dengan memberikan jenis sambungan pipa PVC Rucika yang paling cocok. Penggunaan pipa plastik memang sudah tidak asing lagi di dalam konstruksi bangunan, seperti rumah dan gedung. Kegunaan pipa ini pun penting, yakni mengalirkan air bersih hingga air buangan. 

Jenis pipa plastik yang paling terkenal di Indonesia adalah pipa PVC (polyvinyl chloride) karena harganya terjangkau dan multifungsi. Untuk mereknya sendiri, Rucika menjadi yang terdepan di dalam industri pipa PVC. Untuk mendapatkan konstruksi tepat, diperlukan jenis sambungan pipa PVC terbaik. Beruntung, Rucika juga memiliki beberapa produk sambungan pipa yang dapat Anda manfaatkan.

6 Keunggulan Pipa Rucika

Sebelum membahas lebih jauh tentang penyambungan pipa PVC dari rucika, ada baiknya Anda mengetahui berbagai keunggulan pipa PVC untuk Anda pertimbangkan:

1. Tersedia dalam 2 Tipe

Pipa Rucika tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe AW dan tipe D. Tipe AW sendiri merupakan jenis pipa PVC yang paling tebal. Diaplikasikan untuk saluran air bertekanan tinggi dengan bantuan pompa air. Penerapannya bisa digunakan untuk saluran penyediaan air bersih untuk rumah tangga hingga menyalurkan air bersih dari bawah tanah.

Sedangkan, pipa Rucika tipe D memiliki ketebalan sedang dan berukuran lebih kecil. Harga jual pipa PVC tipe D ini lebih terjangkau dibandingkan dengan tipe AW. Penggunaan pipa Rucika tipe D bisa Anda temui pada saluran pembuangan air rumah tangga.

Baca juga: Daftar Harga Pipa PVC per Meter Terbaru 2022

2. Anti Korosi

Rucika memberikan pipa dengan kualitas premium karena dibuat dengan menggunakan resin uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride), menjadikannya lebih tahan terhadap korosi hingga 30 tahun. Daya tahan pipa yang begitu kuat ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai pengguna.

3. Punya Aksesoris Pelengkap

Dibandingkan dengan merek pipa lainnya, Rucika termasuk salah satu produsen yang mempertimbangkan kenyamanan pengguna. Terbukti, saat ini ada banyak aksesori pelengkap pipa Rucika yang handal untuk menciptakan saluran air yang sempurna.

Contohnya socket yang memiliki fungsi untuk menyambung pipa yang memiliki ukuran diameter yang sama atau Cap PVC yang berfungsi untuk menutup ujung pipa yang tidak terpakai. Adanya bermacam jenis sambungan pipa PVC yang tersedia jelas memudahkan pembuatan saluran di rumah Anda.

4. Tahan Lama

Pipa Rucika ini dibuat dengan material khusus yang tahan terhadap efek sinar UV serta kondisi asam dan basa yang dapat berubah sewaktu-waktu karena pengaruh suhu dan kelembapan udara di sekitar rumah Anda.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

5. Material Ramah Lingkungan

Pipa Rucika terbuat dari bahan resin uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride) yang merupakan termoplastik ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Menjadi pilihan bijak untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup dengan meminimalisir penggunaan material plastik sekali pakai.

6. Multifungsi

Meski didominasi untuk penggunaan saluran air, pipa Rucika juga aman digunakan sebagai selubung kabel listrik.

Hal ini dikarenakan pipa yang satu ini bersifat isolator sehingga tidak mudah terbakar atau menimbulkan percikan api. Melalui instalasi kabel listrik yang rapi, maka rumah pun terlihat lebih nyaman untuk ditinggali.

Pilihan Jenis Sambungan Pipa PVC Rucika

Total ada empat jenis sambungan pipa PVC Rucika. Anda bisa memilih salah satunya dan tentunya sesuai kebutuhan juga. Berikut ulasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.

1. Chemical Joint

Penyambungan ini menggunakan chemical joint atau bisa disebut juga dalam bentuk lem. Sebagaimana namanya, penyambungan ini menggunakan zat kimia, dalam hal ini lem (solvent cement). Perlu dipahami bahwa penyambungan jenis ini hanya dapat diaplikasikan pada pipa jenis PVC saja. Jadi, untuk jenis pipa lainnya sudah pasti tidak dianjurkan.

Jaringan pipa yang disambungkan dengan lem sangat sering dilakukan di Indonesia. Salah satu alasan mengapa menjadi pilihan utama adalah karena harga pipa PVC yang lebih ekonomis. 

Baca juga: Panjang Pipa PVC di Pasaran

2. Mechanical Joint

Mechanical joint adalah sambungan pipa PVC rucika selanjutnya. Mechanical joint merupakan jenis sambungan pipa dengan mengandalkan ulir atau baut. Ketika dimulai proses penyambungan, maka diperlukan fitting yang memiliki ulir, kemudian baru disambungkan dengan pipa lain. Pipa lain itu pun juga harus memiliki ulir pula.

Jenis sambungan pipa ini dapat dilakukan untuk semua jenis-jenis pipa air. Selain itu juga menjadi solusi terbaik jika Anda sedang ingin menyambung dua pipa dengan material berbeda. Jadi, jika memang ternyata Anda menggunakan jenis pipa dengan material berbeda-beda, penggunaan ulir atau baut menjadi yang terbaik.

3. Heat Fusion

Heat fusion adalah jenis sambungan pipa dengan memanfaatkan energi panas. Energi ini mampu melelehkan pipa untuk disambungkan sehingga menghasilkan penyambungan dengan bentuk satu kesatuan.

Ada tiga jenis heat fusion, yaitu poly fusion untuk pipa PPR, electro fusion yang dapat digunakan untuk pipa PPR, PE, PA, serta butt fusion untuk pipa PE atau PA. Sayangnya, jenis penyambungan pipa ini memiliki beberapa kelemahan. Dimulai dari membutuhkan keahlian khusus dari aplikator hingga perlu penggunaan energi listrik dalam proses penyambungannya.

Baca juga: Standarisasi Pipa Air

4. Rubber Ring Joint

Jenis sambungan pipa yang terakhir adalah rubber ring joint. Sesuai namanya, jenis sambungan pipa ini hanya mengandalkan cincin karet yang ada di bagian socket pipa sebagai perekat antar sambungan pipa PVC. Selain itu, proses penyambungan tidak memerlukan listrik, tidak perlu berbagai peralatan, dan tanpa mewajibkan keahlian khusus juga. 

Cincin karet yang digunakan sebagai sambungan pun tidak memerlukan lem juga. Hanya dengan dioles pelumas berbahan dasar air, maka proses penyambungan menjadi jauh lebih mudah lagi.

Baca juga: Tabel Ukuran Pipa PVC dari Jenis AW, D dan kelas C

Jadi itulah empat sambungan pipa PVC Rucika yang dapat Anda pilih untuk kebutuhan instalasi pipa Anda. Mana yang paling sesuai? Keputusan ada di tangan Anda. Namun untuk pilihan yang paling mudah dari sisi pemasangan dan pelepasan, maka sambungan Union Socket (AW) menjadi yang paling tepat.

Penasaran dengan produk Union Socket (AW)? Anda tidak perlu kesulitan untuk membelinya. Klopmart telah menyediakan produk ini dengan berbagai ukuran dan harga terbaik. Dengan informasi beragam sambungan pipa PVC Rucika, cek produk Union Socket sekarang juga di Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Mei 2021

Related Article