4 Jenis Sambungan Pipa PVC Rucika Terbaik

Konstruksi pemasangan pipa perlu dilakukan dengan memberikan jenis sambungan pipa PVC Rucika yang paling cocok. Penggunaan pipa plastik memang sudah tidak asing lagi di dalam konstruksi bangunan, seperti rumah dan gedung. Kegunaan pipa ini pun penting, yakni mengalirkan air bersih hingga air buangan. 

Jenis pipa plastik yang paling terkenal di Indonesia adalah pipa PVC (polyvinyl chloride) karena harganya terjangkau dan multifungsi. Untuk mereknya sendiri, Rucika menjadi yang terdepan di dalam industri pipa PVC. Untuk mendapatkan konstruksi tepat, diperlukan jenis sambungan pipa PVC terbaik. Beruntung, Rucika juga memiliki beberapa produk sambungan pipa yang dapat Anda manfaatkan. Berikut ulasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.
 

Pilihan Jenis Sambungan Pipa PVC Rucika

Total ada empat jenis sambungan pipa PVC Rucika. Anda bisa memilih salah satunya dan tentunya sesuai kebutuhan juga.
 

1. Chemical Joint

Penyambungan ini menggunakan chemical joint atau bisa disebut juga dalam bentuk lem. Penyambungan jenis ini hanya dapat diaplikasikan pada pipa jenis PVC saja. Jadi, untuk jenis pipa lainnya sudah pasti tidak dianjurkan.

Jaringan pipa yang disambungkan dengan lem sangat sering dilakukan di Indonesia. Salah satu alasan mengapa menjadi pilihan utama adalah  karena harga pipa PVC yang lebih ekonomis. 

Baca juga: Panjang Pipa PVC di Pasaran
 

2. Mechanical Joint

Mechanical joint merupakan jenis sambungan pipa dengan mengandalkan ulir atau baut. Ketika dimulai proses penyambungan, maka diperlukan fitting yang memiliki ulir, kemudian baru disambungkan dengan pipa lain. Pipa lain itu pun juga harus memiliki ulir pula.

Jenis sambungan ini dapat dilakukan untuk semua jenis-jenis pipa air. Selain itu juga menjadi solusi terbaik jika Anda sedang ingin menyambungkan dua jenis pipa dengan material berbeda. Jadi, jika memang ternyata Anda menggunakan jenis pipa dengan material berbeda-beda, penggunaan ulir atau baut menjadi yang terbaik.
 

3. Heat Fusion

Heat fusion adalah jenis sambungan pipa dengan memanfaatkan energi panas. Energi ini mampu melelehkan pipa untuk disambungkan sehingga menghasilkan penyambungan dengan bentuk satu kesatuan.

Ada tiga jenis heat fusion, yaitu poly fusion untuk pipa PPR, electro fusion yang dapat digunakan untuk pipa PPR, PE, PA, serta butt fusion untuk pipa PE atau PA. Sayangnya, jenis penyambungan pipa ini memiliki beberapa kelemahan. Dimulai dari membutuhkan keahlian khusus dari aplikator hingga perlu penggunaan energi listrik dalam proses penyambungannya.

Baca juga: Standarisasi Pipa Air
 

4. Rubber Ring Joint

Jenis sambungan pipa yang terakhir adalah rubber ring joint. Sesuai namanya, jenis sambungan pipa ini hanya mengandalkan cincin karet yang ada di bagian socket pipa sebagai perekat antar sambungan pipa PVC. Selain itu, proses penyambungan tidak memerlukan listrik, tidak perlu berbagai peralatan, dan tanpa mewajibkan keahlian khusus juga. 

Cincin karet yang digunakan sebagai sambungan pun tidak memerlukan lem juga. Hanya dengan dioles pelumas berbahan dasar air, maka proses penyambungan menjadi jauh lebih mudah lagi.

Jadi itulah empat jenis sambungan pipa PVC Rucika yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Mana yang paling sesuai? Keputusan ada di tangan Anda. Namun untuk pilihan yang paling mudah dari sisi pemasangan dan pelepasan, maka sambungan Union Socket (AW) menjadi yang paling tepat.

Penasaran dengan produk Union Socket (AW)? Anda tidak perlu kesulitan untuk membelinya. Klopmart telah menyediakan produk ini dengan berbagai ukuran dan harga terbaik. Dengan informasi jenis sambungan pipa PVC Rucika, cek produk Union Socket sekarang juga di Klopmart.

Baca juga: 6 Keunggulan Pipa Rucika


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Mei 2021

Related Article