10 Jenis Plafon Rumah Terbaik yang Cocok untuk Hunian Anda

Setelah mengetahui apa itu plafon rumah, fungsi dan cara memilihnya. Kini saatnya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis plafon rumah terbaik yang dapat Anda gunakan.

Terdapat tujuh jenis plafon rumah yang bisa Anda jadikan hunian. Ketujuh jenis plafon ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menutup pandangan Anda dan keluarga dari bagian atap. Mengapa bagian atap perlu ditutup? Ini karena bagian atap memiliki berbagai rangkaian yang tidak sedap untuk dipandang. 

Mulai dari rangkaian kabel dan pipa, hingga struktur kayu yang tumpang tindih. Plafon akan membantu Anda menutup bagian atap sekaligus memberikan sentuhan estetika dalam interior rumah. Terdapat berbagai desain yang unik dan menarik, yang bisa Anda gunakan untuk memberikan sentuhan modis dalam langit-langit rumah. 

Penggunaan plafon juga sangat penting karena bisa mengurangi panas matahari langsung ke dalam rumah. Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis plafon memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sehingga, saat memilih plafon yang tepat untuk rumah Anda, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan serta kekurangan plafon tersebut. Untuk membantu Anda dalam memutuskan jenis plafon apa yang cocok digunakan di rumah, perhatikan informasi dalam artikel ini hingga selesai, ya. 

10 Jenis-jenis Plafon Rumah


Setiap jenis plafon rumah memiliki kegunaan, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang berguna untuk menambah keindahan dengan desain dan motifnya, ada juga yang berguna untuk menahan rembesan air hujan yang masuk dari genteng. Cobalah memperhatikan informasi selengkapnya di bawah ini:

1. Gypsum

Plafon Rumah Gypsum

Plafon gypsum terbuat dari bubuk gypsum dan roving. Umumnya bahan gypsum berwarna putih dan dapat dengan mudah dibentuk sesuai keinginan. Kegunaan utama dari plafon gypsum adalah dapat mempercantik ruangan rumah Anda dengan berbagai desain. Selain harganya yang terjangkau, bahannya mudah ditemukan di mana-mana. 

Tidak heran jika mayoritas orang menggunakan jenis plafon gypsum. Selain itu pemasangan bahan ini juga sangat mudah. Memang benar bahwa dibutuhkan banyak perawatan dan pemeliharaan, namun bila rusak, Anda bisa dengan mudah menggantinya. 

Jika hanya satu bagian yang rusak, Anda tidak perlu mengganti keseluruhan plafon, melainkan hanya bagian yang rusak saja. Dari semua kegunaan dan kelebihan yang ada, Anda perlu mengingat bahwa bahan plafon ini dapat menyerap air. Jika air terserap ke dalam gypsum, tentu saja langit-langit rumah Anda bisa roboh.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Plafon Gypsum Langit-Langit Rumah

2. Glass Fiber Reinforced Cement Board atau GRC

Plafon Rumah Glass Fiber Reinforced Cement Board atau GRC

Plafon GRC terbuat dari berbagai campuran bahan material, seperti serat, kaca, pasir halus dan polimer. Untuk harga plafon GRC masih terbilang murah atau ekonomis. Meskipun harganya ekonomis, bahan ini memiliki keunggulan yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Bahan GRC merupakan bahan yang tahan air dan api. 

Bahan ini tidak akan menyerap air hujan yang akan mengakibatkan langit-langit roboh. Desain-desain dari bahan GRC juga banyak dan menarik. Anda bisa datang kepada jasa pembuatan plafon GRC untuk meminta desain yang diinginkan. Hanya saja semua kelebihan tersebut memiliki satu kekurangan minor, yaitu pemasangannya yang cukup kompleks. 


3. Polyvinyl Chloride atau PVC

Plafon Polyvinyl Chloride atau PVC Anti Rayap

Benar, Anda tidak salah baca. Bahan PVC yang biasanya Anda temukan dalam pemasangan pipa-pipa air juga bisa digunakan sebagai plafon rumah. Apabila Anda pernah melihat langit-langit dalam rumah atau gedung yang mengilap, kemungkinan besar plafon tersebut terbuat dari bahan PVC. Plafon jenis PVC mudah untuk dipasang serta tahan terhadap air, api, dan rayap. 

Penggantian warna tidak fleksibel, karena tidak bisa Anda ganti secara manual seperti halnya cat tembok. Apabila warna plafon ingin diganti, Anda perlu memasang plafon baru secara keseluruhan. Meskipun harga plafon PVC terbilang mahal, kualitas yang Anda dapatkan bisa dikatakan sebanding. 

Baca juga: Cara Pasang Plafon PVC yang Baik dan Benar

4. Eternit

Plafon Eternit

Pemasangan bahan eternit sering dipilih karena harganya yang cukup terjangkau. Selain itu penggunaan bahan eternit pada plafon akan memberi kesan elegan. Plafon eternit yang terbuat dari bahan semen dan kain perca, akan membuat suasana rumah Anda lebih sejuk. Namun saat pemasangannya, Anda perlu sangat berhati-hati supaya plafon eternit tidak retak. 

5. Metal

Plafon Metal

Plafon jenis metal sudah pasti menggunakan bahan metal. Untuk membentuk desain sesuai keinginan, metal tersebut perlu melewati proses embos dan cetak. Kemudian proses terakhir adalah melapis metal dengan cat minyak. Plafon metal tentu saja memiliki bobot yang lebih berat dibanding jenis lainnya. 

Selain itu harga plafon metal cukup mahal, sehingga jarang digunakan oleh mayoritas masyarakat. Meskipun begitu penggunaan plafon metal akan membuat ruangan rumah Anda terlihat sangat keren dan elegan. Selain secara estetika, bahan metal sangat tahan terhadap air, api, dan rayap. 

Baca juga: Apakah Genteng Metal Panas dan Cara Untuk Meredamnya

6. Kayu

Plafon Kayu

Plafon kayu biasanya menggunakan kayu yang memiliki jenis dan ketebalan khusus. Anda bisa menyesuaikan ketebalan serta motif dari kayu tersebut sesuai keinginan. Namun tentu saja harga dari plafon kayu tergantung pada ketebalan dan jenis kayu tripleks yang dipilih. 

Memang benar bahwa motif serat kayu alami akan memberi sentuhan alami pada ruangan rumah Anda, namun perlu juga dipertimbangkan mengenai daya tahannya. Karena terbuat dari kayu, sudah pasti plafon tidak tahan terhadap air, api, dan rayap. 

7. Akustik

Jenis Plafon Rumah Akustik

Plafon akustik terbuat dari bahan yang bisa menahan suara atau kedap suara. Ini karena plafon akustik berbahan dasar serat mineral rockwool. Biasanya jarang digunakan untuk seluruh ruangan yang ada di rumah, melainkan khusus untuk ruang rekaman atau ruang musik pribadi. Harga dari plafon akustik cukup mahal dan sulit dicari di pasaran.

8. Triplek

Plafon Rumah Triplek

Plafon triplek tersedia dalam lembaran dengan ketebalan yang berbeda serta dapat dipasang dengan rangka kayu. Keuntungan dari plafon ini adalah harganya yang murah dan bobotnya yang ringan sehingga memudahkan pemasangan. Namun, kelemahan plafon rumah triplek adalah kurang tahan terhadap api dan mudah rusak jika terkena air secara terus-menerus.

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Ukuran Triplek 1 Lembar Untuk Keperluan Anda

9. Kalsiboard

Plafon Rumah Kalsiboard

Kalsiboard merupakan salah satu jenis plafon yang populer di kalangan pecinta desain interior. Bahan yang digunakan untuk membuat plafon ini adalah campuran pasir silika, semen, asbes, dan serat selulosa. Keunggulan dari Kalsiboard adalah daya tahan yang kuat terhadap kerusakan akibat serangan rayap dan jamur.

Meskipun bentuknya seperti papan, Kalsiboard memiliki ketahanan terhadap air dan jika terkena noda akibat tetesan air, noda tersebut dapat dihilangkan dengan cara diampelas dan dicat ulang. Selain itu, Kalsiboard juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan material lain, yaitu dapat diaplikasikan dengan berbagai bentuk dan model sehingga lebih elegan secara estetika.


10. Anyaman Bambu

Plafon Rumah Bambu

Plafon anyaman bambu adalah jenis plafon yang umum ditemukan di Indonesia. Material ini sering digunakan sebagai bahan dasar atap atau langit-langit bangunan atau rumah tradisional.

Plafon anyaman bambu memiliki banyak kelebihan, antara lain desain alami, harga yang murah, dan mudah dipasang. Namun, kelemahan dari jenis plafon ini adalah rentan terhadap serangan rayap dan mudah terbakar. Selain itu, materialnya juga perlu dirawat secara rutin dan tidak boleh terlalu sering terkena air.

Bagaimana? Apakah Anda sudah bisa menentukan jenis plafon yang akan digunakan di rumah? Jika sudah, ini saatnya mulai mencari bahan tersebut agar langit-langit rumah Anda menjadi lebih cantik. Apabila Anda mencari tempat jual gypsum terdekat, KlopMart adalah tempatnya. KlopMart merupakan platform yang menjual bahan-bahan dan alat-alat material terlengkap yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. 

Semua bahan bisa dipesan secara cepat dan mudah melalui website KlopMart. Segera kunjungi KlopMart dan dapatkan diskon-diskon menarik lainnya! Untuk mendapatkan artikel berguna lain seperti artikel jenis plafon rumah ini, Anda bisa menemukannya di website KlopMart. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya