16 Jenis-jenis Power Tools Beserta Fungsinya

Power tools merupakan alat yang mempunyau sumber penggerak bukan dari tenaga manusia tetapi berasal dari energi listrik atau tenaga udara bertekanan. Power tools sangat dibutuhkan dalam dunia konstruksi, perbaikan rumah, dan proyek DIY lainnya. Setiap jenis power tools memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan untuk tugas yang spesifik. Apabila dibandingkan dengan hand tools, power tools lebih mempermudah pekerjaan dalam dunia konstruksi. 

Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa saja jenis-jenis power tools dan fungsinya yang dapat menjadi rujukan Anda ketika membeli power tools. Simak selengkapnya.

Jenis-jenis Power Tools

Ada berbagai jenis power tools yang tersedia di pasaran, dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis power tools.

1. Bor Listrik


Mesin bor listrik atau bor tangan adalah peralatan yang sering digunakan dalam berbagai jenis proyek, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Mesin ini memiliki fungsi untuk membuat lubang atau mengebor pada berbagai jenis material seperti kayu, tripleks, atau tembok sesuai dengan kebutuhan yang ada.

2. Bor Impact (Impact Drill)

Bor impact, atau yang juga dikenal sebagai Impact drill, memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan bor listrik biasa. Namun, yang membedakan dari bor impact adalah adanya fitur memberikan hentakan atau daya bentur yang dapat digunakan untuk melubangi objek keras seperti beton. Hal ini membuat bor impact lebih efektif dalam melubangi objek keras ataupun melepas baut dan sekrup yang terpasang erat.

Baca juga: Perawatan Mesin Bor

3. Bench Drill

Bench drill, atau yang juga dikenal sebagai bor duduk, adalah variasi lain dari mesin bor yang memiliki konstruksi yang berbeda. Mesin ini diletakkan di atas meja atau permukaan dan benda yang akan dilubangi diarahkan ke posisi pengeboran pada mesin. Bench drill cocok digunakan untuk proyek yang memerlukan skala yang lebih besar seperti untuk industri, proyek konstruksi, atau produksi.

4. Hand Grinder

Hand grinder atau portable power grinder adalah salah satu jenis power tools yang digunakan untuk menghaluskan, mengkilapkan, dan memotong permukaan material tertentu. Mesin ini memiliki berbagai jenis mata gerinda yang digunakan sesuai dengan fungsinya, seperti untuk mengampelas, memotong batu, atau mengkilapkan. 

Beberapa jenis mata gerinda seperti resibon atau kain digunakan untuk polishing. Hand grinder menggunakan wheel atau piringan yang berputar dan dapat diganti-ganti.

5. Pneumetic Screwdriver

Pneumetic screwdriver adalah salah satu jenis power tools yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan servis oleh mekanik di bengkel otomotif. Fungsinya adalah untuk mengencangkan atau melepaskan sekrup yang memiliki tingkat pengencangan yang besar. 

Cara menggunakannya hampir sama dengan kunci impact, hanya saja bentuk dan ukurannya berbeda. Obeng pneumatik ini menggunakan tekanan udara sebagai sumber tenaganya.

6. Air Impact Wrench

Air Impact wrench adalah salah satu jenis power tools yang digunakan untuk membuka mur atau baut dengan sangat cepat. Tools ini dapat digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan baut yang sangat kuat. 

Air Impact wrench memiliki berbagai jenis, bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Dua jenis yang paling umum digunakan adalah jenis tuas dan pistol.

7. Obeng Cordless


Obeng cordless atau cordless screwdriver adalah power tools yang memiliki fungsi yang sama dengan obeng manual, tetapi tidak memerlukan tenaga manual untuk digunakan. Mesin ini menggunakan tenaga listrik atau baterai sebagai sumber daya. 

Cordless screwdriver memiliki fitur yang dapat mengatur arah putaran, seperti searah jarum jam untuk mengencangkan atau berlawanan jarum jam untuk melepaskan. Kelebihan dari obeng cordless adalah tidak tergantung pada kabel listrik sehingga lebih fleksibel dan mudah digunakan.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Obeng dengan Tepat

8. Air Chisel

Air chisel adalah salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan jack hammer (alat pelubang beton) namun memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Air chisel digunakan untuk memotong atau memutus baut. 

Pada umumnya, air chisel memerlukan pelumasan. Oleh karena itu, kebanyakan bengkel memiliki automatic oiler yang di pasang di dalam sistem air supply.

9. Bench Grinder

Mesin ini umumnya digunakan pada meja kerja dan objek yang akan dihaluskan atau dipotong diarahkan ke mesin. Beberapa fitur tambahan seperti lampu kerja dan pengatur kecepatan juga dapat ditemukan pada mesin ini untuk mempermudah proses pemakaian.

10. Heat Gun

Heat gun adalah peralatan yang digunakan untuk menghangatkan suatu benda. Contohnya, heat gun dapat digunakan untuk melembutkan kaca film sebelum dipasang pada kaca mobil, sehingga film kaca dapat lebih mudah ditempelkan dengan presisi yang tinggi. 

Heat gun juga digunakan dalam proses soldering, mencairkan plastik, dan membuka pelek mobil yang terkunci. Heat gun mudah  digunakan di berbagai macam lokasi dan proyek.

Setelah penjelasan mengenai jenis-jenis power tools diuraikan, sudahkah Anda memilih power tools yang sesuai dengan kebutuhan? Selain itu, Anda harus memastikan bahwa power tools yang akan digunakan memiliki kualitas yang baik.

11. Air Chuck

Tanpa disadari, Anda pasti sering melihat mesin ini pada tukang tambal ban di jalan raya. Mesin ini biasanya digunakan untuk mengisi angin pada ban kendaraan bermotor.

12. Kompresor

Alat ini berguna untuk memberikan stok udara pada berbagai peralatan yang menggunakan tekanan udara sebagai sumber tenaganya. Kompresor juga dilengkapi dengan regulator tekanan udara yang dapat menghentikan kerja kompresor jika tekanan udara sudah mencapai batas maksimumnya.

13. Nail Gun BARU

Nail gun merupakan jenis power tools yang digunakan untuk memasang paku pada dinding atau permukaan lainnya. Seperti halnya alat power lainnya, nail gun membutuhkan tenaga pneumatik yang dihasilkan dari udara bertekanan agar dapat berfungsi dengan baik.

14. Air Stapler 

Air stapler merupakan jenis alat power tools yang digunakan dalam pemasangan wallpaper pada dinding atau permukaan lainnya. Mirip dengan nail gun, air stapler juga menggunakan udara bertekanan untuk beroperasi.

15. Mesin gergaji


Mesin gergaji merupakan salah satu jenis power tools yang digunakan untuk melakukan pemotongan pada berbagai benda. Mesin ini dilengkapi dengan berbagai jenis pisau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Penggunaan mesin gergaji sangat membantu dalam proses pemotongan, terutama dalam skala produksi besar. Untuk beroperasi, mesin gergaji membutuhkan sumber tenaga listrik.

Baca juga: 13 Jenis Gergaji dan Fungsinya untuk Anda Pahami

16. Sandblaster 

Sanblaster atau mesin sandblasting adalah salah satu jenis power tools yang digunakan untuk membersihkan permukaan dari kotoran, karat, debu, atau cat yang menempel. Biasanya, sanblaster digunakan dalam proses pengecatan untuk membersihkan permukaan sebelum dilakukan pengecatan ulang.

Sanblaster membutuhkan tekanan udara, sering disebut sebagai pneumatik, agar dapat berfungsi dengan baik. Pada umumnya, sanblaster digabungkan dengan air dan sabun untuk mencapai hasil pembersihan yang lebih maksimal.

Untuk memilih jenis-jenis power tools dengan kualitas baik, Anda dapat membelinya hanya di Klopmart! Kami juga jual alat konstruksi dan komponen mesin yang dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda. Berbagai jenis-jenis power tools dapat Anda temukan di sana, selamat berbelanja!

Sumber rujukan:

  • www.autoexpose.org/2019/11/9-macam-power-tools-beserta-fungsi-dan.html
  • www.bhinneka.com/blog/power-tools-pengertian-fungsi-power-tools-dan-jenisnya/
  • https://stellamariscollege.org/power-tools/
  • https://www.sekolahkami.com/2019/04/macam-macam-power-tools-dan-fungsinya.html
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya