Konstruksi

JANGAN SALAH PILIH KASUR!

Media
16 Sep 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah membahas tentang #SAATNYAGANTIKASUR! Pada artikel tersebut, kita membahas tanda-tanda yang menunjukkan waktu dan saat yang tepat untuk mempertimbangkan mengganti kasur lama Anda dengan yang baru.

Jika ternyata memang sekaranglah saatnya mengganti kasur lama Anda dengan kasur yang baru atau ternyata Anda perlu untuk menggantinya dalam waktu dekat, jangan juga Anda salah pilih kasur baru Anda. Anda bisa lho salah pilih kasur!

Salah pilih kasur dapat menimbulkan risiko yang cukup besar. Ingat, kita menghabiskan 8 jam setiap hari untuk tidur. 8 jam adalah waktu ideal untuk tidur malam hari yang direkomendasikan para pakar kesehatan. Berarti kita menghabiskan 8 jam waktu hidup kita setiap hari di atas kasur! Bagi Anda yang gemar tidur tidak di atas kasur, berarti artikel ini bukanlah untuk Anda… Mohon lewatkan saja… hehehe

Jika kita salah pilih kasur, kita akan menghabiskan beberapa jam setiap malam di tempat yang tidak nyaman dan hal itu akan mengganggu tidur malam Anda. Akibatnya kondisi fisik kita tentu saja menurun karena kualitas tidur malam kita kurang baik. Hal ini akan turut mempengaruhi kehidupan kita.

Berarti membeli kasur yang tepat adalah sebuah investasi bagi kesehatan kita. Oke mari kita bahas beberapa kiat memilih kasur yang tepat.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum memilih dan membeli kasur

Di zaman semuanya serba online ini kita dapat mengumpulkan sebanyak mungkin informasi berkenaan tentang jenis-jenis kasur lengkap dengan kelebihan dan kekurangannnya. Catat dan simpanlah hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan tidur malam kita. Catatan ini akan membantu pertimbangan kita dalam memilih kasur. Bagi Anda yang sudah menikah, diskusikan ini dengan pasangan Anda! Jangan sampai kenyamanan tidur malam Anda berdua terganggu karena bertengkar akibat salah pilih kasur.

Ukuran kasur

Pilihlah ukuran kasur yang sesuai ukuran badan Anda dan ukuran kamar tidur Anda. Jangan sampai kasur baru Anda berukuran lebih kecil dari ukuran badan Anda. Pastikan juga kasur baru Anda masih menyisakan ruangan yang cukup bagi Anda bergerak dan beraktivitas di dalam kamar tidur, misalnya membuka-menutup pintu dan jendela kamar, berganti pakaian, menyapu-mengepel lantai kamar, dan sebagainya. Jangan sampai Anda tersandung kasur baru Anda di dalam kamar! Hal ini lucu terdengar tetapi tidak lucu saat mengalaminya, bukan?

Hingga saat ini ukuran kasur tidak memiliki standar yang sama. Setiap produsen menggunakan standar ukurannya sendiri. Secara umum, ukuran kasur dapat dikelompokkan menjadi:

Jenis kasur

Saat ini ada berbagai jenis kasur yang dapat kita pilih, mulai dari kasur kapuk, kasur pegas (spring bed), dan kasur lateks (latex), dan kasur memory foam. Ada pula kasur hybrid dan pillow-top.

  • Kasur kapuk memang jenis kasur yang sangat ekonomis dibandingkan jenis lainnya, tetapi kasur kapuk lebih cepat menipis karena kapuk cepat mengempis setelah beberapa saat menahan bobot badan kita. Kapuk kurang sejuk untuk digunakan dibandingkan kasur pegas.
  • Kasur pegas (spring bed) adalah jenis kasur yang paling umum di pasaran. Kasur pegas seperti namanya memiliki pegas atau per di bawah lapisan busanya. Kasur jenis ini cukup kuat, cukup membal. Karena adanya rongga udara di area pegas, kasur jenis ini cukup sejuk digunakan.
  • Kasur lateks adalah kasur yang terbuat dari karet alami. Kasur ini lebih nyaman ketimbang kasur pegas. Kasur lateks lebih membal, mampu menopang bobot tubuh kita secara menyeluruh, dan cukup sejuk saat digunakan.
  • Kasur memory foam pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1970-an oleh badan luar angkasa Amerika Serikat, NASA, untuk jok kursi pilot dan kursi penumpang pesawat terbang. Kasur ini sangat nyaman karena mengikuti bentuk badan kita. Yang menarik adalah kasur ini tahan goncangan, artinya kasur ini tidak menyalurkan beban yang diterimanya ke seluruh area kasur, sehingga cocok untuk pasangan suami isteri. Gerakan-gerakan saat tidur satu orang tidak mengganggu orang di sebelahnya.
  • Kasur hybrid adalah jenis kasur yang merupakan gabungan dari dua atau tiga jenis kasur. Karena merupakan gabungan beberapa jenis kasur, maka kasur hybrid diharapkan memiliki kelebihan-kelebihan dari jenis-jenis kasur yang digabungkan tadi. Hybrid kasur pegas + kasur memory foam: cukup membal, sejuk digunakan dan tahan goncangan. Ada juga kasur hybrid yang menggabungkan kasur lateks dengan kasur memory foam kemudian diberi penopang pegas di bagian bawahnya.
  • Kasur pillow-top adalah jenis kasur yang memiliki lapisan bantalan ekstra di atas permukaan kasur. Hal ini membuat kasur menjadi ekstra empuk dan lembut. Pillow-top dapat digunakan untuk semua jenis kasur yang disebut di atas.

Gaya Tidur

Gaya tidur kita berkaitan dengan tingkat kekerasan kasur. Mungkin lebih jelas jika kita gunakan dari skala angka 1 (paling empuk) hingga angka 10 (paling keras). Gaya tidur menyamping. Ini adalah gaya tidur dengan bertumpu pada bagian samping tubuh kita, baik itu samping kiri atau samping kanan. Untuk gaya tidur ini, umumnya cocok dengan kasur yang agak empuk dengan skala kekerasan (3-5).

Gaya tidur telentang. Gaya tidur ini menghadap ke atas dan bertumpu pada punggung kita dan cocok untuk skala (4-7).

Gaya tidur tengkurap. Gaya tidur ini biasanya bertumpu pada bagian depan tubuh kita: area dada dan perut. Biasanya cocok untuk kasur yang agak keras dengan skala (6-7), karena pastinya tidak ingin merasa ‘tenggelam’ ke dalam kasur dengan posisi tengkurap, bukan?

Budget.

Semakin tinggi teknologi yang digunakan, otomatis akan mempengaruhi harga jual kasur tersebut. Siapkan budget untuk investasi yang satu ini, karena harga kasur saat ini tidak dapat dibilang murah. Tetapi hal ini tidak berarti kasur yang termahal adalah kasur yang paling tepat untuk Anda! Kasur yang termurah pun bukan berarti jawaban yang paling tepat untuk kebutuhan tidur Anda.

Dari beberapa poin di atas tadi, kumpulkan seluruh informasi yang Anda perlukan dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

 

SELAMAT MEMILIH KASUR!

*dirangkum dari berbagai sumber.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya