Konstruksi

JANGAN LUPA: BERSIHKAN KUSEN ALUMINUM ANDA!

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Maraknya rumah dengan desain model minimalis membuat kusen aluminum juga semakin digemari. Belum lagi karena masalah rayap yang merusak kusen pintu dan jendela, semakin mendorong para pemilik rumah untuk beralih menggunakan kusen aluminum.

    Dengan kusen aluminum, rumah Anda memang semakin kuat kesan modern minimalisnya. Apalagi jika dikombinasikan dengan daun pintu dengan material serupa. Kian cantiklah rumah Anda dan aman dari rayap.

    Tetapi tahukah Anda bahwa kusen aluminum juga perlu dibersihkan khususnya pada bagian sisi luar?

    Kusen aluminum akan tampak kusam jika terlalu lama tidak dibersihkan dan dibiarkan terkena sinar matahari, angin, hujan, dan debu. Debu dan kotoran yang menempel akan semakin sulit dibersihkan seiring berjalannya waktu.

     

    Lho, memangnya aluminum bisa berkarat? Karat adalah hasil oksidasi, kan?

    Aluminum memang tidak dapat berkarat seperti besi, tetapi dapat mengalami korosi. Korosi adalah akibat dari oksidasi. Karat adalah bentuk korosi pada besi. Korosi pada aluminum berbeda bentuknya. Pada kondisi ektsrim, kelembaban dan polusi tinggi dengan pH di bawah 4 atau di atas 9, aluminum akan mengalami korosi. Dari luar akan kelihatan permukaannya berbercak-bercak dan kemudian akan menjadi rapuh dan mudah patah. Tapi itu sangat jarang terjadi.

     

    Kenapa aluminum tahan karat?

    Saat permukaan aluminum terkena oksigen, maka akan terjadi reaksi kimia seperti di bawah ini:

    4Al(s) + 3O2(g) → 2Al2O3(s)

    Aluminum Oksida yang terbentuk akan melapisi secara merata seluruh permukaan yang bersinggungan dengan oksigen. Lapisan ini sangat kuat walaupun hanya memiliki ketebalan sebesar 0.0002 cm dan sanggup menghentikan proses oksidasi lebih lanjut. Itulah sebabnya aluminum tahan karat.

     

    Nah, mari kita mulai bersihkan kusen aluminum Anda:

    • Pastikan tidak ada celah terbuka di antara kusen dengan daun pintu dan daun jendela!
    • Semprot dengan selang air untuk meluruhkan debu dan kotoran yang menempel. Jika ada kebocoran, laplah area tersebut hingga kering.
    • Dengan busa sabut yang dibasahi larutan sabun deterjen, gosoklah kusen aluminum hingga bersih. Jangan gunakan sabut cuci yang tajam, karena akan menggores permukaan aluminum.
    • Anda juga dapat mempergunakan larutan pembersih aluminum yang dijual di pasaran. Pastikan untuk membaca dan mengikuti aturan pakai pada label kemasannya. Coba dulu pada bagian kusen yang tersembunyi untuk melihat hasilnya.
    • Lap dengan kain lembab hingga bersih. Pastikan memulainya dari bagian atas kusen terlebih dahulu baru diteruskan pada bagian bawahnya. Hal ini untuk mencegah air sabun membawa kotoran ke bagian yang sudah dibersihkan. Air sabun kotor yang mengering akan meninggalkan noda dan kerak yang tidak sedap dipandang mata.
    • Bilas seluruh bagian kusen aluminum Anda dengan selang air hingga benar-benar bersih dari sisa-sisa air sabun ataupun larutan pembersih aluminum yang Anda gunakan.
    • Setelah bersih. Lap dengan kain hingga kering.

     

    Jika Anda menemukan tanda-tanda korosi pada kusen aluminum, segera hubungi pembersih aluminum profesional atau hubungi tempat Anda membelinya untuk mendapatkan info dan layanan lebih lanjut.

    Inspirasi Lainnya

    Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

    Saniter

    Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

    Selengkapnya
    Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

    Saniter

    Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

    Selengkapnya
    Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

    Konstruksi

    Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

    Selengkapnya