Cara Membersihkan Kipas Angin yang Efektif

Kipas angin bisa jadi salah satu barang favorit Anda dalam melawan panas di rumah. Tetapi, Anda harus memastikan kipas angin Anda terbengkalai. Anda harus tahu cara membalas budi pada kipas angin Anda dengan mempelajari cara membersihkan kipas angin.

Karena sifatnya yang tampak praktis ini, banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan atau kebersihan kipas angin mereka. Karena mudah digunakan, kipas angin cenderung bekerja sangat lama dan menyebabkan debu dan kotoran menumpuk pada kipas angin Anda.

Debu dan kotoran yang menempel akan menyebabkan beban pada bilah kincir kipas. Debu dan kotoran yang menempel pada jeruji kurungan kipas juga akan mengurangi hembusan angin dari kipas.

Itulah sebabnya jika Anda tidak ingin tiba-tiba kerepotan karena kipas angin rusak, Anda harus tahu cara membersihkan kipas angin dengan benar. Mari kita lihat apa-apa saja yang Anda butuhkan untuk membersihkan kipas angin dan langkah-langkah untuk melakukannya.
 

Cara Membersihkan Kipas Angin

Sebelum masuk kedalam tahap pengerjaan membersihkan kipas angin. Ada hal lain yang tidak boleh terlewat, yaitu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut:
 

Peralatan Untuk Membersihkan Kipas Angin

Peralatan untuk membersihkan kipas angin relatif simpel dan mudah didapat. Berikut adalah beberapa perlatan yang Anda butuhkan:

  1. Obeng plus atau minus untuk membognkar atau melepas sekrup pengikat baling kipas angin
  2. Kuas cat ukuran kecil atau sedang
  3. Masker hidung
  4. Mangkuk kecil
  5. Kain lap
  6. Sabun cuci piring beserta Sabut Cuci Piring anti gores (untuk perangkat masak berlapis Teflon)
  7. Kertas Koran untuk alas kerja

Jika sudah siap, mari kita bersihkan kipas angin. Cara ini berlaku untuk semua jenis kipas angin kecuali kipas angin plafon yang tidak memiliki kurungan kincir kipas.

Baca juga: Cara Membersihkan Dapur Kotor di Rumah
 

Langkah Untuk Membersihkan Kipas Angin

Mari ikuti langkah-langkahnya:

  1. Yang paling penting, matikan dulu kipas angin elektrik Anda. Putuskan hubungan kipas angin dengan sumber listrik dengan mencabut steker dari stop kontak. Ini demi keselamatan Anda dari bahaya tersengat arus listrik.
  2. Lepaskan kurungan baling kipas bagian depan dengan membuka kuncian pada frame luar kurungan. Baca buku manual untuk mempelajari cara membuka kurungan kincir kipas, karena berbeda pada setiap merk.
  3. Lepaskan kincir kipas dengan melepaskan sekrupnya. Baca buku manual untuk mempelajari cara membuka kurungan kincir kipas, karena berbeda pada setiap merk.
  4. Lepaskan kurungan kipas bagian belakang dengan melepaskan sekrup-sekrupnya. Jumlah sekrup berbeda pada setiap merk. Kumpulkan semua sekrupnya dan taruh dalam sebuah mangkuk kecil supaya tidak jatuh tercecer dan hilang.
  5. Setelah itu bersihkan kedua bagian kurungan kincir dan bilah kincir dengan kuas. Debu dan kotoran akan rontok berguguran. Siapkan kertas koran untuk mengalasi lantai atau tempat Anda membersihkan kurungan. Pastikan juga Anda mengenakan masker alat pelindung diri karena debu halus akan beterbangan pada saat ini.
  6. Dengan sabut cuci piring anti gores yang dibasahi air sabun, cucilah semua jeruji kurungan dan bilah kincir. Bilas dengan air hingga bersih. Keringkan dengan cara diangin-anginkan di udara terbuka.
  7. Bersihkan seluruh body kipas angin dengan kuas. Mulai dari kepala kipas, ke leher penyangga dan kaki kipas angin. Kemudian bersihkan dengan kain lap yang sedikit basah. Lakukan dengan seksama supaya tidak menggores body kipas angin yang terbuat dari plastik.
  8. Bersihkan tombol-tombol saklar kipas angin dengan kuas. Pastikan debu-debu yang terselip juga ikut terlepas. Lap hingga bersih.
  9. Bersihkan kabel listrik kipas angin dengan kuas dan lap sambil memeriksa untuk memastikan kondisi kabel dan stekernya dalam kondisi baik.
  10. Bersihkan kaki kipas angin bagian bawah. Biasanya terbuat dari plat logam, maka bersihkan dengan kuas dan lap. Pastikan mengelapnya hingga kering untuk menghindari karat.
  11. Kemudian setelah semuanya sudah dipastikan kering, pasang kembali dimulai dengan kurungan bagian belakang. Kencangkan sekrupnya. Kemudian pasang kincir kipas dan kencangkan dengan sekrupnya. Terakhir, pasang kembali kurungan bagian depan.

Walaaa… Kipas angin Anda sudah siap dipergunakan lagi!

Itulah cara membersihkan kipas angin dengan mudah yang dapat Anda terapkan. Jika kipas angin adalah sebuah barang esensial pada rumah Anda, pastikan Anda melakukan pembersihan secara rutin agar kipas angin Anda dapat terus bekerja dengan baik dan udara yang dihasilkan pun tetap terus segar. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Akuarium Agar Ikan Sehat


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
03 Agu 2018

Related Article