Inilah Cara Mengelupas Cat Tembok Dengan Mudah

Cara mengelupas cat tembok sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Bila Anda menerapkan cara yang benar dan tepat, pekerjaan yang satu ini adalah sesuatu yang sangat mudah, memperlancar proses mengganti cat pada dinding rumah Anda. Yuk, perhatikan cara mengganti atau mengelupas cat tembok rumah dengan mudah berikut ini.
 

Ikuti Cara Mengelupas Cat Tembok Berikut Ini

Cat yang pudar, rusak, dan berjamur mungkin menjadi alasan Anda untuk segera mengganti cat yang lama. Untuk dapat mengganti cat yang sebelumnya ada di tembok Anda, akan dibutuhkan langkah pengelupasan cat lama. Jika Anda mengecat di atas cat yang lama, maka cat tersebut akan mudah terkelupas dan tidak awet.
Untuk dapat mengelupas cat lama di tembok Anda dengan benar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yaitu:
 

Cara Mengelupas Cat Tembok Dengan Paint Remover

Paint Remover atau remover cat akan sangat mudah Anda temukan di berbagai toko bangunan. Anda bisa mengecek harga remover cat di Klopmart untuk mendapatkan produk bangunan yang berkualitas. Selain paint remover, siapkan juga kuas, sarung tangan, koran atau kain bekas, dan sekrap. Jika Anda sudah membeli paint remover, maka ikuti beberapa langkah berikut ini untuk bisa mengelupas cat tembok dengan mudah.
 

1.Oleskan cairan paint remover ke tembok Anda

Gunakan sarung tangan untuk mengerjakan proses ini, oleskan cairan paint remover secara merata dan teliti menggunakan kuas pada area cat atau tembok yang ingin dikelupas. Anda harus berhati-hati karena cairan ini bersifat korosif dan juga gatal jika terkena kulit maka berhati-hatilah saat mengaplikasikannya. Lakukan secara perlahan hingga seluruh bagian tembok yang ingin Anda kelupas catnya sudah terkena cairan yang satu ini.
 

2. Diamkan sekitar 2 – 3 menit hingga cat terlihat menggelembung

Tunggu sekitar 2-3 menit, cat pada tembok akan terlihat menggelembung. Menandakan bahwa cairan ini sudah meresap ke dalam cat yang membuatnya gampang untuk terkelupas.
 

3. Kupas dengan sekrap saat kondisi cat masih lembab

Gunakan sekrap untuk mengangkat cat yang lembab dan terkelupas tersebut. Siapkan koran pada lantai di sekitar dinding untuk bisa menampung cat yang terkelupas sehingga akan mudah dalam membersihkannya. Kupas cat dengan teliti.
 

4. Bersihkan tembok dari sisa paint remover dengan air

Gunakan air untuk memastikan bahwa paint remover sudah tidak ada di tembok Anda.
 

5. Biarkan hingga mengering atau bisa juga dikeringkan dengan kain.

Tunggu hingga tembok mengering. Agar lebih cepat Anda juga bisa menggunakan kain untuk mengeringkan tembok tersebut
 

6. Haluskan dengan amplas

Anda mulai dengan amplas yang paling kasar untuk mengurangi berbagai sisa cat yang masih ada sekaligus merapikan tembok Anda, setelah itu gunakan amplas yang lebih halus pada tahap akhir. Gunakan kain untuk membersihkan sisa debu yang masih ada.
 

Cara Mengelupas Cat Tembok Dengan Thinner

Alternatif dari paint remover adalah thinner, tentu saja cara yang satu ini lebih ekonomis karena harga thinner cukup terjangkau. Cara yang akan dilakukan akan sama, yang membedakan hanyalah penggunaan thinner sebagai pengganti paint remover.
 

1.Oleskan cairan thinner ke tembok Anda

Gunakan sarung tangan juga dalam proses ini, oleskan cairan thinner secara merata dan teliti menggunakan kuas pada area cat atau tembok yang ingin dikelupas. Lakukan dengan hati-hati
 

2. Diamkan sekitar 2 – 3 menit hingga cat terlihat menggelembung

Tunggu sekitar 2-3 menit, cat pada tembok akan terlihat menggelembung dan siap untuk dikelupas
 

3. Kupas dengan sekrap saat kondisi cat masih lembab

Gunakan juga sekrap untuk mengangkat cat yang masih lembab
 

4. Bersihkan tembok dari sisa paint remover dengan air

Gunakan air untuk memastikan bahwa thinner sudah tidak ada di tembok Anda.
 

5. Biarkan hingga mengering atau bisa juga dikeringkan dengan kain.

Tunggu hingga tembok mengering gunakan kain untuk mempercepat proses ini
 

6. Haluskan dengan amplas

Gunakan kembali amplas yang paling kasar untuk mengurangi berbagai sisa cat yang masih ada sekaligus merapikan tembok Anda, setelah itu gunakan amplas yang lebih halus pada tahap akhir. Bersihkan sisa debu dengan kain.

Dengan kedua cara di atas, maka tembok Anda sudah siap untuk diberikan cat yang baru. Anda bisa menemukan berbagai alat dan bahan untuk proses ini di Klopmart. Temukan juga cat baru yang sesuai keinginan Anda disini juga. Semoga dengan kedua cara mengelupas cat tembok di atas bisa membantu Anda dalam kegiatan yang satu ini, jangan lupa untuk cek harga remover cat di Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya