Inilah Cara Membuat Pulut dari Lem Fox yang Mudah

Cara membuat pulut dari lem fox bukanlah hal yang sulit. Pulut ini menjadi salah satu cara yang bisa dibilang cukup efektif untuk menjebak atau menangkap burung. Bahkan cara ini saudah lama dikenal oleh masyarakat, yang dulunya memanfaatkan berbagai macam tumbuhan. Seperti dari pohon karet, pohon nangka, dan pohon sukun. Namun kini sudah banyak bahan pengganti yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat pulut ini. Salah satunya adalah lem fox yang bisa ditemukan di toko bangunan ataupun toko peralatan kantor. Dengan bahan yang mudah didapatkan ini, Anda akan bisa membuat pulut yang digunakan dalam kegiatan menangkap burung. Yuk ikuti cara berikut ini.

Gunakan Cara Membuat Pulut dari Lem Fox Berikut Ini

Pulut merupakan sebuah lem karet alami yang dibuat dari berbagai macam jenis tumbuhan, yang sering digunakan untuk menangkap burung. Tekstur pulut yang kuat dan juga lengket namun mudah dibersihkan adalah salah satu tekstur yang banyak dicari dalam membuat pulut. 

Beberapa bahan alami untuk membuat pulut adalah:
 

1. Pohon Karet

Pohon yang satu ini akan menghasilkan getah yang sangat lengket, bahkan sangat sulit untuk dibersihkan. Maka akan jarang ada pulut yang benar-benar berasal dari pohon karet. Biasanya akan dicampurkan dengan pulut dari getah pohon sukun atau pohon lainnya guna menetralisir kelengketannya tersebut.
 

2. Pohon Nangka

Pada umumnya, tekstur yang dihasilkan oleh getah dari pohon karet ini lumayan lengket. Namun bagi beberapa jenis burung yang memiliki ukuran sedikit besar, getah ini sangat mudah lepas. Di sisi lain, getah yang satu ini tidak sulit untuk dibersihkan. Masih sangat mudah untuk menjumpai pohon ini.

Baca juga: kegunaan lem fox
 

3. Pohon Sukun

Pohon yang satu ini akan bisa menghasilkan pulut yang memiliki tekstur stabil, tidak terlalu lengket, dan aman untuk burung. Sering juga dikombinasikan dengan getah dari pohon karet guna menambah daya lengketnya.

Selain bahan alami, banyak juga yang akan mencampur dengan bahan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah lem fox ini. Untuk bisa membuat pulut dari lem fox, Anda harus mempersiapkan berbagai macam bahan, seperti:

  • Lem fox
  • Getah karet/permen karet
  • Wadah kecil
  • Air bersih

Setelah mempersiapkan berbagai bahan-bahan di atas, Anda bisa memulai untuk membuat pulut yang bisa digunakan untuk menangkap burung. Seperti inilah langkah-langkah untuk membuatnya:

  • Masukan tangan Anda ke dalam air untuk mencegah lem lengket ke tangan Anda.
  • Letakan getah karet ke dalam wadah kecil. Anda bisa menggunakan permen karet sebagai alternatif. Hasil dari pulut akan sedikit lembek, namun tidak terlalu bau jika dibandingkan dengan getah karet.
  • Campurkan lem fox ke dalam wadah tersebut.
  • Aduk keduanya hingga mendapatkan konsistensi yang sedikit keras. Celupkan ke dalam air secara sedikit demi sedikit.
  • Jika dirasa sudah keras, berubah warna menjadi sangat putih, atau tidak lagi mudah menempel ke tangan Anda, maka pulut sudah siap untuk digunakan.

Pulut yang baik akan bisa mempermudah kegiatan berburu burung Anda. Selain dijadikan bahan membuat pulut, lem fox juga sangat cocok dijadikan perekat dalam kegiatan konstruksi. Lem fox bisa digunakan untuk berbagai macam material, tahan panas, air, lembab, dan berbagai bahan kimia. Semoga informasi mengenai cara membuat pulut dari lem fox ini bisa berguna, cek harga lem fox di Klopmart sekarang juga!

Baca juga: cara membuat slime dengan lem fox


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Apr 2021

Related Article