12 Cara Hilangkan Bau Cat Tembok Terbukti Efektif

Apakah bau cat tembok baru di rumahmu mengganggu kenyamanan? Bau yang kuat dari cat tembok bisa membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman dan bahkan memicu sakit kepala bagi beberapa orang. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara hilangkan bau cat tembok dengan mudah dan praktis.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai metode sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dan menghilangkan bau cat dengan cepat. Simak tips-tips berikut untuk menciptakan lingkungan yang segar dan nyaman di rumahmu setelah pengecatan.

promo klopmart

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Mengecat

Baik cat minyak atau cat air sama-sama memiliki aroma yang menyegat. Oleh karena itu terdapat hal-hal yang harus Anda perhatikan saat mengecat dinding.

1. Buka pintu dan jendela

Pastikan pintu dan jendela yang menghadap keluar dalam kondisi terbuka lebar ketika mengecat. Tujuan dari ini adalah agar sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan dengan lancar. Sebaliknya dengan jendela yang di antara ruangan, pastikan jendela tersebut dalam keadaan tertutup ketika mengecat agar ruangan lain tidak memiliki bau yang menyengat. 

2. Gunakan kipas angin

Pastikan nyalakan kipas angin setelah mengecat, hal ini efektif dalam mengusir bau dan membantu proses pengeringan cat. 

3. Matikan AC

Beda dengan kipas angin yang digunakan  untuk mengusir bau cat, AC membuat udara berputar di dalam ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya matikan pendingin udara ini, baik itupun saat mengecat atau beberapa hari setelahnya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Merk Cat Tembok yang Bagus dan Tahan

Cara Menghilangkan Bau Cat Tembok yang Menyengat Dengan Bahan Alami 

Berikut ini cara menghilangkan bau cat dalam ruangan dengan mudah:

1. Baking soda dan Kopi Bubuk

Soda Kue dan Kopi Bubuk

Soda kue dan kopi adalah bahan termudah dan termurah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau cat di rumah yang baru saja di cat. Letakkan soda kue di beberapa mangkok kecil pada setiap sudut ruangan dan biarkan semalaman.

Begitu pula dengan kopi, Anda bisa meletakkan mangkuk berisi bubuk kopi di beberapa sudut ruangan. Aroma kopi yang kuat mampu menutupi bau cat tembok, dan jika dibiarkan semalaman maka keesokan harinya pasti bau cat di dalam ruangan akan hilang.

Soda kue ini bisa menyerap bau yang berasal dari cat tembok. Anda juga bisa mencampur soda kue ini dengan sedikit air agar bisa menyerap bau dengan lebih optimal.

Baca juga: Pilihan Merk Cat Tembok yang Mengkilap

2. Lilin

Lilin

Tips menghilangkan bau cat tembok yang mudah dan praktis berikutnya adalah menggunakan lilin. Hal ini karena lilin bisa membakar komponen yang diuapkan oleh cat tembok dan bisa menghilangkan baunya secara perlahan.

Pertama-tama, Anda harus meletakkan lilin yang sudah dinyalakan pada mangkuk yang berisi air. Letakkan di beberapa sudut ruangan dan biarkan selama beberapa jam, kemudian rasakan perbedaannya.

Anda juga bisa menggunakan lilin aromaterapi sesuai selera Anda. Akan tetapi, pastikan Anda sudah meletakkan lilin di luar jangkauan anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Arang

Arang

Cara menghilangkan bau cat tembok yang efektif selanjutnya yaitu dengan menggunakan arang. Anda hanya perlu meletakkan arang yang sudah dihancurkan di beberapa ember kecil atau mangkok dan letakkan di sudut ruangan.

Biarkan selama beberapa jam. Bahkan, dalam waktu satu jam saja, bau dari cat ini biasanya akan berkurang secara signifikan. Sebagai antisipasi, Anda juga bisa meletakkan arang ini sebelum dilakukan pengecatan ruangan.

4. Ekstrak Vanila atau Peppermint

Ekstrak Vanila atau Peppermint

Vanila dan peppermint memiliki aroma yang kuat dan bisa mengurangi bahkan menghilangkan bau cat. Anda bisa meletakkan beberapa tetes ekstrak vanila dan peppermint di bola kapas dan letakkan di beberapa sudut ruangan yang baru saja di cat.

Anda juga bisa memasukkan beberapa tetes ekstrak vanilla dan peppermint dan campurkan di dalam cat sebelum melakukan proses pengecatan. Hal ini bisa mengurangi aroma cat secara signifikan. Jangan khawatir karena tambahan ekstrak ini tidak akan mempengaruhi kualitas maupun warna cat Anda.

5. Batok Kelapa

Batok Kelapa

Batok kelapa bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bau cat tembok. Caranya yaitu dengan membakar batok kelapa dan biarkan selama beberapa jam di ruangan yang baru di cat. Aroma dari batok kelapa yang dibakar bisa meredam bau cat tembok sekaligus membunuh nyamuk.

Baca juga: 14 Cara Mengecat Tembok yang Benar

6. Tanaman Hias Beraroma Kuat

Tanaman Hias Beraroma Kuat

Bau cat yang menyengat dapat Anda hilangkan dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah.

Telah diketahui bahwa tanaman hias memiliki manfaat menyerap bau ruangan termasuk bau cat tembok. Anda bisa menggunakan tanaman yang memiliki aroma kuat seperti geranium, kemangi, dan lavender.

Selain menyerap bau cat, tanaman hias juga dapat membuat dalam rumah Anda semakin estetis.

Baca juga: Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

7. Bawang dan Air

Bawang dan Air

Bahan alami yang satu ini ternyata dapat menghilangkan bau cat dinding. Anda dapat menggunakan jenis bawang apapun (bawang putih atau bawang bombay). Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengiris bawang dan simpan di wadah yang berisi air dan simpan di sudut ruangan yang baru dicat.

Mengapa diperlukan air, karena dapat menetralkan zat yang terkandung dalam bawang sehingga tidak menyebabkan mata perih. Kemudian, bawang yang akan menyerap bau tidak sedap di tembok.

8. Air Lemon

Air Lemon

Bahan alami yang satu ini dipercaya mampu menyerap kandungan berbahaya di dalam cat. Air lemon mengeluarkan aroma yang menyegarkan dan bisa menghilangkan bau cat.

Anda bisa mengiris lemon dan meletakkannya di sudut ruangan yang baru dicat dan menunggunya hingga semalam agar baunya benar-benar hilang.

Baca juga: Ini 10 Ide Perpaduan Warna Cat Rumah agar Telihat Lebih Fresh

9. Sinar Matahari Alami

Sinar Matahari Alami

Bau cat yang menyengat disebabkan tembok yang masih basah. Jadi, selain mendapatkan udara segar dari luar rumah, cara menghilangkan bau cat berikutnya adalah dengan paparan sinar matahari langsung.

Anda bisa memaksimalkan bukaan pintu dan jendela atau apabila menggunakan jendela kaca, bisa dengan membuka gorden supaya cahaya masuk lebih maksimal untuk mengeringkan cat di tembok.

10. Kapur Barus

Kapur Barus

Terakhir adalah cara yang multifungsi karena selain dapat menghilangkan bau cat, kapur barus yang diletakkan di sudut-sudut ruangan juga dapat menjaga rumah Anda dari gangguan serangga seperti kecoa dan semut.

11. Cuka Putih

Cuka Putih

Cuka juga bisa menghilangkan bau cat. Dengan cara menyediakan wadah yang berisi cuka putih lalu letakan wadah tersebut tidak jauh dari ruangan yang baru saja dicat.

Diamkan cuka dalam wadah tersebut semalaman. Sambil menggunakan cuka, kamu juga dapat membuka jendela dan ventilasi untuk dapat mempercepat penyerapan bau cuka. 

12. Nanas

Nanas

Anda juga bisa memanfaatkan buah nanas untuk menetralisir bau cat pada ruangan. Dengan memotong nanas menjadi beberapa bagian lalu letakan di sebuah piring dan letakan piring tersebut di sudut ruanngan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang langkah menghilangkan bau cat di rumah yang baru saja direnovasi. Apabila Anda mencari cat berkualitas dan tahan lama, Klopmart hadir sebagai solusi untuk Anda.

Sebagai toko material bahan bangunan online terlengkap, klopmart menyediakan berbagai cat yang berkualitas dan terlengkap seperti cat tembok Dulux Catylac Glow yang mengkilap. Jadi tunggu apalagi, kunjungi Klopmart sekarang juga dan dapatkan promo menarik.

perlengkapan cat klopmart

Untuk proyek konstruksi yang lebih efisien dan berkualitas, pastikan Anda memilih bahan bangunan terbaik dari Klopmart. Kami menawarkan berbagai pilihan produk konstruksi berkualitas tinggi dengan harga bersaing. Dengan produk yang andal dan pelayanan yang profesional, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas proyek konstruksi Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi Klopmart untuk kebutuhan bahan bangunan Anda. Temukan produk terbaik untuk proyek Anda hanya di Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya
2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Cat dan Kimia

2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Selengkapnya
Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Serupa tapi Tak Sama!

Cat dan Kimia

Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Serupa tapi Tak Sama!

Selengkapnya