13 Cara Hilangkan Bau Cat Tembok Terbukti Ampuh

Ketika bagian rumah Anda baru saja selesai dicat, pasti akan timbul bau menyengat yang tidak jarang cukup menganggu pernapasan Anda. Uap cat yang terus menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulai dari hati, ginjal hingga bisa menyebabkan kanker. Meskipun ventilasi ruangan sudah mencukupi, atau bahkan kipas angina sudah dinyalakan, seringkali bau tersebut masih ada dan tidak mau hilang. Bau ini bahkan bisa bertahan hingga beberapa hari dan cukup mengganggu aktivitas, apalagi jika Anda harus menempati ruangan tersebut dengan segera.

Tahukah Anda, bahwa bau ini sebenarnya berasal dari komponen cat seperti pewarna, pelarut dan perekat yang biasanya tersusun dari minyak dalam komposisinya. Beberapa cat tersebut bahkan mengandung Volatile Organic Compound (VOC). Bahan ini berbahaya bagi tubuh karena mudah menguap dan bisa menyebabkan pusing, mata perih, sesak napas, hingga kerusakan syaraf pada jangka panjang.

Bau cat pada tembok bisa bertahan lama hingga berhari-hari. Akan tetapi, ada beberapa cara menghilangkan bau cat tembok agar bau tersebut bisa cepat hilang dan tidak memenuhi indera penciuman Anda dengan cara-cara berikut ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Mengecat

Baik cat minyak atau cat air sama-sama memiliki aroma yang menyegat. Oleh karena itu terdapat hal-hal yang harus Anda perhatikan saat mengecat dinding.

1. Buka pintu dan jendela

Pastikan pintu dan jendela yang menghadap keluar dalam kondisi terbuka lebar ketika mengecat. Tujuan dari ini adalah agar sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan dengan lancar. Sebaliknya dengan jendela yang di antara ruangan, pastikan jendela tersebut dalam keadaan tertutup ketika mengecat agar ruangan lain tidak memiliki bau yang menyengat. 


2. Gunakan kipas angin

Pastikan nyalakan kipas angin setelah mengecat, hal ini efektif dalam mengusir bau dan membantu proses pengeringan cat. 

3. Matikan AC

Beda dengan kipas angin yang digunakan  untuk mengusir bau cat, AC membuat udara berputar di dalam ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya matikan pendingin udara ini, baik itupun saat mengecat atau beberapa hari setelahnya. 

Cara Menghilangkan Bau Cat Tembok yang Menyengat Dengan Bahan Alami 

Berikut ini cara menghilangkan bau cat dalam ruangan dengan mudah:

1. Soda Kue dan Kopi Bubuk


Soda kue dan kopi adalah bahan termudah dan termurah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau di tembok yang baru saja di cat. Letakkan soda kue di beberapa mangkok kecil pada setiap sudut ruangan dan biarkan semalaman. Begitu pula dengan kopi, Anda bisa meletakkan mangkuk berisi bubuk kopi di beberapa sudut ruangan. Aroma kopi yang kuat mampu menutupi bau cat tembok, dan jika dibiarkan semalaman maka keesokan harinya pasti bau cat di dalam ruangan akan hilang.

Soda kue ini bisa menyerap bau yang berasal dari cat tembok. Anda juga bisa mencampur soda kue ini dengan sedikit air agar bisa menyerap bau dengan lebih optimal. Jika lantai Anda berkarpet, maka Anda bisa menyebarkan soda kue ini ke beberapa sisi karpet di dalam ruangan dan membersihkannya dengan vacuum cleaner pada pagi harinya. Setelah meletakkan kopi ataupun soda kue, pastikan ruangan tersebut tertutup rapat dan tanpa menyalakan pendingin ruangan.

Baca juga: Pilihan Merk Cat Tembok yang Mengkilap

2. Lilin


Salah satu cara menghilangkan bau cat tembok yang mudah dan praktis adalah menggunakan lilin. Hal ini karena lilin bisa membakar komponen yang diuapkan oleh cat tembok dan bisa menghilangkan baunya secara perlahan.

Pertama-tama, Anda harus meletakkan lilin yang sudah dinyalakan pada mangkuk yang berisi air. Letakkan di beberapa sudut ruangan dan biarkan selama beberapa jam, kemudian rasakan perbedaannya.

Anda juga bisa menggunakan lilin aromaterapi sesuai selera Anda. Akan tetapi, pastikan Anda sudah meletakkan lilin di luar jangkauan anak kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Arang


Cara menghilangkan bau cat tembok yang efektif selanjutnya yaitu dengan menggunakan arang. Anda hanya perlu meletakkan arang yang sudah dihancurkan di beberapa ember kecil atau mangkok dan letakkan di sudut ruangan.

Biarkan selama beberapa jam. Bahkan, dalam waktu satu jam saja, bau dari cat ini biasanya akan berkurang secara signifikan. Sebagai antisipasi, Anda juga bisa meletakkan arang ini sebelum dilakukan pengecatan ruangan.

4. Ekstrak Vanila atau Peppermint


Vanila dan peppermint memiliki aroma yang kuat dan bisa mengurangi bahkan menghilangkan bau cat. Anda bisa meletakkan beberapa tetes ekstrak vanila dan peppermint di bola kapas dan letakkan di beberapa sudut ruangan yang baru saja di cat.

Anda juga bisa memasukkan beberapa tetes ekstrak vanilla dan peppermint dan campurkan di dalam cat sebelum melakukan proses pengecatan. Hal ini bisa mengurangi aroma cat secara signifikan. Jangan khawatir karena tambahan ekstrak ini tidak akan mempengaruhi kualitas maupun warna cat Anda.

5. Batok Kelapa


Batok kelapa bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bau cat tembok. Caranya yaitu dengan membakar batok kelapa dan biarkan selama beberapa jam di ruangan yang baru di cat. Aroma dari batok kelapa yang dibakar bisa meredam bau cat tembok sekaligus membunuh nyamuk.

Baca juga: 14 Cara Mengecat Tembok yang Benar

6. Tanaman Hias Beraroma Kuat


Bau cat yang menyengat dapat Anda hilangkan dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah.

Telah diketahui bahwa tanaman hias memiliki manfaat menyerap bau ruangan termasuk bau cat tembok. Anda bisa menggunakan tanaman yang memiliki aroma kuat seperti geranium, kemangi, dan lavender.

Selain menyerap bau cat, tanaman hias juga dapat membuat dalam rumah Anda semakin estetis.

Baca juga: Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

7. Bawang dan Air


Bahan alami yang satu ini ternyata dapat menghilangkan bau cat dinding. Anda dapat menggunakan jenis bawang apapun (bawang putih atau bawang bombay). Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengiris bawang dan simpan di wadah yang berisi air dan simpan di sudut ruangan yang baru dicat.

Mengapa diperlukan air, karena dapat menetralkan zat yang terkandung dalam bawang sehingga tidak menyebabkan mata perih. Kemudian, bawang yang akan menyerap bau tidak sedap di tembok.

8. Air Lemon


Bahan alami yang satu ini dipercaya mampu menyerap kandungan berbahaya di dalam cat. Air lemon mengeluarkan aroma yang menyegarkan dan bisa menghilangkan bau cat.

Anda bisa mengiris lemon dan meletakkannya di sudut ruangan yang baru dicat dan menunggunya hingga semalam agar baunya benar-benar hilang.

9. Udara Segar dari Luar Rumah


Pastikan ventilasi rumah Anda terbuka agar udara segar dari luar dapat masuk. Buka semua pintu dan jendela, agar mempercepat sirkulasi udara di rumah sehingga dapat mempercepat hilangnya aroma cat yang tidak sedap.

Ide lainnya yang dapat Anda lakukan yaitu nyalakan kipas angin agar mempercepat proses hilangnya bau cat yang menyengat. Selain itu, cat di tembok juga jadi lebih cepat kering.

Baca juga: Ini 10 Ide Perpaduan Warna Cat Rumah agar Telihat Lebih Fresh

10. Sinar Matahari Alami


Bau cat yang menyengat disebabkan tembok yang masih basah. Jadi, selain mendapatkan udara segar dari luar rumah, cara menghilangkan bau cat berikutnya adalah dengan paparan sinar matahari langsung.

Anda bisa memaksimalkan bukaan pintu dan jendela atau apabila menggunakan jendela kaca, bisa dengan membuka gorden supaya cahaya masuk lebih maksimal untuk mengeringkan cat di tembok.

11. Kapur Barus


Terakhir adalah cara yang multifungsi karena selain dapat menghilangkan bau cat, kapur barus yang diletakkan di sudut-sudut ruangan juga dapat menjaga rumah Anda dari gangguan serangga seperti kecoa dan semut.

12. Cuka Putih


Cuka juga bisa menghilangkan bau cat. Dengan cara menyediakan wadah yang berisi cuka putih lalu letakan wadah tersebut tidak jauh dari ruangan yang baru saja dicat.

Diamkan cuka dalam wadah tersebut semalaman. Sambil menggunakan cuka, kamu juga dapat membuka jendela dan ventilasi untuk dapat mempercepat penyerapan bau cuka. 

13. Nanas


Anda juga bisa memanfaatkan buah nanas untuk menetralisir bau cat pada ruangan. Dengan memotong nanas menjadi beberapa bagian lalu letakan di sebuah piring dan letakan piring tersebut di sudut ruanngan.


Kesimpulan

Selain beberapa cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan kondisi ruangan sebelum di cat. Pastikan AC di ruangan tersebut mati, dan buka seluruh ventilasi sebelum melakukan proses pengecatan.

Pilihlah cat yang berkualitas baik seperti cat tembok Dulux Catylac Glow yang mengkilap, segera cek harganya di Klopmart sekarang juga.

Selamat mencoba!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya