Gypsum Aplus vs Jayaboard, Mana yang Lebih Bagus?

Memilih papan gypsum untuk penutup langit-langit atau plafon rumah memang tidak mudah. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, seperti kekuatan papan, kekokohan, dan apakah tahan air atau tidak. Jika papan gypsum tidak kokoh, maka bagian atap rumah Anda akan mudah bolong hingga berisiko ambruk. Begitu juga ketika gypsum tidak tahan terhadap air, maka plafon akan mudah berjamur dan bocor. Dari sekian banyak merek, gypsum Aplus vs Jayaboard adalah dua yang paling banyak digunakan. Namun, seperti apakah kualitas dari kedua papan gypsum ini?

Gypsum Aplus

gypsum aplus

Membandingkan perbedaan merk gypsum Aplus vs Jayaboard tentu saja harus mellihat dari sisi spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Soal gypsum Aplus, merek ini menawarkan beberapa tipe panel gypsum, antara lain gypsum standard, gypsum fire resistance, dan gypsum water resistance. Setiap tipe gypsum Aplus memiliki fungsi serta kegunaan sendiri.

Contohnya gypsum versi standard. Gypsum standard dirancang untuk penggunaan umum dengan kekokohan dan kekuatan yang tinggi untuk bangunan. Bahan materialnya terbuat dari batu gypsum kualitas premium serta kertas pelapis yang membuatnya tahan terhadap benturan. Beda lagi dengan gypsum fire resistance. Tipe papan gypsum ini dibuat dengan material mengandung fiberglass yang berfungsi sebagai bahan tambahan untuk ketahanan terhadap api. Selanjutnya, ada tipe gypsum water resistance dengan berbahan dasar kertas pelapis khusus sehingga memungkinkan pemasangan papan di area dengan kelembaban tinggi.

Selain memiliki tipe gypsum khusus, Aplus juga memiliki spesifikasi umum yang disematkan pada seluruh model papan gypsumnya. Spesifikasi paling umum dari papan gypsum Aplus adalah semua tipe dapat digunakan sebagai material partisi maupun plafon. Semua papan gypsum Aplus juga tahan terhadap panas, lembap, perubahan cuaca, dan kedap suara. Meskipun kokoh, gypsum Aplus tidak berat. Sebaliknya, justru relatif ringan dan fleksibel untuk dibentuk, dipotong, dan dipasang.  

Baca juga: cara menghitung volume plafon gypsum

Gypsum Jayaboard

Sebagai pemain lama di bidang produksi papan gypsum berkualitas, merek Jayaboard sudah lebih dikenal dulu oleh para developer dan kontraktor di Indonesia. Para developer maupun kontraktor menggunakan gypsum Jayaboard untuk proyek pembangunan gedung maupun perumahan. Satu hal yang disukai oleh kontraktor dan developer dari gypsum Jayaboard adalah teknologi anti lendut yang sudah terbukti hingga pemasangan rangka 60 cm.

Teknologi anti lendut gypsum Jayaboard juga didukung dengan bobot papan yang ringan sehingga mudah untuk dipasang maupun dipotong sesuai dengan kebutuhan. Meskipun begitu, kekuatan inti papan gypsum Jayaboard tetap konsisten, dengan bagian tepinya yang lebih kuat. Jadi, soal bobotnya yang ringan tidak akan memengaruhi performanya.

Spesifikasi lain yang ada pada papan gypsum Jayaboard adalah material utama yang terbuat dari kertas pelapis bagus. Kertas pelapis membuat papan tidak gampang jamuran akibat kelembapan ruang maupun cipratan air. Karena pelapis ini jugalah papan gypsum Jayaboard tidak gampang bolong, jebol, dan ambruk.

Baca juga: cara pasang plafon gypsum

Perbandingan harga gypsum Aplus vs Jayaboard

Meskipun spesifikasi gypsum Aplus vs Jayaboard sama bagusnya, harga kedua papan gypsum ini lumayan berbeda. Sebagai papan gypsum yang lebih dulu ada, harga gypsum Jayaboard menawarkan rentang harga yang lebih mahal daripada Aplus. Namun, tentu saja harga tersebut sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.

  • Harga gypsum Aplus 9 mm
    Jumlah Lebar Papan Harga
    1-19 Lembar Rp 55.000 / lembar
    20-49 Lembar Rp 52.500 / lembar
    50-149 Lembar Rp 48.000 / lembar
    150 Lembar ke Atas Rp 44.000 / lembar
  • Harga gypsum Jayaboard 9 mm
    Jumlah Lebar Papan Harga
    1-49 Lembar Rp 67.500 / lembar
    50-99 Lembar Rp 65.000 / lembar
    100-149 Lembar Rp 63.500 / lembar
    150 Lembar ke Atas Rp 62.500 / lembar

Nah, itulah tadi ulasan perbandingan gypsum Aplus vs Jayaboard. Untuk masalah kualitas, keduanya sama bagusnya. Namun, dari segi harga, keduanya berbeda. Anda bisa memutuskan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan bujet kantong. Untuk pembelian papan gypsum Aplus dan Jayaboard, bisa Anda lakukan secara online melalui website Klopmart.


Sumber rujukan:

  • https://cvkarunia.com/news/detail/42/merek-gypsum-terbaik-serta-perbedaan-gypsum-aplus-dan-knauf
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya