Atap & Lantai

Genteng Spandek serta Kelebihan dan Kekurangannya

Media
03 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Genteng spandek adlaah salah satu jenis atap yang sering dipergunakan para pemilik rumah dan bangunan sebagai penutup atap. Genteng spandek berbeda dengan ganteng-genteng lainnya, khususnya pada ukuran luas permukaannya. Genteng ini berupa lembaran-lembaran yang terbuat dari camputran seng dan aluminum. Beberapa merk menggunakan campuran tambahan silikon untuk menambah daya lentur dari genteng ini. Mari kita perhatikan keunggulan dan kelemahan dari genteng spandek
 

Kelebihan genteng spandek

Berikut adalah keunggulan yang menjadi andalan penggunaan genteng spandek pada atap bangunan:

  1. Proses pemasangannya cepat, karena luas area yang dapat ditutup selembar genteng spandek jauh lebih besar dibandingkan genteng-genteng lain yang lebih kecil ukuran dimensinya.
  2. Proses pengerjaan pemasangan genteng yang mudah. Dapat digunakan pada rangka atap baja ringan dan hanya memerlukan sedikit tenaga kerja.
  3. Kuat dan ringan, karena terbuat dari campuran logam seng dan aluminum dengan komposisi 43% logam seng, 55% logam aluminum, sisanya bahan silikon. Karena bobotnyayang ringan, tidak membebani struktur rangka atap dan  bangunan di bawahnya. Genteng spandek cocok untuk area yang sering dilewati angin berkecepatan tinggi.
  4. Fleksibel dan mudah dibentuk sesuai bentuk atap.
  5. Usia pakainya cukup panjang bahkan dapat mencapai dua puluh tahun. Cukup panjang, bukan?
  6. Dapat dicat sehingga dapat digunakan dengan pilihan warna yang sangat luas dan variatif. Hal ini menambah nilai estetika rumah, karena warna cat genteng dapat disesuaikan dengan warna dinding rumah.
  7. Atap spandek tahan terhadap keropos dan tahan terhadap jamur dan serangan rayap maupun serangga lainnya.
  8. Harganya terjangkau. Genteng spandek adalah pilihan yang tepat jika dana pembangunan rumah kita terbatas.
  9. Proses perbaikan dan penggantian yang mudah dan cepat.

Baca juga: Harga Genteng Berdasarkan Material yang Digunakan
 

Kekurangan genteng spandek:

Diantara banyaknya kelebihan genteng spandek yang dimanfaatkan pada penggunaat atap, berikut adalah beberapa kekurangannya:

  1. Berisik saat hujan. Air hujan yang turun terkena genteng jenis ini menimbulkan bunyi yang lumayan berisik. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan, khususnya bagi Anda yang tidak senang atau terganggu dengan bunyi seperti ini. Atap dengan penutup jenis ini perlu didesain untuk memiliki ketinggian lebih dari permukaan lantai ruangan di bawahnya. Hal ini untuk mengurangi kebisingan. Insulasi aluminum foil juga dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan tersebut.
  2. Temperatur ruangan di bawahnya cukup tinggi saat cuaca panas. Logam seng dan aluminum memang adalah material-material yang memiliki sifat konduktor panas yang baik. Hal ini akan menimbulkan panas diruangan di bawah genteng spandek. Jarak atap yang tinggi serta dilapisi aluminum foil di sisi bagian bawah genteng dapat membantu mengurangi tingginya temperatur.

Walaupun genteng spandek sering digunakan untuk banguunan gudang dan pabrik, tetapi genteng ini juga banyak digunakan oleh rumah tinggal. Penggunaan untuk rumah tinggal tentunya juga dengan pengetahuan tentang cara menyiasati kekurangan-kekurangan yang ada.

Genteng spandek tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan saat digunakan, Anda perlu mngetahuinya terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan. Salah satu kelebihan dari genteng spandek yang menarik adalah dapat di cat sehingga kita bisa mendapatkan warna yang unik dan personal. Jika Anda tertarik melakukan pengecatan genteng, Klopmart menyediakan harga cat genteng no drop dengan harga distributor dan berbagai pilihan yang dapat menyesuaikan berbagai kebutuhan.

Baca juga: Daftar Merk Cat Genteng Yang Bagus dan Tahan Lama

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya