Konstruksi

Dinding Roster Bata Merah serta Macam-Macam Roster Lainnya

Media
07 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Dinding roster bata merah salah satu jenis roster yang paling umum digunakan sebagai media ventilasi untuk rumah-rumah tropis. Dinding bukan hanya sebagai pagar atau pembatas tetapi juga berfungsi sebagai saluran ventilasi sehingga kesejukkan rumah dapat terjaga.

Istilah roster sendiri berasal dari kata dalam bahasa Belanda yaitu 'rooster' yang berarti 'kisi-kisi'. Sesuai namanya, bata roster memiliki kisi-kisi atau sela yang dapat berfungsi sebagai sistem ventilasi.

Awal-awalnya, sistem ventilasi ini diterapkan pada dinding bata ekspos dengan menyusun batu bata sedemikian rupa hingga mendapatkan lubang sebagai lubang angin atau saluran udara dan juga estetika.

Pada perkembangannya, dinding dari bata rooster banyak juga digunakan sebagai penunjang dekorasi yang mempercantik rumah dan bangunan. Jika kita kreatif menyusunnya, misalnya dengan diselang-seling, akan menimbulkan efek pencahayaan dan bayangan yang menarik. Hal ini akan memperkuat sebuah desain ruangan atau bangunan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan bata roster, pahami terlebih dahulu jenis-jenisnya serta kelebihan dan keunggulannya dalam pembahasan berikut ini.

Macam-macam Roster yang Tersedia di Pasaran

Saat ini, roster dibuat dari bermacam-macam bahan. Yang umum ada di pasaran adalah:

1. Roster Semen

Berwarna abu-abu semen. Disebut juga roster batako. Tampilannya yang terkesan kokoh dan unfinished cocok untuk gaya desain industrial yang minimalis. Harganya lebih murah dibandingkan roster  tanah liat, tetapi lebih kuat. Variasi pola motifnya juga cukup banyak walaupun warnanya sama.

2. Roster Tanah Liat

Roster ini memiliki tampilan seperti bata merah oven, karena memang juga terbuat dari tanah liat yang dibakar. Tampilannya terkesan natural tetapi kurang begitu kuat dibandingkan roster batako. Roster tanah liat juga disebut dengan nama lain, yaitu: roster genteng dan roster terakota.

3. Roster Kayu

Harganya sedikit lebih murah dibandingkan roster keramik tetapi tetap lebih mahal dibandingkan roster tanah liat. Roster yang terbuat dari kayu ini memiliki motif ukiran yang terkesan tradisional dan natural sehingga cocok untuk rumah atau bangunan dengan gaya etnik dan tradisional. Perlu diingat bahwa kayu cenderung tidak tahan udara lembab dan serangan rayap, maka Anda dapat menggunakan pernis kayu untuk perawatannya.

4. Roster Keramik

Jenis roster ini adalah jenis yang paling mahal harganya dari ketiga jenis sebelumnya. Karena dibuat dari keramik, roster ini memiliki berbagai pola, motif, dan warna. Tampilannya mengkilap dengan warna-warni dan motif menarik. Roster jenis ini mudah perawatannya.

5. Roster GRC

Karena dibuat dari GRC (Glassfibre Reinforced Concrete), yaitu material komposit (campuran) dari beton dan serat kaca, roster ini dapat dibuat dengan ukuran besar dan lebih tipis dan rumit motifnya. Karakteristik lainnya adalah kuat, tahan alkali dan ringan.

6. Roster Logam

Roster jenis ini dibuat dari logam besi cor, stainless steel, aliminum, bahkan kuningan. Desainnya yang minimalis dan modern cocok untuk gaya desain minimalis dan industrial.

Kelebihan Dinding Roster Bangunan

Berikut adalah kelebihan penggunaan roster dibandingkan jenis dinding lainnya:

  1. Dinding rumah dan bangunan selain berfungsi sebagai penyekat, dapat juga berfungsi sebagai ventilasi udara. Dengan menggunakan bata roster, Anda dapat memastikan sirkulasi udara dapat terjaga.
  2. Kesejukkan temperatur udara di dalam rumah dan bangunan dapat dijaga karena sirkulasi udara dapat mengalir baik.
  3. Cahaya matahari dapat masuk ke dalam area rumah dan bangunan melalui area dinding yang tidak berjendela. Hal ini mengurangi kelembaban dan juga menambah pencahayaan alami untuk interior rumah.
  4. Karena kesejukkan terjaga, listrik dapat dihemat dari pengurangan penggunaan AC.
  5. Karena cahaya dapat masuk, listrik dapat dihemat dari pengurangan pemakaian lampu di pagi hingga siang hari.
  6. Motif roster yang menarik dapat menjadi unsur dekorasi dari rumah dan bangunan secara keseluruhan.
  7. Harga roster jenis bata relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis roster lainnya, seperti roster beton. Selain itu, dengan harga roster yang murah, Anda dapat mendapatkan berbagai banyak pilihan motif.

Kekurangan Dinding Roster Bangunan

Berikut adalah kekurangan penggunaan roster dibandingkan jenis dinding lainnya:

  1. Perlu diperhatikan area privasi yang akan dipasangi roster, karena perlu diingat bahwa area tersebut akan menjadi mudah terlihat dari luar.
  2. Angin dan debu dapat terbawa masuk ke dalam rumah dan bangunan sehingga perlu bijaksana dalam penempatan dinding roster.
  3. Perlu memperhatikan arah mana dinding roster akan menghadap untuk menghindari masuknya cahaya matahari yang terlalu banyak. Ruangan yang diharapkan terang malahan menjadi ruangan yang silau.
  4. Tidak dapat digunakan sebagai dinding utama yang menyangga beban bangunan karena kurang kuat. Hanya dapat digunakan sebagai penyekat.
  5. Pemasangan harus cermat karena tidak memiliki sistem penguncian, sehingga perlu tukang yang terampil.

Itulah penjelasan tentang dinding roster bata merah yang dapat Anda jadikan panduan. Bata roster merupakan salah satu material yang sedang banyak digandrungi oleh banyak orang. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan. Dinding dengan bahan roster menawarkan segudang kelebihan, mulai dari harga, fungsinya sebagai sistem ventilasi, dan juga motif. Tetapi, Anda juga harus paham akan kekurangannya seperti pemasangan yang cukup sulit dan detil, sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Pemasangan bata roster haruslah dilakukann dengan peralatan dan bahan yang tepat. Klopmart menyediakan berbagai bahan konstruksi yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan konstruksi Anda dengan harga yang kompetitif.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya