Besi Bangunan

4 Pilihan Detail Tangga Beton untuk Interior Hunian Anda

Media
02 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tangga beton adalah salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan. Selain fungsinya yang digunakan sebagai alat untuk bisa naik ke lantai selanjutnya, tangga ini juga bisa menjadi salah satu elemen estetika yang akan menambah kesan menarik dalam rumah. Ada banyak detail tangga beton yang bisa menambah kesan menarik. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang akan bisa digunakan pada rumah Anda.

promosi klopmart

Berbagai Keuntungan Menggunakan Tangga Beton

Tangga beton memiliki banyak manfaat yang akan bisa membuat Anda semakin yakin untuk menggunakannya di rumah Anda. Berikut ini keuntungan menggunakan tangga beton:

1. Perawatannya Mudah

Salah satu keuntungan signifikan dari tangga beton adalah materialnya yang membutuhkan sedikit perawatan dan tidak akan menimbulkan suara seperti tangga kayu atau logam.

2. Material yang Aman

Beton adalah pilihan yang aman karena dapat menangani beban berat dan benturan tinggi. Sedangkan bahan lain yang kurang tahan lama dan lebih mahal seperti batu, kayu, atau marmer dapat pecah, bengkok, atau retak. Selain itu, beton tahan api, oleh karena itu sering digunakan untuk tangga darurat.

3. Anti Karat

Tidak seperti logam/baja, beton tidak berkarat saat terkena uap air, juga tidak melengkung, mengembang, atau pecah seperti kayu.

4. Mudah Dibentuk atau Dikustomisasi

Keuntungan lain menggunakan tangga beton yaitu mudah digunakan dan mudah dibentuk, serta tidak memerlukan pemasangan yang merepotkan. Inilah yang membuat beton nyaman dan serbaguna.

Pegangan tangan juga jauh lebih mudah masuk ke beton. Beton juga dapat diperkuat dengan batang baja untuk meningkatkan daya tahannya dan mampu menangani beban dan benturan yang lebih berat. Orang sering khawatir bahwa beton tampak begitu polos dan kusam, namun bahan yang satu ini bisa Anda kustomisasi agar tampak menarik dan bagus.

Detail Tangga Beton Untuk Anda

Tangga beton dalam ruangan sangat modis tetapi karena berada di dalam ruangan, hal ini harus dipertimbangkan dengan matang pada awal konstruksi dan tidak dapat menjadi pemikiran setelahnya.

Oleh karena itu, beberapa ide di bawah ini mungkin akan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang bingung memilih model dan desain seperti apa yang diinginkan.

1. Desain Tangga Beton Melengkung

 Desain Tangga Beton Melengkung

Ruang tamu dengan tangga melengkung yang elegan akan bisa terlihat sangat menarik. Bayangkan mendekorasi desain tangga beton ini untuk berbagai macam acara. Pasti akan terlihat luar biasa dengan semua ornamen.

Detail tangga beton ini sangat cocok untuk pasangan yang menyukai tangga melengkung.

Baca juga: Cara Buat Tangga dari Baja Ringan dengan Benar dan Mudah

2. Tangga Beton Berbentuk L

 Tangga Beton Berbentuk L

Desain berbentuk L ini sangat cocok untuk rumah modern. Apalagi jika rumah Anda tidak terlalu besar. Tangga beton ini memiliki ruang di bawahnya di mana Anda dapat meletakkan televisi, lemari, atau benda lainnya untuk menghemat ruangan. Pilihan pegangan dari kaca ataupun besi akan bisa memantapkan kesan modern di rumah Anda.

3. Detail Tangga Beton Berbentuk Spiral

 Detail Tangga Beton Berbentuk Spiral

Ingin terlihat classy? Maka detail tangga beton yang membentuk spiral ini adalah pilihan Anda. Keuntungan dari bentuk spiral adalah adanya ruang di bawah dari tangga untuk meletakkan meja atau bahkan rak buku.

Anda dapat membuat ruang di bawah tangga menjadi area nyaman dengan berbagai macam hiasan yang juga bisa semakin memperkuat kesan klasik dari rumah.

Baca Juga: 7 Desain Rak Bawah Tangga Terpopuler

4. Floating Stair

 Floating Stair

Ini bisa menjadi pilihan yang sangat unik, memberikan estetika tersendiri untuk hunian Anda. Tangga yang terlihat menggambang tanpa adanya penopang adalah sesuatu yang bisa membuat orang-orang heran.

Tangga beton akan ditopang oleh struktur dinding. Anda juga bisa memilih untuk menambahkan pegangan atau tidak. Hati-hati bagi orang tua yang memiliki anak kecil, karena jenis tangga ini cukup berbahaya.

Cara Membuat Detail Tangga Beton yang Benar

Setelah mengetahui berbagai pilihan tanggal beton, selanjutnya Klopmart akan membahas bagaimana cara membuatnya.

Berikut ini cara membuat tangga beton yang baik dan benar:

1. Mengetahui Bagian-Bagian Tangga Beton

Bagian Bagian Tangga

Bagian-Bagian Tangga https://www.stair-parts.com/

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami bagian-bagian dari konstruksi tangga beton.

  • Handrail

Bagian tangga beton yang satu ini merupakan salah satu bagian penting dari tangga karena dapat memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Tidak ada ukuran pasti, namun secara umum handrail berada diukuran 90 cm hingga 100 cm.

  • Baluster

Selanjutnya adalah baluster, yang merupakan komponen vertikal yang mengisi antara handrail dan bagian pijakan kaki.

Memiliki fungsi sebagai pengaman bagian samping tangga. Selain itu, baluster juga akan menjadi pegangan bagi buah hati Anda.

  • Newel Post

Selanjutnya adalah tiang yang memisahkan antara baluster satu dengan baluster lainnya. Anda dapat menemukan bagian ini pada model tangga yang memerlukan lekukan untuk menggapai lantai teratas.

  • Tread

Tread atau pijakan adalah permukaan tangga yang digunakan orang untuk melangkah naik dan turun tangga.

  • Wall Stringer

Tread atau pijakan harus dipasang pada stringer ini. Wall stringer artinya stringer yang menghubungkan treads dan riser ke dinding. Akan terlihat apabila salah satu sisi dari anak tangga rata dengan dinding yang berdekatan.

  • Bullnose

Bullnose adalah bagian pinggiran anak tangga. Bagian ini berfungsi untuk membuat sudut pijakan tangga tidak tajam (aman) dan terlihat estetis

  • Structural Cut Stringer

Bagian ini memiliki peran vital pada tangga beton, karena berfungsi untuk menahan beban. Jadi, bagian ini harus dibuat dengan perhitungan yang matang, agar dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Bekisting Tangga yang Baik dan Benar

  • Riser

Seperti yang terlihat di gambar, riser merupakan bagian tangga yang berdiri vertikal di antara anak tangga. Untuk membuatnya diperlukan perhitungan untuk menentukan ketinggiannya.

Cara paling mudah yang dapat dilakukan yaitu dengan membagi total ketinggian tangga dibagi dengan jumlah anak tangga.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

  • Border

Bagian terakhir adalah border yang merupakan salah satu bagian tangga yang jarang ditemukan. Hal ini karena hanya ditemukan pada tangga yang memiliki model L maupun leter U.

Digunakan sebagai tempat beristirahat sebelum naik ke bagian tangga berikutnya, karena tangga yang bermodel L atau U memiliki jarak lebih jauh dibanding tangga model biasa.

2. Menentukan Model dan Pondasi

Setelah mengenal bagian-bagian tangga, selanjutnya Anda perlu menentukan model dan membuat pondasi. Ada banyak model tangga rumah yang dapat Anda tiru mulai dari tangga model industrial, multifungsi hingga tangga model melengkung.

Baca Juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

Perlu Anda ketahui, model tangga beton yang dipilih akan mempengaruhi bentuk pondasi yang akan Anda buat nantinya. Selain itu, perhatikan juga luas ruangan Anda dalam memilih model rumah.

3. Membuat Bekisting

Cara membuat selanjutnya adalah memperhatikan spesifikasi tangga secara detail.

Adapun spesifikasi yang harus Anda perhatikan yaitu luas dan lebar tangga dan anak tangga, kemiringan tangga, dan ketinggian tangga.

Untuk kemiringan dan ketinggian tangga akan bergantung pada seberapa lebar ruangan yang akan Anda gunakan untuk membangun tangga. Sementara itu, untuk lebar anak tangga, ukuran yang digunakan Indonesia ada di kisaran 30 hingga 33 cm.

Untuk lebar anak tangga yang umum digunakan di Indonesia berada dikisaran 30 cm-33 cm. Kemudian ketinggian dan kemiringannya akan disesuaikan dengan lebar ruangan yang akan Anda gunakan.

Baca juga: Berapa Ukuran Standar Tangga Darurat untuk Gedung?

4. Memasang Rangka Tangga

Di tahap selanjutnya, Anda akan membuat fisik tangga beton. Prosesnya sangat bergantung pada bahan yang Anda gunakan. Ikatlah seluruh bagian tangga rumah Anda dengan memilih bahan-bahan yang berkualitas seperti baja atau beton yang dijual di Klopmart.

5. Finishing

Di tahap ini, Anda akan sudah dapat melakukan proses pengecoran. Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan pengecoran secara menyeluruh.

Biarkan beton mengering selama kurang lebih 12 jam sebelum Anda membongkar bekisting. Apabila Anda menggunakan bordes, akan lebih baik untuk menunggu 1 minggu agar bagian tersebut siap dan aman digunakan.


Kesimpulan

Itulah beberapa detail tangga beton yang bisa Anda jadikan inspirasi ketika ingin membangun rumah impian. Semoga informasi ini bisa membantu. Bagi Anda yang mencari besi beton, maka cek harga besi beton ulir di Klopmart, temukan harga yang cocok untuk Anda. Yuk mari kunjungi website kami sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya