Atap & Lantai

13 Inspirasi Desain Toko Minimalis yang Menarik

Media
07 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda mencari desain toko minimalis yang efisien? Klopmart memiliki inspirasi desain yang bisa Anda jadikan referensi. Anda bisa memaksimalkan pengalaman belanja pelanggan dengan memberikan tampilan tata letak toko, pencahayaan, dan visual merchandising yang menarik. Supaya Anda mendapat gambaran yang lebih jelas, mari simak inspirasi desain toko yang minimalis di bawah ini. 

Apa Saja Fungsi dari Desain Toko?

Desain toko memiliki beberapa fungsi penting yang dapat membantu Anda menciptakan tampilan toko yang menarik dan efisien. Fungsi utama desain toko untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. 

Saat Anda memaksimalkan tata letak toko, pencahayaan, dan visual merchandising, toko Anda dapat membantu pelanggan menemukan produk yang dicari dengan mudah dan memberikan suasana yang menyenangkan saat berbelanja.

Selain itu, desain toko juga memiliki fungsi untuk mempromosikan merek dan meningkatkan penjualan. Penempatan produk yang strategis dapat membantu menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan minat untuk membeli. 

12 Inspirasi Dekorasi Toko Minimalis

Sebelum melakukan dekorasi pada toko minimalis, sebaiknya buat terlebih dahulu konsep dekorasi dengan matang, sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas dalam mendekorasi toko jadi lebih menarik. Berikut ini beberapa inspirasi dekorasi toko minimalis yang dapat diterapkan. 

1. Tata Letak yang Efisien


Menampilkan tata letak yang efisien dapat membantu pelanggan menemukan produk yang mereka cari dengan mudah. Gunakan rak yang bersih dan minimalis untuk menampilkan produk andalan Anda. Pertimbangkan juga untuk menempatkan produk yang sering dicari oleh pelanggan di dekat pintu masuk toko.

2. Pencahayaan yang Baik


Produk di toko Anda akan terlihat lebih menarik bila memiliki pencahayaan yang baik. Gunakan pencahayaan yang cerah dan alami jika memungkinkan. Pastikan juga tidak ada sudut gelap di toko Anda. Pencahayaan juga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk pelanggan.

Baca juga: Tips Rumah Hemat Energi dari Memanfaatkan Pencahayaan Alami

3. Visual Merchandising yang Menarik


Visual merchandising yang tepat dapat membantu meningkatkan penjualan dengan menarik perhatian pelanggan pada produk tertentu. Pertimbangkan untuk membuat tampilan produk yang menarik, seperti penggunaan warna-warna yang kontras dan memperhatikan detail produk.

4. Pemilihan Warna yang Tepat


Gunakan warna yang sesuai dengan konsep toko minimalis Anda, bisa dengan memilih warna yang cerah dan kontras untuk menarik perhatian pelanggan. Bisa juga dengan memilih warna yang lebih tenang dan netral untuk menciptakan suasana yang santai. Pastikan pelanggan Anda merasa nyaman dengan pemilihan warna yang tepat di toko tersebut. Bila perlu, pilih warna yang estetis agar pelanggan tertarik mengambil foto di toko minimalis Anda. 

5. Interior yang Menarik


Interior dapat memberikan dimensi yang menarik pada tampilan produk. Anda bisa menggunakan interior yang berbeda untuk menampilkan produk dengan cara yang menarik, seperti penggunaan kain atau kayu. Bila Anda menggunakan dekorasi kayu, pastikan tampilannya menarik perhatian agar pelanggan mengambil foto di toko Anda dan mengunggahnya ke media sosial. 

6. Pemilihan Furnitur yang Cocok


Furnitur menjadi bagian penting dalam menciptakan tampilan toko yang cocok dengan merek dan konsep yang ingin Anda tampilkan. Pertimbangkan untuk menggunakan furnitur minimalis yang berpadu dengan merek Anda, atau furnitur yang menciptakan suasana yang sesuai dengan produk yang dijual.

Baca juga: 7 Furniture Rumah Minimalis Kebutuhan Wajib yang Estetik

7. Tampilan Depan Toko yang Menarik


Desain toko minimalis lainnya bisa dengan memberikan tampilan depan toko yang menarik perhatian pelanggan yang sedang lewat. Pajang produk terbaru atau produk yang sedang populer untuk disimpan di depan toko. Pastikan tampilan tersebut bersih dan menarik agar orang yang lewat setidaknya melihat produk yang Anda jual. 

8. Pemilihan Dekorasi yang Sesuai


Dekorasi dapat membantu menciptakan tampilan toko yang menarik dan unik. Anda bisa menggunakan dekorasi yang sesuai dengan konsep minimalis di toko Anda, seperti tanaman atau lukisan. Bahkan Anda juga bisa mengoptimalkan tema dekorasi tertentu seperti florist, tema ruang angkasa, hingga monokrom. 

9. Penggunaan Ruang yang Efisien


Memaksimalkan penggunaan ruang yang efisien dapat membantu menciptakan tampilan toko yang luas dan terorganisasi. Anda bisa menggunakan rak yang tinggi untuk menampilkan produk. Bisa juga dengan menempatkan produk di dinding untuk memaksimalkan ruang. Hal ini juga bisa menarik perhatian pelanggan yang berkunjung ke toko minimalis Anda. 

10. Menjaga Kebersihan dan Keteraturan


Menjaga kebersihan dan keteraturan sangat penting dalam desain toko minimalis. Dua hal ini dapat membantu menciptakan tampilan toko yang bersih, rapi, dan profesional. Anda harus memastikan toko selalu terjaga kebersihannya dengan membersihkan lantai, meja, dan rak secara teratur. Selain itu, produk yang ditampilkan di toko harus selalu terjaga kebersihannya agar pelanggan merasa nyaman dan tertarik untuk membeli.

11. Ketersediaan Informasi Produk yang Jelas


Pelanggan harus dengan mudah mengetahui informasi tentang produk yang mereka cari, seperti harga, deskripsi, dan ukuran. Untuk memastikan ketersediaan informasi yang jelas, pertimbangkan untuk menempatkan label pada setiap produk yang menjelaskan informasi tersebut secara rinci. Selain itu, pastikan produk dikelompokkan dengan jelas dan terorganisasi, sehingga pelanggan dapat menemukan produk dengan mudah.

Baca juga: Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

12. Tata Letak Terbuka

Konsep ini menekankan penggunaan ruang dengan bijaksana, menghindari penghalang fisik yang berlebihan, dan menciptakan ruang yang terbuka, aliran yang lancar, serta tampilan yang terorganisir dengan baik.

Dengan begitu, tempatkan rak dan perabotan dengan jarak yang cukup, sehingga ruang terasa lebih luas dan lebih tertata.

13. Penggunaan Teknologi yang Tepat


Penggunaan teknologi yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi dan pengalaman belanja pelanggan di toko. Beberapa contoh teknologi yang dapat digunakan dalam desain toko meliputi pemindaian kode produk, self-checkout, dan kios informasi.

Pemindaian kode produk memungkinkan pelanggan untuk memindai produk dan memperoleh informasi terkait harga dan deskripsi produk. Selain itu, teknologi self-checkout memungkinkan pelanggan untuk memproses pembayaran dengan cepat dan mudah, menghemat waktu dan mengurangi antrian kasir.

Desain toko minimalis dapat membantu Anda menciptakan tampilan toko yang menarik, efisien, dan memaksimalkan pengalaman belanja pelanggan. Bila Anda mengikuti inspirasi dekorasi dan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat meningkatkan daya tarik toko dan meningkatkan penjualan.

Untuk memaksimalkan tampilan toko minimalis yang menarik perhatian pelanggan, Anda bisa mencari bahan dan peralatan dekorasi toko di Klopmart. Di toko ini jual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai untuk kebutuhan dekorasi toko minimalis Anda. Kunjungi Klopmart dan mulai dekorasi toko Anda sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://www.dekoruma.com/artikel/142704/desain-toko-kecil-depan-rumah-minimalis 

  • https://www.pinhome.id/blog/desain-toko-minimalis-kecil/

  • https://berita.99.co/desain-toko-kecil-depan-rumah-minimalis/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya