Home & Living

18 Desain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

Media
19 Jan 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Teras rumah tentu sengaja Anda hadirkan bukan sekadar sebagai pemanis rumah saja, melainkan juga memiliki tujuan yang jauh lebih fungsional yaitu sebagai tempat beristirahat sejenak. Agar dapat menjadi tempat bersantai yang nyaman, maka Anda memerlukan pertimbangan dari beberapa hal. Anda bisa memutuskan desain teras rumah minimalis seperti apa yang diinginkan kemudian mulai beralih dengan menentukan furniture dan tata letaknya.

Bingung mencari referensi desain teras rumah minimalis yang nyaman namun tetap menghadirkan unsur yang menarik? Tiru saja salah satu daftar ide desain teras rumah di bawah ini! 

Desain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

Berikut ini deretan ide desain teras rumah yang bisa Anda coba terapkan. Simpan list-nya, wujudkan sesegera mungkin untuk kenyamanan rumah Anda yang jauh lebih maksimal!

1. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Tanaman dan Halaman Hijau


Desain pertama teras rumah minimalis yang patut Anda coba jika ingin menciptakan suasana asri ialah dengan menambahkan beberapa tanaman hijau di beberapa bagian sudut pada teras. Pastikan juga Anda meletakkan tanaman pada posisi yang tepat, untuk semakin menambah nilai cantik teras Anda. Selain itu, juga bisa lho di teras ini ditaruh kandang hewan kesayangan Anda, misal kucing atau rumah anjing. 

Terbayang akan sangat menyenangkan sekaligus menenangkan, bukan? Duduk santai di pagi hari ataupun sore hari dengan menyeduh secangkir teh ditemani pemandangan hijau yang menyejukkan serta melihat hewan kesayangan bermain-main di halaman hijau teras. Bagaimana, ingin mencoba menerapkan desain teras ini?

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

2. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Meja Kecil


Merasa terbatas dengan luas teras rumah Anda yang terbilang cukup sempit? Tenang, semua bisa teratasi! Rekomendasi desain kedua untuk teras rumah yang bisa Anda coba tiru adalah teras sederhana dengan tambahan kursi dan meja kayu kecil di depan jendela, samping pintu masuk. 

Selain itu, untuk menambah kesan yang lebih cantik pada teras rumah Anda, coba berikan sentuhan tanaman hias yang digantung pada atap teras. Tentunya unsur tanaman hias ini tidak akan mengganggu ruang teras menjadi semakin sempit, melainkan kesan minimalisnya akan tetap terasa namun justru membantu nampak asri. 

3. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Klasik


Nuansa klasik pada teras Anda hadir dengan menambahkan penggunaan batu bata di area lantainya. Lalu, untuk membuat nuansa klasik ini semakin kental, Anda bisa sekaligus menambahkan  beberapa perabotan bergaya lama atau vintage. Seperti sepasang kursi goyang dan meja bergaya vintage yang terletak di bagian tengah. Adanya dua pilar serta pagar pembatas teras dan halaman rumah, tentu juga akan memberikan kesan klasik pada teras rumah Anda semakin hidup.

4. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Kursi Gantung


Menginginkan kesan homey tercipta pada teras rumah Anda? Tambahkan saja kursi gantung beserta beberapa bantal kecil yang nyaman untuk merehatkan bagian tubuh Anda dengan bersantai dan menghabiskan waktu di teras. Selain itu, agar area teras Anda selalu terasa teduh, tambahkan juga beberapa helai tirai tipis di tepi teras yang cukup menghalau panas dan teriknya sinar matahari.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

5. Desain Teras Rumah Minimalis Bohemian dan Rustic


Desain teras rumah minimalis ini cukup kerap diterapkan oleh beberapa tempat seperti kafe, toko roti, villa, hotel, dan masih banyak lainnya. Tentunya Anda juga bisa menerapkan konsep bohemian dan rustic ini ke teras rumah minimalis milik Anda. 

Desain teras berkonsep bohemian dan rustic pada umumnya selalu memberikan detail warna netral pada dinding. Jadi, Anda bisa menuangkan warna cat pada dinding seperti krem, cokelat, hijau dan warna serupa lainnya. Selain itu, tambahkan juga ornamen boho pada dinding, lantai, serta plafon teras. 

6. Desain Teras Rumah Minimalis Terbuka


Teras dengan ruangan terbuka ini nyatanya mampu memberikan tampilan rumah terasa lebih hidup. Ruangan outdoor rumah Anda akan terlihat sangat effortless namun tetap terasa nyaman meski hanya memiliki lahan sempit. Udara sejuk pun akan sangat mudah Anda hirup di setiap pagi hari. Sangat menyegarkan!

7. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Perpaduan Warna Colorful


Tidak ada salahnya Anda mencoba memadu padankan berbagai warna cerah ke dalam konsep teras rumah. Secara pasti teras rumah Anda akan memiliki nuansa ceria di setiap sudutnya. Untuk mempercantiknya, tambahkan juga ornamen-ornamen seperti lukisan dan memajangnya di dinding, tanaman hias berukuran kecil sebagai pemanis meja di tengah teras, bantal-bantal bercorak menarik untuk ditaruh di kursi agar membuat nyaman saat siapa pun duduk di kursi teras.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Kursi Besi Hollow Minimalis yang Cantik

8. Desain Teras Rumah Minimalis dan Artistik


Desain teras rumah minimalis yang satu ini memiliki sentuhan yang cukup berbeda. Sebab, meski dirancang secara sederhana, namun konsep artistik terlihat sangat kuat dilihat dari hiasan dekoratif lampu maupun mural yang ditempel pada permukaan dinding belakang teras.

9. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Kolam Ikan


Sangat menyenangkan bukan jika setelah seharian lelah bekerja, ketika sore telah tiba Anda menghabiskan waktu untuk istirahat meskipun hanya sekadar duduk santai di teras depan rumah? Jelas saja, benar adanya. Ditambah lagi jika saat Anda duduk di teras, terdengar suara gemercik air yang berasal dari kolam ikan peliharaan Anda. Tertarik untuk memiliki desain ini sebagai teras rumah kesayangan Anda?

10. Desain Teras Rumah Minimalis dan Modern


Menerapkan dua konsep sekaligus ke dalam desain teras rumah Anda? Menarik untuk dicoba nih! Mungkin sebelumnya belum pernah terbayangkan sama sekali di benak Anda bagaimana jadinya jika konsep minimalis bertemu dengan konsep modern secara bersamaan. Teras rumah akan berubah menjadi modern seketika setelah Anda menambahkan beberapa furniture rumah yang futuristik lalu sematkan juga lampu-lampu pendukung pencahayaan pada teras Anda. Siapa sangka konsep ini justru mampu membuat teras Anda semakin estetik.

Baca juga: Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

11. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Glass Rails


Umumnya, glass rails umumnya digunakan untuk balkon rumah, tetapi Anda juga dapat memasangnya pada teras rumah minimalis. Untuk memastikan kekokohan dan tampilan yang bagus, pastikan bahwa pondasi teras dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah.

12. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Kayu Bekas


Agar teras terlihat lebih menyatu dengan alam dan memiliki kesan yang segar, cobalah untuk menggunakan kayu pada seluruh bagian dinding, kayu pergola, dan jendela dengan dominasi kayu atau efek kayu bekas. Penggunaan kayu dapat memberikan daya tarik tersendiri pada teras minimalis, serta menciptakan suasana yang hangat dan nyaman untuk duduk-duduk bersantai di teras.

13. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Tema Monokromatik


Anda dapat menciptakan teras rumah minimalis dengan kombinasi warna hitam, putih, dan abu-abu. Namun, yang paling krusial adalah menyesuaikan desain teras dengan ukuran tanah yang ada agar tidak hanya terlihat bagus dan berfungsi dengan baik serta tidak terlalu menguras biaya.

Baca juga: 7 Warna Cat Tiang Teras Rumah yang Bagus Serta Estetik

14. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Batu Alam


Batu alam menjadi salah satu pilihan dekorasi rumah yang banyak diminati, terutama untuk area teras rumah. Anda dapat dengan mudah mendekorasi area teras rumah dengan cara menyusun batu alam sesuai kebutuhan. Untuk menambahkan sentuhan estetika yang lebih, tambahkanlah papan kayu sebagai alas yang dapat mempercantik tampilan area rumah.

15. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Nuansa Vintage


Dekorasi vintage ditandai dengan penggunaan dekorasi antik yang memberikan kesan hangat pada ruangan, dengan warna dominan yang hangat seperti coklat. Pada teras, hiasan seperti pot bunga antik atau hiasan estetik dapat menambahkan kesan vintage. Gabungkan dengan perabot minimalis untuk menciptakan tampilan teras yang cantik.

Baca juga: 10 Model Rak Bunga dari Besi untuk Dekorasi Rumah

16. Desain Teras Rumah Minimalis Lesehan


Jika Anda menyukai suasana santai, mungkin Anda dapat mencoba konsep teras ala lesehan di rumah. Untuk menerapkannya, Anda dapat memasang alas kayu yang dapat diduduki di teras rumah. Selanjutnya, tambahkan meja kecil, karpet, serta kursi mini di area teras untuk menciptakan suasana yang nyaman dan santai.

17. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Kursi Rotan


Mendekorasi area teras rumah dengan kursi rotan dapat memberikan kesan minimalis dan estetik yang menarik. Saat ini banyak tersedia model kursi rotan yang cantik dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Anda bisa mencoba untuk menambahkan kursi dan meja rotan di area teras rumah, serta menambahkan tanaman hias di sudut ruangan untuk menambah keindahan dan kesejukan.

Baca juga: Cara Membuat Keranjang dari Rotan dengan Mudah

18. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Nuansa Coklat


Konsep teras bernuansa coklat dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang menyukai estetika dalam dekorasi ruangan. Untuk menciptakan tampilan ini, Anda dapat menambahkan sudut teras dengan kursi-kursi kecil berbahan kayu yang disusun dalam satu baris. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan tanaman di sudut ruangan untuk mempercantik tampilan teras.

Nah itu tadi ide-ide soal desain teras rumah minimalis yang nyaman dan menarik. Yuk tiru salah satu desain tersebut! Dijamin mampu membuat hunian Anda nampak semakin estetik. Untuk membantu Anda melengkapi keperluan membangun teras rumah impian, Anda bisa mengandalkan Klopmart, toko bangunan online nomor satu di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan alat-alat konstruksi dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Mencari toko bangunan yang jual kebutuhan atap, dinding dan lantai untuk  teras rumah Anda? Klopmart solusinya! Yuk, segera hubungi tim Klopmart sekarang juga untuk melengkapi kebutuhan desain teras rumah minimalis yang Anda inginkan!

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/9-desain-teras-minimalis-yang-instagrammable-16847 
  • https://artikel.rumah123.com/11-teras-rumah-minimalis-paling-cantik-tampak-nyaman-untuk-bersantai-97170 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya