10 Desain Rumah Lahan Sempit Memanjang

Memiliki inspirasi desain rumah lahan sempit memanjang memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan kreativitas dan perencanaan yang tepat, Anda dapat membuat rumah yang indah dan efisien. 

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa tips dan ide yang dapat membantu Anda mengatasi masalah desain rumah di lahan sempit yang memanjang.

Inspirasi Desain Rumah Lahan Sempit Memanjang

Berikut ini beberapa desain rumah dengan lahan yang sempit memanjang versi Klopmart yang dapat membantu Anda mendapatkan referensi.

1. Memanfaatkan Bangunan Secara Vertikal

Memanfaatkan ruang secara vertikal adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah lahan yang sempit. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan desain multi-lantai, sehingga Anda dapat menambah ruang tanpa harus memperluas luas lahan. 

Desain ini juga dapat meningkatkan privasi dan menambah nilai estetika pada rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan taman vertikal atau ruang terbuka di atas lantai dua. Taman atau ruang terbuka ini akan menambah nilai estetika pada rumah Anda dan juga dapat digunakan sebagai ruang relaksasi.

Baca juga: Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

2. Mengusung Konsep Nada House Karya Fujiwarramuro Architects

Konsep Nada House yang dikembangkan oleh Fujiwarramuro Architects adalah sebuah konsep desain rumah yang mengeksplorasi hubungan antara ruang, cahaya, dan alam. Konsep ini mengutamakan penggunaan material alami serta mengusung efisiensi energi dengan memanfaatkan cahaya alami dari atap rumah dan menempatkan rumah dengan baik sesuai dengan iklim dan lingkungan sekitar. 

Desain Nada House juga mengedepankan kenyamanan dan privasi dengan menempatkan ruang-ruang pribadi dan terbuka dengan baik. Konsep Nada House merupakan konsep yang berkomitmen pada arsitektur ramah lingkungan yang mengedepankan kenyamanan, privasi, dan keselarasan dengan alam.

3. Menggunakan Konsep Serba Putih dan Atap yang Tinggi

Warna putih dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang, sementara langit-langit yang tinggi dapat memberikan kesan ruang yang lebih lega. Selain itu, Anda dapat menambahkan celah-celah besar di rumah. Celah-celah besar yang ditempatkan dengan baik dapat menambah cahaya alami dan udara segar ke dalam rumah, sehingga membuat ruangan terasa lebih segar dan nyaman.

Menciptakan ilusi ruang yang lebih luas pada rumah yang sebenarnya sempit dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi yang tepat dari warna, tinggi langit-langit, dan celah-celah besar.

4. Menyatukan Ruang Komunal (Ruang Berkumpul)

Menyatukan ruang komunal pada rumah dengan lahan sempit dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan perencanaan yang tepat dan kreativitas, Anda dapat menciptakan ruang komunal yang nyaman dan efisien.

Salah satu cara untuk menyatukan ruang komunal pada rumah dengan lahan sempit adalah dengan menggabungkan ruang-ruang yang berdekatan. Anda dapat menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur menjadi satu ruangan yang terbuka. Hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan memungkinkan interaksi antar anggota keluarga yang lebih baik.

5. Manfaatkan Ruang Bawah Tanah

Manfaat utama dari menggunakan ruang bawah tanah adalah menambah ruang tanpa harus memperluas luas lahan. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki lahan yang terbatas. Selain itu, ruang bawah tanah juga dapat digunakan sebagai ruang yang lebih privasi karena terletak di bawah tanah.

Untuk membuat ruang bawah tanah lebih nyaman, Anda dapat menambahkan jendela atau lubang udara untuk menambah cahaya alami dan udara segar.

6. Menyembunyikan Penyimpanan Barang

Menyembunyikan penyimpanan barang pada lahan yang sempit dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni menggunakan rak atau lemari tersembunyi yang dapat digeser atau dilipat ke dalam dinding untuk menyimpan barang tanpa mengorbankan ruang.

Kedua, Anda dapat menggunakan tempat tidur yang dapat digulung ke dalam dinding atau digeser ke samping untuk menyimpan barang di bawahnya.

7. Menggunakan Perabot Multifungsi

Menggunakan perabot multifungsi dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi masalah ruang yang sempit pada lahan. Perabot multifungsi dapat digunakan untuk menyimpan barang tanpa mengorbankan ruang. 

Beberapa contohnya adalah meja lipat yang dapat digunakan sebagai meja makan atau meja kerja saat digunakan dan dapat digulung atau dilipat ke dalam dinding saat tidak digunakan, kursi lipat yang dapat digunakan sebagai kursi tamu saat digunakan dan dapat digulung atau dilipat ke dalam dinding saat tidak digunakan

Selain itu, menggunakan perabot multifungsi juga dapat menambah estetika rumah Anda. Perabot multifungsi yang dirancang dengan baik dapat menjadi elemen yang menarik dan menambah kesan modern pada rumah Anda.

8. Gunakan Kasur Tingkat untuk Efisiensi Ruang

Kasur tingkat atau tempat tidur tingkat adalah jenis tempat tidur yang memiliki dua atau lebih tingkat yang dapat digunakan untuk menyimpan barang di bawahnya.

Kasur tingkat juga dapat digunakan sebagai pilihan untuk kamar anak-anak, karena dapat menyediakan ruang tidur yang cukup untuk anak-anak tanpa harus mengorbankan ruang untuk penyimpanan barang.

9. Penggunaan Jendela Besar

Penggunaan jendela besar pada rumah sempit dapat menjadi cara yang efektif untuk menambah cahaya alami dan memberikan kesan ruang yang lebih luas. Jendela besar dapat digunakan untuk menambah cahaya alami di dalam rumah, yang dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang.

Selain itu, jendela besar dapat digunakan untuk memberikan pemandangan yang indah dari luar, sehingga membuat ruangan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Jendela besar juga dapat digunakan untuk menambah udara segar ke dalam rumah sehingga mengurangi kandungan karbon dioksida.

Anda dapat menempatkan jendela besar pada bagian atas dinding atau langit-langit untuk menambah kesan ruang yang lebih luas. Anda juga dapat menggabungkan jendela besar dengan jendela kecil untuk menambah cahaya alami dan memberikan kesan yang lebih estetik.

10. Tingkatkan Menjadi 3 Lantai

Meningkatkan rumah menjadi 3 lantai dapat menjadi cara yang efektif untuk menambah ruang tanpa harus memperluas luas lahan. Dengan menambah tingkat, Anda dapat menambah kamar tidur, kamar mandi, dan ruang penyimpanan tanpa harus memperluas luas lahan.

Selain itu, meningkatkan rumah menjadi 3 lantai juga dapat memberikan pemandangan yang indah dari lantai atas. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kesan yang lebih modern dan elegan pada rumah Anda.

Menambah tingkat pada rumah yang sempit juga dapat meningkatkan nilai jual rumah. Rumah dengan konfigurasi 3 lantai dapat menjadi pilihan yang lebih menarik bagi calon pembeli yang mencari ruang yang lebih luas tanpa harus membeli lahan yang lebih besar.

Baca juga: 6 Ide Pemanfaatan Lahan Sempit di pekarangan Rumah

Setelah menentukan desain yang ingin digunakan untuk rumah Anda, pastikan untuk menggunakan bahan material berkualitas untuk menghasilkan hasil akhir desain yang kokoh dan rapi. Misalnya dengan menggunakan semen instan MU 100 yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya dan dapat membantu dalam membangun rumah impian.

Anda dapat menemukan produk semen instan MU 100 berkualitas dan berbagai macam bahan bangunan lain yang dapat membantu desain rumah lahan sempit memanjang hanya di Klopmart.

Sumber rujukan:

  • www.popbela.com/career/inspiration/nurul-ayu-utami/foto-desain-rumah-lahan-sempit?page=all 
  • properti.kompas.com/read/2013/09/30/1930418/bentuk-rumahnya-panjang-tapi-sempit-begini-trik-mendesainnya?page=all 
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya