10 Inspirasi Desain Rumah di Pegunungan yang Memanjakan Mata

Memiliki desain rumah di pegunungan merupakan suatu pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam sambil menikmati kenyamanan rumah sambil tetap menikmati kenyamanan rumah yang modern.

promosi klopmart

Pemandangan yang indah, udara yang segar, dan privasi yang luar biasa adalah beberapa dari banyak keuntungan yang ditawarkan oleh tinggal di pegunungan. Berikut beberapa desain rumah di pegunungan yang akan menginspirasi Anda.

Inspirasi Desain Rumah di Pegunungan yang Terlihat Indah

1. Rumah dengan Konsep Klasik

Desain rumah di pegunungan yang menarik dipandang adalah desain klasik yang mengingatkan pada rumah-rumah tradisional Indonesia. Desain ini menampilkan sentuhan arsitektur kolonial dengan ukuran rumah yang besar dan halaman yang luas. Untuk menambah daya tariknya, desain ini dapat ditambahkan dengan sentuhan modern seperti penggunaan jendela yang besar.

2. Rumah dari Kayu

Desain rumah dari kayu di pegunungan dapat menampilkan estetika alami dan rustik yang indah. Kayu dapat digunakan untuk struktur utama rumah, lantai, dinding, dan atap.

Untuk meningkatkan kestabilan struktur dan perlindungan dari cuaca ekstrem, kayu dapat diolah dengan berbagai cara seperti diperkuat dengan bahan lain atau dilapisi dengan lapisan pelindung. Desain rumah kayu di pegunungan juga dapat mengintegrasikan jendela dan teras untuk menikmati pemandangan alam.

Baca juga: Mengenal Struktur Atap Dak Beton yang Mulai Populer

3. Rumah Panggung

Rumah panggung adalah jenis rumah yang didirikan di atas tiang-tiang atau pilar. Desain rumah panggung bervariasi, namun umumnya terdiri dari lantai dasar yang terbuka dengan ruang tamu, dapur, dan ruang makan, serta lantai atas yang digunakan sebagai kamar tidur. 

Beberapa rumah panggung juga memiliki teras atau balkon di lantai atas. Desain ini sangat cocok digunakan di daerah pegunungan karena memungkinkan air untuk mengalir di bawah rumah.

4. Desain Rumah Tradisional

Desain rumah di pegunungan yang sangat menarik dan unik adalah rumah tradisional. Rumah ini didesain dengan menggabungkan elemen arsitektur rumah adat yang khas. Desain ini sering digunakan di daerah pegunungan karena memiliki kesan alami dan sederhana yang cocok dengan lingkungan pegunungan. 

Dari segi arsitektur, rumah tradisional biasanya dibangun dengan menggunakan kayu dan batu sebagai material utama. Hal ini membuat rumah terlihat lebih alami dan sesuai dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, villa ini juga dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur, serta teras atau balkon yang menghadap ke pemandangan alam yang indah. Desain rumah tradisional di pegunungan ini sangat cocok bagi mereka yang mencari kesegaran dan keindahan alam yang asli.

5. Mengusung Konsep Villa Bali

Sebaiknya tidak melewatkan konsep yang satu ini, desain ini merupakan rumah dengan konsep villa Bali yang terkenal dengan nuansa tropis yang kental. Desain ini sangat menonjol dan membuat villa Bali menjadi unik dan memiliki karakteristik tersendiri. 

Desain villa Bali biasanya didominasi oleh warna-warna hijau yang mencerminkan ke-asrian dan kealamian dari Bali itu sendiri. Rumah Bali sangat identik dengan aneka tanaman tropis yang menambah kesan hijau dan segar pada desain rumah tersebut. Salah satu tanaman yang menjadi ciri khas villa atau rumah Bali adalah pohon kemboja Bali, yang sering digunakan sebagai hiasan di halaman villa. Pohon kemboja Bali ini memiliki bentuk yang unik dan warna bunga yang cantik sehingga menambah keindahan rumah.

Baca juga: Sangat Indah, Inilah 10 Desain Rumah Sederhana di Pinggir Pantai

6. Konsep Eropa Klasik

Apabila Anda lebih memilih desain yang mewah dan megah di rumah pegunungan, desain Eropa klasik sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Desain ini dianggap sebagai desain yang elegan dan klasik yang cocok untuk rumah-rumah mewah. 

Banyak rumah-rumah mewah di Indonesia yang menerapkan desain ini. Hal ini dikarenakan desain Eropa klasik memiliki nuansa yang mewah dan megah yang dapat membuat rumah terlihat lebih indah dan mengesankan. 

Desain ini juga menggabungkan elemen-elemen desain yang klasik, seperti kolom, arsitektur yang rumit, dan motif-motif yang klasik. Hasilnya pun tak mengecewakan, pasti memancarkan kesan megah yang kuat dan menambah kemewahan rumah Anda.

7. Rumah dengan Kolam Renang Air Panas

Rumah dengan kolam renang air panas di pegunungan merupakan kombinasi unik antara nuansa alam pegunungan dengan kenyamanan kolam renang air panas. Ada beberapa desain yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan kolam renang air panas ke dalam desain rumah di pegunungan. Salah satunya adalah dengan menempatkan kolam renang di luar ruangan, di depan atau di belakang rumah, sehingga pemandangan pegunungan dapat dinikmati saat berenang.

Desain ini membutuhkan perhatian khusus dalam hal lokasi dan orientasi agar pemandangan yang indah dari pegunungan dapat dinikmati seoptimal mungkin. Selain itu juga harus diperhitungkan faktor cuaca dan iklim pegunungan yang dapat memengaruhi kenyamanan kolam renang air panas. Namun dengan desain yang tepat, rumah dengan kolam renang air panas di pegunungan dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: 6 Desain Kolam Renang Dalam Rumah

8. Rumah dengan Konsep Bata Merah

Selain digunakan dalam desain interior rumah, konsep bata juga dapat diterapkan pada eksterior rumah dengan tujuan untuk memberikan kesan hangat dan nyaman. Konsep bata ini dapat dikombinasikan dengan aksen kayu agar tampak lebih menarik dan menambah kesan alami pada rumah tersebut. 

Untuk memaksimalkan unsur alami, dapat ditambahkan aksen tanaman rambat dan beberapa pohon kecil di sisi depan rumah. Hal ini akan memberikan kesan segar dan alami pada rumah tersebut, sehingga dapat memberikan kesan yang nyaman dan menyegarkan bagi penghuninya.

9. Rumah dengan Halaman yang Luas

Rumah dengan halaman luas di pegunungan merupakan pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan koneksi dengan alam dan lingkungan yang sejuk. Halaman luas ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti bersantai atau bermain.

Selain itu, halaman luas ini juga dapat digunakan untuk menambahkan fitur-fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan seperti taman, atau bahkan lapangan olahraga. Selain itu, dapat digunakan untuk menambahkan tanaman-tanaman yang dapat meningkatkan kualitas udara dan menambah kesan segar pada lingkungan.

Baca juga: Wajib Tahu! 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

10. Rumah dengan Kebun, Kolam Ikan dan Gazebo

Rumah di pegunungan dengan kebun, kolam ikan dan gazebo merupakan pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan koneksi dengan alam dan lingkungan yang sejuk dan senang berkumpul.

Kebun akan menambahkan unsur alami pada rumah tersebut serta meningkatkan kualitas udara dan menambah kesan segar pada lingkungan. Sedangkan kolam ikan dapat digunakan untuk hobi berkebun ikan dan dapat menambahkan kesan alami pada rumah.

Menambahkan gazebo berguna untuk berbagai keperluan seperti bersantai, berkumpul dengan keluarga dan teman, atau bahkan untuk acara-acara tertentu. Gazebo juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan kolam ikan dan pegunungan yang indah.


Jika sudah memilih desain rumah yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan bahan berkualitas untuk hasil akhir yang kuat dan rapi. Yakni menggunakan semen instan MU 100 dari Klopmart yang merupakan produk terbaik di kelasnya dan dapat membantu mewujudkan rumah impian Anda.

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik memiliki desain rumah di pegunungan?

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya