Home & Living

7 Desain Ruang Makan Semi Outdoor yang Menarik

Media
18 Jan 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Desain ruang makan semi outdoor saat ini telah menjadi favorit banyak orang. Nuansa ruangan yang lebih fresh dan hangat dapat meningkatkan keharmonisan bersama keluarga. Tidak perlu ruang terbuka yang luas atau taman hijau, ruang makan semi outdoor lebih minimalis untuk desain rumah Anda. Sebelum memutuskan menggunakan konsep ini, lebih baik jika Anda mengetahui berbagai inspirasi desain ruang makan semi outdoor terlebih dahulu.

Menggunakan konsep ruang makan semi outdoor biasanya sangat cocok digunakan di negara tropis. Hal ini dikarenakan suhu yang tidak terlalu ekstrim sehingga suasana makan menjadi lebih nyaman. Saat di negara 4 musim, tentunya penggunaan ruang makan semi outdoor ini tidak cocok saat salju.

Tapi, Anda mungkin dapat mencoba mengaplikasikan konsep ini tanpa perlu akses langsung ke ruang terbuka. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Inspirasi Desain Ruang Makan Semi Outdoor

Masih ragu menerapkan ruang makan semi outdoor? Tenang, Anda dapat melihat-lihat inspirasi desain ruang makan semi outdoor terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Berikut ini merupakan beberapa inspirasi desain yang menarik untuk Anda coba.

1. Industrial

Dapur Semi Outdoor Industrial

Gaya industrial memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bingung menentukan desain ruangan atau hunian. Untuk membuat ruang makan semi outdoor dengan gaya industrial, Anda dapat mencoba konsep open kitchen. Jadi, ruang makan dan dapur menyatu dalam satu ruangan. Berikan akses jendela atau pintu kaca super besar untuk memberikan pencahayaan alami. Anda dapat meletakkan open kitchen dan ruang makan ini tepat mengarah ke ruang terbuka di rumah.

2. Green Space

Ruang Makan Semi Outdoor Green Space

Ingin sensasi makan di ruang hijau tanpa perlu benar-benar di luar ruangan? Desain ruang makan ini mungkin akan sangat cocok untuk Anda. Ornamen utama dalam desain yang satu ini adalah sentuhan tanaman hidup dan perabotan dengan warna alami. Konsep green space ini juga sangat cocok diberi pencahayaan alami dengan peletakan pintu/jendela kaca besar di sampingnya.

Baca juga: Jenis Cat yang Cocok untuk Dapur Anda agar Tahan Lama

3. Scandinavian

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Scandinavian

Pernah tertarik dengan scandinavian style yang sempat viral? Konsep tersebut dapat menjadi inspirasi ruang makan semi outdoor impian Anda. Penggunaan perabotan dengan warna-warna natural ditambah akses ke ruang terbuka membuat ruang makan menjadi sangat homey. Memberi kesan hangat dan nyaman, ruang makan Anda bahkan cocok untuk sekedar bercengkrama bersama keluarga.

4. Pondok

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Pondok

Apabila Anda memiliki ruang terbuka seperti kolam renang dan taman, desain pondok cocok untuk dipertimbangkan. Berikan lokasi strategis yang mengarah ke pemandangan terbaik ruang terbuka Anda, kemudian fasilitasi dengan sebuah pondok dengan atap. Jika tidak, Anda juga bisa memanfaatkan teras terbuka yang mengarah ke open space. Menyantap hidangan sembari menikmati cerahnya cuaca pastinya akan membuat suasana yang fresh.

5. Minimalis

Ruang Makan Semi Outdoor Minimalis

Tidak punya banyak ruang kosong tapi ingin ruang makan semi outdoor? Tenang, desain minimalis ini dapat menjadi solusi tepat untuk Anda. Berikan akses langsung ke pintu utama atau belakang rumah, sehingga ruang makan mendapatkan kesan outdoor dengan pencahayaan alami. Jika ingin memberi kesan lebih alami dan sejuk, tambahkan tanaman hijau di luar ruang makan. Pemandangan dan nuansa outdoor pun tetap dapat Anda rasakan.

6. Lesehan

Lesehan

Ruang makan Jepang dengan konsep lesehan sendiri memang cukup menarik perhatian sebagian orang. Menyantap hidangan dengan konsep lesehan memberi kesan lebih santai dan nyaman. Ingin ruang makan semi outdoor lesehan? Desain ini sangat cocok untuk Anda. Sembari menyantap makanan, Anda dapat menikmati suasana outdoor karena akses jendela atau pintu dengan kaca transparan besar. Jika menginginkan udara segar, Anda tinggal membuka pintu/jendela tersebut.

Baca juga: 11 Model Jendela Dapur Minimalis

7. Eropa Minimalis

Dapur Semi Outdoor Eropa Minimalis

Anda berada di tempat dengan suhu dingin tapi ingin ruang makan semi outdoor? Desain yang satu ini memungkinkan Anda untuk mewujudkannya. Sandingkan dengan perapian, sehingga ketika suhu dingin Anda tetap bisa makan dengan nyaman. Aplikasikan dengan warna-warna netral dan homey sehingga kesan eropa minimalis semakin terasa.

Tips Membuat Ruang Makan Outdoor

Masih bingung bagaimana cara membuat ruang makan outdoor? Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar ruangan tidak hanya estetik tetapi juga fungsional. Berikut adalah beberapa tips membuat ruang makan outdoor nyaman dan indah yang dapat Anda coba.

1. Pilihlah Lokasi Yang Tepat

Carilah tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup, namun tidak terlalu terik, serta terhindar dari angin kencang. Hindari ruangan terbuka yang dekat dengan jalan utama area rumah Anda, hal tersebut dapat mendatangkan berbagai macam gangguan. Bukannya nyaman dan mendapatkan kesan natural, suara berisik orang lalu-lalang serta berhadapan langsung dengan angin justru membuat Anda tidak betah.

2. Sediakan Meja dan Kursi yang Nyaman

Carilah meja dan kursi yang terbuat dari bahan tahan air dan tahan cuaca. Perabot utama ini sangat penting untuk diperhatikan. Apabila Anda tertarik menggunakan konsep semi ataupun full outdoor tetapi perabotan tidak tahan air dan tahan cuaca, maka berpotensi cepat rusak. Hal ini dikarenakan konsep yang dipilih memungkinkan perabotan terkena paparan sinar matahari ekstrim, curah hujan dan gangguan cuaca lainnya.

Baca juga10 Model Meja Dapur Cor Minimalis yang Unik

3. Sediakan Perlindungan dari Sinar Matahari

Anda dapat menggunakan payung atau pergola untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari yang terik. Apabila menggunakan sistem pondok, tips yang satu ini tentunya sudah Anda pertimbangkan.

4. Tambahkan Penerangan

Gunakan lampu atau lilin untuk memberikan penerangan yang cukup saat Anda makan malam di luar. Konsep pemanfaatan cahaya alami cukup menghambat ketika Anda menyantap hidangan malam hari. Oleh karena itu, pastikan tetap memberikan penerangan yang cukup.

5. Tambahkan Tanaman dan Aksesori

Gunakan pot-pot kecil dengan tanaman atau bunga-bungaan untuk memberikan warna dan kehidupan ke ruang makan outdoor Anda. Anda juga dapat menambahkan aksesori seperti karpet atau permadani untuk memberikan nuansa yang lebih nyaman.

Baca juga: Wajib Tahu! 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

6. Jaga Kebersihan

Jangan lupa untuk sering membersihkan meja dan kursi, serta menyapu lantai ruangan makan outdoor Anda agar tetap bersih dan nyaman untuk digunakan. Apabila ruang makan kotor dan penuh dedaunan atau ranting, pastinya Anda tidak berminat untuk menghabiskan waktu makan di sana.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai desain ruang makan semi outdoor yang dapat Anda coba. Sebelum memutuskan untuk desain ruang makan semi outdoor, perhatikan terlebih dahulu lokasi yang dipilih. Apakah strategis dan nyaman digunakan untuk makan, dengan tetap memberikan sentuhan estetik. Menambahkan tanaman hijau dapat membuat ruang makan jadi lebih sejuk.

Kesan alami memang lebih disarankan untuk desain ruang makan semi outdoor. Tetapi, Anda dapat memberikan sentuhan estetik dengan menggunakan gypsum dalam pembuatan beberapa ornamennya. Ketahui tempat jual gypsum terdekat untuk mempermudah proses desain Anda. Membutuhkan perlengkapan lainnya? Yuk kunjungi Klopmart sekarang juga, solusi kebutuhan material terlengkap.

Sumber rujukan:

  • https://berita.99.co/ruang-makan-outdoor/
  • https://www.88bangunan.co.id/wap/article_view.php?id=883

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya