Konstruksi

7 Cara Membuat Desain Kandang Merpati Sederhana

Media
07 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ketika memelihara merpati, Anda akan membutuhkan desain kandang merpati sederhana yang baik. Bisa berbentuk ruang hidup yang lebih dari sekadar kandang. Apalagi jika Anda memelihara merpati untuk hobi atau ingin menjualnya kembali, maka akan sangat wajib untuk harus memberi mereka tempat berlindung yang kokoh.

Rumah merpati sederhana memiliki konstruksi yang kokoh, tidak menempel di tanah, dan mudah dibersihkan. Anda dapat membangun rumah merpati dengan bahan bangunan yang dapat ditemukan di toko perkakas setempat.

Langkah Membuat Desain Kandang Merpati Sederhana

Klopmart akan menyajikan bagaimana cara membuat desain dari sebuah kandang merpati dengan mudah khusus untuk Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika membuat desain untuk sebuah kandang merpati

1. Membuat Ukuran

Langkah pertama untuk membuat kandang merpati sederhana adalah dengan membuat ukuran. Ukurlah area atau tempat di mana Anda akan mendirikan kandang.

Anda dapat menggambarkan area ini untuk skala pada selembar kertas grafik. Ukuran yang paling pas untuk satu burung adalah sekitar 70 cm2.


2. Bahan

Cari tahu berapa banyak dari setiap materi yang Anda butuhkan. Ini adalah langkah penting berikutnya dalam membuat desain kandang merpati sederhana.

Berapa potongan terbesar akan dibutuhkan untuk luas permukaan atap dan lantai serta bagian belakang dan samping. Anda mungkin tidak memerlukan dinding belakang jika membangun kandang menempel pada suatu dinding.

Jika Anda membangun kandang di luar, Anda harus mempertimbangkan apakah kandang tersebut tahan cuaca? Faktor cuaca ini bisa Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan lembaran logam atau mengecat kandang merpati tersebut

Penahan cuaca penting karena kandang yang lembab dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat membahayakan burung merpati.

Anda juga akan membutuhkan kayu plywood atau triplek yang cukup untuk membangun luas permukaan dinding dan lantai bagian luar dan dalam serta lembaran logam yang cukup untuk menutupi atap dan dinding luar kandang merpati Anda. Kalkulasi dengan ukuran yang Anda tentukan sebelumnya.

Untuk menentukan jumlah tertentu:

  • Lantai dan atap - kalikan panjang dengan lebar untuk mendapatkan ukuran cm persegi.
  • Untuk dinding - kalikan panjangnya dengan lebarnya lalu kalikan dua untuk dinding samping.
  • Bagian belakang - kalikan panjang dengan lebar dalam cm persegi.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Triplek Untuk Berbagai Macam Keperluan

Desain rangka dengan memperhatikan pengukuran dari tempat yang sebelumnya sudah Anda buat. Perhatikan juga bahan yang akan diperlukan. Gambar rangka untuk desain lantai terlebih dahulu. Setelah itu mulai gambar bagian rangka dinding dan juga atap untuk kandang merpati.

4. Dinding

Pembuatan desain dinding untuk kandang burung merpati sebenarnya tidak terlalu sulit. Sesuaikan saja dengan rangka yang sudah digambar sebelumnya. 

Baca juga: Pembatas Ruangan dari Triplek untuk Hunian

5. Atap

Selanjutnya untuk atap, pastikan membuat atap yang memiliki kemiringan untuk bisa memiliki drainase air yang baik. Gambar desain atap dengan kemiringan atap 20-30 derajat. Gunakan bahan dari metal seperti seng agar kandang merpati bisa lebih awet nantinya.

6. Jendela

Selain sangat baik untuk sirkulasi udara, jendela juga akan mempercantik desain kandang yang Anda buat. Jadi, pastikan Anda menggambar desain untuk jendela saat membuat kandang merpati Anda.

Jendela ini akan bisa ditutup dengan kawat atau wire screen untuk mencegah merpati terbang keluar. Ukurannya bisa Anda sesuaikan dengan ukuran kandang.


7. Pintu

Buatlah desain pintu kandang burung merpati sesuai dengan keinginan Anda. Pasanglah pintu yang sudah dibuat sesuai ukuran sangkar dan burung. Buatlah kunci seperti pengait untuk menjaga keamanan dari pintu untuk tidak terbuka begitu saja.

Merawat merpati membutuhkan desain kandang yang baik dan sederhana. Desain kandang yang tepat harus kokoh, tidak menempel di tanah, dan mudah dibersihkan. Langkah-langkah dalam membuat desain kandang meliputi pembuatan ukuran, pemilihan bahan, pembuatan rangka dan lantai, dinding, atap, jendela, dan pintu.

Penting untuk memperhatikan faktor cuaca dan kebutuhan merpati agar kandang menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi mereka. Klopmart adalah sumber yang dapat dipercaya untuk memenuhi kebutuhan material dan alat untuk membuat kandang merpati yang baik.

Semoga dengan hal ini Anda akan bisa membuat kandang merpati sederhana yang baik dan bagus, cari tahu juga mengenai harga triplek teakwood untuk kandang burung Anda di Klopmart sekarang juga.

Baca juga: Cara Membuat Kandang Hamster dari Triplek dengan Mudah

 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya