Cara Membuat Desain Kandang Merpati Sederhana

Ketika memelihara merpati, Anda akan membutuhkan desain kandang merpati sederhana yang baik. Bisa berbentuk ruang hidup yang lebih dari sekadar kandang. Jika Anda memelihara merpati untuk hobi atau ingin menjualnya kembali, maka akan sangat wajib untuk harus memberi mereka tempat berlindung yang kokoh. Rumah merpati sederhana memiliki konstruksi yang kokoh, tidak menempel di tanah, dan mudah dibersihkan. Anda dapat membangun rumah merpati dengan bahan bangunan yang dapat ditemukan di toko perkakas setempat. Berikut ini adalah cara membuat desain dari sebuah kandang merpati dengan mudah khusus untuk Anda.
 

Membuat Desain Kandang Merpati Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika membuat desain dari sebuah kandang merpati.
 

1. Membuat Ukuran

Ukur area di mana Anda akan mendirikan kandang. Gambarkan area ini untuk skala pada selembar kertas grafik. Ukuran yang paling pas untuk satu burung adalah sekitar 70 cm2.
 

2. Bahan

Cari tahu berapa banyak dari setiap materi yang Anda butuhkan. Potongan terbesar akan dibutuhkan untuk luas permukaan atap dan lantai serta bagian belakang dan samping. Anda mungkin tidak memerlukan dinding belakang jika membangun kandang menempel pada suatu dinding. Jika Anda membangun kandang di luar, Anda harus mempertimbangkan apakah kandang tersebut tahan cuaca. Bisa menggunakan lembaran logam atau mengecatnya.

Penahan cuaca penting karena kandang yang lembab dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat membahayakan burung merpati.

Anda akan membutuhkan kayu plywood atau triplek yang cukup untuk membangun luas permukaan dinding dan lantai bagian luar dan dalam serta lembaran logam yang cukup untuk menutupi atap dan dinding luar. Kalkulasi dengan ukuran yang Anda tentukan sebelumnya.

Untuk menentukan jumlah tertentu:

  • Lantai dan atap - kalikan panjang dengan lebar untuk mendapatkan ukuran cm persegi.
  • Untuk dinding - kalikan panjangnya dengan lebarnya lalu kalikan dua untuk dinding samping.
  • Bagian belakang - kalikan panjang dengan lebar dalam cm persegi.
     

3. Rangka & Lantai

Desain rangka dengan memperhatikan pengukuran dari tempat yang sebelumnya sudah Anda buat. Perhatikan juga bahan yang akan diperlukan. Gambar rangka untuk desain lantai terlebih dahulu. Setelah itu mulai gambar bagian rangka dinding dan juga atap.
 

4. Dinding

Untuk pembuatan desain dinding sebenarnya tidak terlalu sulit, sesuaikan saja dengan rangka yang sudah digambar sebelumnya. 

Baca juga: Pembatas Ruangan dari Triplek untuk Hunian
 

5. Atap

Untuk atap, pastikan membuat atap yang memiliki kemiringan untuk bisa memiliki drainase air yang baik. Gambar desain atap dengan kemiringan atap 20-30 derajat. Gunakan bahan dari metal seperti seng untuk bisa lebih awet nantinya.
 

6. Jendela

Jendela akan sangat baik untuk sirkulasi udara, pastikan Anda menggambar desain untuk jendela saat membuat kandang merpati Anda. Jendela ini akan bisa ditutup dengan kawat atau wire screen untuk mencegah merpati terbang keluar. Ukurannya bisa Anda sesuaikan dengan ukuran kandang.
 

7. Pintu

Buatlah desain pintu kandang sesuai dengan keinginan Anda. Pasanglah pintu yang sudah dibuat sesuai ukuran sangkar dan burung. Buatlah kunci seperti pengait untuk menjaga keamanan dari pintu untuk tidak terbuka begitu saja.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai kandang burung merpati. Semoga dengan hal ini Anda akan bisa membuat kandang merpati sederhana yang baik dan bagus, cari tahu juga mengenai harga triplek teakwood untuk kandang burung Anda di Klopmart sekarang juga.

Baca juga: Cara Membuat Kandang Hamster dari Triplek dengan Mudah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Jun 2021

Related Article