15 Inspirasi Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3X3 yang Estetik

Cobalah menerapkan desain kamar tidur lesehan ruangan 3x3 di rumah Anda. Ide ini terdengar brilian bagi pemilik hunian berukuran kecil. Kamar tidur berukuran sempit ini akan menciptakan ruangan yang terasa lebih lapang dengan gaya lesehan. Anda pun bisa menaruh beberapa barang penting selain kasur di dalam kamar tidur jika menerapkan gaya lesehan ini.

Kamar tidur lesehan tidak hanya menguntungkan pemilik rumah saja. Pemilik indekos juga bisa mencoba inspirasi di artikel ini agar kamar kosnya terlihat lebih menarik. Mahasiswa atau karyawan pasti langsung tertarik menyewa kamar kos di gedung indekos Anda setelah menerapkan desainnya. Mari kita lihat inspirasi desain kamar tidur lesehan di artikel ini.


Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3X3

Siapa bilang gaya lesehan tidak membuat kamar tidur menjadi lebih estetik? Gaya lesehan justru memaksimalkan setiap sudut dan ruang dalam kamar tidur. Anda tidak memerlukan dipan sebagai alas kasur sehingga kamar tidur terlihat lebih luas. Pasalnya, kamar berukuran 3x3 memang relatif sempit kalau terdapat dipan atau tempat tidur yang tinggi.

Kamar tidur berukuran 3x3 masih bisa diubah menjadi lebih estetik meski menerapkan gaya lesehan. Bagaimana caranya? Simak beberapa desain kamar tidur lesehan di bawah ini.

1. Serba Colorful

Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3X3 Serba Colorful

Desain penuh warna (colorful) mampu menghilangkan kesan membosankan pada kamar tidur. Anda cukup mengecat dindingnya dengan warna putih agar terkesan lebih luas. Tambahkan warna kesukaan Anda pada kasur, furnitur, dan dekorasi dinding agar terlihat lebih colorful. Namun, gunakan warna yang lembut pada dekorasi dinding sehingga memberikan kesan hangat.

2. Nuansa Elegan

Kamar Lesehan dengan Nuansa Elegan

Kamar tidur lesehan bisa disulap menjadi lebih elegan. Terapkan desain dinding slatted yang hanya dipasang pada setengah dindingnya saja.

Berikan dekorasi berupa karpet bulu dan lampu di beberapa bagian kamar supaya kamar tidur Anda terkesan lebih elegan. Hindari menempatkan terlalu banyak furnitur dan dekorasi supaya kesan elegannya tetap terjaga.

Baca juga: 15 Model Pintu Minimalis Elegan Paling Banyak Dicari

3. Kombinasi Warna Dinding

Kombinasikan Warna Dinding

Dinding bisa mengubah tampilan kamar secara drastis karena bagian ini sangat mendominasi. Daripada hanya menerapkan satu warna, Anda dapat mengecat dinding dengan kombinasi dua warna yang senada, contohnya oranye dan biru tua. Cobalah mengecat setiap sisi dinding dengan warna yang berbeda untuk kamar yang lebih unik.

4. Minimalis ala Jepang

Kamar Tidur Lesehan Minimalis ala Jepang

Filosofi Zen Minimalism ala Jepang telah banyak diterapkan di setiap negara, termasuk Indonesia. Uniknya, gaya minimalis Jepang justru akan membuat kamar terlihat lebih estetik. Terapkan unsur kayu pada tirai dan furnitur untuk menonjolkan kesan klasik. Waktu istirahat pun menjadi lebih berkualitas apabila Anda menerapkan gaya ini. 

5. Jendela Besar

Kamar tidur ukuran 3×3 dengan Jendela Besar

Kamar tidur lesehan ukuran 3x3 bukan alasan untuk tidak mendapatkan cukup pencahayaan. Anda justru dapat memasang jendela berukuran cukup besar di satu sisinya supaya lebih banyak pencahayaan yang masuk. Gunakan gorden transparan supaya kamar tidur Anda lebih menarik.

6. Serba Monokrom

Desain Kamar Tidur Ukuran 3x3 Serba Monokrom

Monokrom telah menjadi desain pilihan karena dianggap kekinian. Kamar tidur justru terlihat lebih sejuk dengan kehadiran keramik berwarna putih pada lantainya. Pajanglah dekorasi dinding berwarna monokrom supaya dindingnya tidak terkesan monokrom. Anda dapat memasang rak gantung supaya kamar tidak terkesan sempit daripada memajang rak buku.

7. Serba Floral

Serba Floral

Berikutnya, Anda dapat menerapkan desain floral pada seluruh bagian kamarnya, mulai dari seprai, cermin berbingkai floral, hingga rak berisi koleksi artificial plants. Desain kamar tidur lesehan 3x3 ini cocok untuk anak perempuan yang senang menyukai bunga-bunga. Namun, Anda pun dapat menerapkan desain floral karena menghasilkan kamar yang nyaman dan segar.

8. Lantai Kayu

Lantai Kayu

Elemen kayu melambangkan kelimpahan dan kesehatan. Mengapa Anda tidak menerapkannya saja pada kamar tidur? Cukup pasang HPL bercorak kayu pada lantai sehingga menghadirkan kesan klasik nan elegan. Anda akan merasakan sensasi sejuk ketika berjalan di atas lantai bercorak kayu.

Baca juga: 10 Material Lantai Untuk Rumah Anda

9. Wallpaper Tokoh Kartun

Wallpaper Tokoh Kartun

Sedang mencari desain kamar tidur lesehan ukuran 3x3 untuk anak? Terapkan saja wallpaper tokoh kartun di dindingnya. Posisi kasurnya bisa ditempatkan di tengah ruangan supaya mereka lebih leluasa saat bermain di kamar. Tambahkan rak buku di salah satu sisinya untuk menumbuhkan minat baca mereka.

10. Warna Pastel nan Lembut

Desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 Warna Pastel nan Lembut

Pastel dan warna soft lainnya dapat memberikan kesan luas pada kamar ukuran 3x3. Selain itu, warna ini bersifat menenangkan sehingga Anda lebih rileks saat beristirahat. Cobalah memasang wallpaper bercorak daripada mengecatnya supaya kamar Anda tidak terkesan monoton.

11. Permainan Motif di Kamar

Permainan Motif di Kamar

Terakhir, Anda dapat menerapkan berbagai motif yang menarik untuk membuat kamar terlihat lebih hidup. Motifnya dapat diterapkan pada seprai, gorden, karpet, atau pernak-pernik kamar tidur lainnya.

12. Bertema Industrial 

Bertema Industrial 

Saat ini, desain minimalis sedang menjadi favorit di kalangan masyarakat urban, terutama para milenial. Dalam merancang sebuah kamar kecil bergaya industrial, yang pertama harus diperhatikan adalah bagaimana mengoptimalkan penggunaan ruang tanpa menghilangkan nilai estetika. Gaya industrial sendiri dikenal berasal dari konsep kepraktisan dan pemanfaatan sumber daya yang ada dengan maksimal. Gaya ini mampu menampilkan keindahan dari benda-benda sederhana yang biasanya dianggap sebagai sampah oleh sebagian orang.

Baca juga: Konsep Rumah Minimalis Industrial yang Sedang Digemari

13. Bertema Ala Drakor 

Bertema Ala Drakor 

Tren dekorasi kamar ala Korea terinspirasi dari kamar tidur yang muncul dalam drama Korea. Banyak penggemar drakor yang ingin meniru gaya ini karena interior yang terlihat simpel dan estetik. Sprei minimalis dengan warna lembut serta kasur tanpa dipan dan ranjang menjadi ciri khas dekorasi kamar ala Korea yang dapat menghemat tempat.

Pemilik kamar juga dapat melengkapi dengan hiasan dinding, pernak-pernik kecil, dan tanaman hias. Penampilan kamar akan semakin cantik dan estetik saat terkena sinar matahari dari jendela. 

14. Desain Sederhana 

Desain Sederhana 

Jika Anda tinggal di wilayah perkotaan, memilih kamar tidur minimalis dengan ukuran 3x3 dapat menjadi solusi yang tepat. Tidak perlu membuat konsep yang rumit, karena dengan desain yang sederhana seperti ini kamar sudah dapat terasa nyaman dan fungsional.

Anda hanya perlu menyediakan ranjang, lemari pakaian, dan mungkin kursi dan meja kerja. Karena ukuran kamar yang terbatas, memasang banyak jendela dapat membantu sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Selain simpel, kamar tidur yang sederhana juga dapat menghemat biaya untuk dekorasi. 

15. Desain Mewah 

Desain Mewah 

Jangan anggap remeh ruangan dengan ukuran 3x3, karena sebenarnya masih dapat dirancang menjadi kamar tidur yang terlihat mewah dan elegan, serta terasa lebih luas. Anda dapat menata interior dan memilih furnitur yang tepat agar kamar tetap terkesan mewah.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, kamar dengan ukuran 3x3 dapat memberikan kesan seperti kamar hotel bintang lima. Pilihlah furnitur dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan memiliki desain yang simpel. Tambahkan bed cover dengan warna gelap yang polos. Beberapa lampu dinding berwarna kuning dapat memberikan kesan cozy dan nyaman, seperti di hotel.

Tips Menciptakan Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3x3 yang Terasa Lapang

Cara Menciptkan Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3x3 agar Terasa Luas

Berikut adalah 5 tips untuk menciptakan kamar tidur lesehan ukuran 3x3 yang terasa lapang dan sederhana:

1. Pilih Furnitur yang Minimalis

Pilih furnitur yang memiliki desain minimalis dan ringkas. Gunakan ranjang yang rendah atau matras lesehan, dan hindari furnitur berlebihan yang bisa mempersempit ruangan.

2. Warna Cerah dan Netral

Pilih skema warna yang cerah dan netral seperti putih, krem, abu-abu muda, atau pastel. Warna-warna ini membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dan terbuka.

3. Pencahayaan yang Baik

Gunakan pencahayaan yang baik dengan kombinasi cahaya alami dan buatan. Anda dapat memasang gorden yang transparan untuk membiarkan cahaya masuk dan membuat ruangan terasa lebih terang.

4. Penyimpanan Tersembunyi

Gunakan furnitur dengan penyimpanan tersembunyi seperti tempat tidur dengan laci di bawahnya atau rak dinding yang tidak memakan ruang lantai. Hal tersebut akan membuat kamar Anda tetap rapi dan terorganisir.

5. Hindari Kebanyakan Dekorasi

Untuk membuat kamar tidur lesehan terasa luas Anda perlu mempertahankan dekorasi minimalis. Beberapa dekorasi yang dapat Anda gunakan yaitu lukisan dinding yang simpel atau cermin besar untuk mempercantik ruangan tanpa membuatnya terlihat berantakan.

Baca juga: Ukuran Plafon Gypsum yang Harus Anda Pahami

Kesimpulan

Intinya, Anda hanya perlu kreativitas dan inspirasi untuk membuat kamar tidur bergaya lesehan menjadi lebih estetik. Inspirasi di atas tidak hanya berguna bagi pemilik rumah, tetapi juga pemilik atau penyewa indekos yang ingin mengubah tampilan kamarnya. Hidup merantau bagaikan di rumah sendiri karena tinggal di kamar kos yang didesain sesuai keinginan Anda.

Desain kamar tidur lesehan di atas bisa diterapkan ketika ingin membagi ruang yang luas menjadi dua bagian. Tentunya Anda membutuhkan gipsum sebagai material dinding penyekat yang cukup kuat, tetapi lebih fleksibel saat dipasang. Kini, Anda bisa mendapatkan gipsum lebih mudah hanya di Klopmart.

Gipsum yang tersedia di Klopmart memiliki kualitas bagus karena berasal dari merek terbaik di Indonesia. Anda akan mendapatkan harga grosir dan gratis ongkir sehingga lebih menghemat anggaran pembangunan kamar tidur. Langsung hubungi layanan jual gypsum terdekat dari Klopmart dan segera bangun kamar tidur impian Anda dengan gipsum berkualitas!

Material Bahan Bangunan

Semoga artikel desain kamar tidur lesehan ukuran 3x3 di atas bisa menjadi sumber inspirasi terbaik untuk Anda!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya