9 Desain Kamar Bayi Minimalis Terbaru 2023

Siapa yang tidak suka dengan keindahan desain kamar bayi minimalis? Bagi Anda yang sedang ingin menata ruang untuk sang buah hati, desain kamar bayi minimalis merupakan pilihan yang sangat tepat.

Kehadiran desain kamar bayi yang minimalis membuat orang tua tidak perlu khawatir lagi apabila tidak memiliki ruangan yang luas untuk kamar bayinya. Anda bisa menata kamar bayi minimalis yang nyaman dan menarik dengan beberapa tips yang akan dibagikan melalui artikel ini.

Desain Kamar Bayi Minimalis

Berikut ini beberapa desain kamar bayi minimalis yang bisa menjadi referensi Anda ketika menata ruang untuk sang buah hati.

1. Box Bayi Berdampingan

Menempatkan kotak bayi di samping atau bahkan terpasang pada tempat tidur orang tua saat ini menjadi tren yang berkembang. Ada beberapa kotak bayi yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Saat tidur bersama, Anda dapat dengan mudah membuka sisi yang terbuat dari kain. Saat bayi tertidur, Anda juga dapat menutupnya. Kotak bayi tersebut juga dapat dilepas dan dipindahkan ke tempat lain.

2. Kamar Bayi dengan Cat Netral

Desain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan warna dinding yang netral dan menenangkan karena cenderung memberi efek terang pada kamar bayi Anda. Pemilihan warna tidak dapat dimungkiri sangat berpengaruh agar ruangan tersebut terlihat luas. 

Gunakan warna-warna seperti putih, krem, atau abu-abu muda pada kamar bayi. Selain itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan wallpaper dinding dengan motif yang ramai. Hal ini untuk menghindari kamar Anda dan sang buah hati tidak terlalu ramai dan dan sesak.

Baca juga: 7 Warna Cat Tembok untuk Kamar Bayi yang Menggemaskan

3. Kamar Bayi dengan Sekat Tirai

Menggunakan tirai sebagai sekat pada kamar bayi dapat membantu membatasi area bayi dan area Anda dan pasangan. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat lebih teratur dan juga dapat memberikan privasi bagi bayi saat mereka tidur. 

Walaupun berada di ruangan yang sama, membiarkan anak bayi tidur di kotaknya dipercaya dapat membentuk sifat kemandirian ketika mereka dewasa nanti.

4. Kamar Bayi dengan Jendela Besar

Penggunaan jendela pada kamar bayi dapat membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Anda dapat menempatkan jendela pada dinding yang berlawanan dengan pintu masuk, sehingga cahaya alami dapat masuk dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan jendela yang lebih besar atau memasang jendela ganda untuk meningkatkan masuknya cahaya.

Pastikan jendela yang digunakan aman dan dapat dikunci agar bayi tidak mudah jatuh. Anda juga dapat menempatkan kaca rias atau mengaktifkan reflektif untuk meningkatkan cahaya dalam ruangan. Jangan lupa untuk mengatur jendela supaya cahaya tidak terlalu terang pada saat tidur bayi.

5. Desain Kamar Bayi dengan Kasur Serbaguna

Desain kamar bayi dengan kasur serbaguna dapat menjadi pilihan yang efisien dari segi ruangan dan biaya. Kasur serbaguna dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti tidur bayi, mainan, atau bahkan sebagai tempat duduk.

Anda dapat menempatkan kasur serbaguna di tengah ruangan dan mengelilinginya dengan rak atau lemari penyimpanan untuk mainan dan perlengkapan bayi. Anda juga dapat menambahkan rak atau gantungan untuk menyimpan baju bayi.

Anda dapat mengkombinasikan warna-warna pastel atau warna-warna yang lembut untuk memberikan kesan yang lebih menyenangkan pada kamar bayi. Pemilihan warna dinding yang cerah juga dapat membuat kamar terlihat lebih luas.

Baca juga: 7 Desain Kamar Bayi untuk Kenyamanan si Buah Hati

6. Desain dengan Sekat Minimalis

Salah satu dekorasi yang dapat Anda gunakan untuk kamar bayi adalah sekat rumah minimalis. 

Sekat ini berguna untuk membagi dua area di dalam ruangan, sekaligus memberikan kebebasan lebih dalam beraktivitas. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama di apartemen atau rumah yang memiliki ukuran minimalis.

7. Desain Kamar dengan Minim Furniture

Desain kamar bayi dengan minimal furniture dapat menjadi pilihan yang baik dari segi estetika dan praktis. Dengan menggunakan minimal furniture, kamar bayi akan terlihat lebih luas dan juga lebih mudah dalam perawatannya.

Anda dapat menempatkan kasur bayi yang kecil dan ringkas, dan dapat menambahkan meja kecil atau gantungan untuk menyimpan baju bayi.

8. Desain Kamar Bayi dengan Tema Pastel Senada

Warna-warna pastel saat ini sedang populer karena mampu menciptakan kesan yang hangat dan luas. Anda bisa mengaplikasikan desain ini pada kamar bayi Anda untuk menciptakan tampilan yang unik namun tetap menghadirkan suasana yang hangat. 

Untuk menciptakan desain kamar bayi dengan tema pastel, Anda bisa menambahkan furniture dan aksesoris dengan warna yang sama untuk menciptakan kesan yang terpadu. 

Pastikan untuk menambahkan cahaya yang cukup agar kamar terlihat terang dan hangat. Dengan menggabungkan elemen-elemen pastel yang lembut secara seimbang, Anda dapat dengan mudah menciptakan suasana yang nyaman di kamar bayi.

9. Desain Kamar Bayi dengan Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti tidur bayi, mainan, atau bahkan sebagai tempat penyimpanan.

Anda dapat menempatkan lemari multifungsi yang dapat digunakan sebagai tempat tidur bayi juga sebagai tempat penyimpanan baju dan mainan bayi. Selain itu, dapat menambahkan meja yang digunakan sebagai tempat menyusui dan juga sebagai tempat menyimpan buku atau mainan bayi.

Baca juga: 7 Inspirasi Furniture Rumah Minimalis yang Wajib Anda Miliki!

Kesalahan Dekorasi Kamar Bayi Minimalis yang Harus Dihindari

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dekorasi kamar bayi minimalis yang harus dihindari:

1. Tidak Mempertimbangkan Keamanan: 

Ketika menata kamar bayi, pastikan untuk mempertimbangkan keamanan sang buah hati. Jangan menempatkan barang-barang yang berbahaya atau tidak aman di dekat sang bayi.

2. Menggunakan Warna-Warna yang Terlalu Cerah

Meski warna-warna cerah dapat menambah kesan hidup di ruangan, tetapi terlalu banyak warna terang dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Sebaiknya pilih warna-warna yang lembut dan natural untuk menciptakan suasana yang tenang.

3. Tidak Memperhatikan Fungsi

Jangan hanya fokus pada penampilan estetis saja, pastikan juga untuk memperhatikan fungsi dari setiap barang yang Anda gunakan di kamar bayi. Pilih furniture yang memiliki banyak ruang penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan sang bayi.

4. Tidak Mempertimbangkan Kebutuhan Sang Bayi 

Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan sang bayi dalam menata kamar, seperti tempat tidur yang nyaman, area bermain yang aman, dan sebagainya.

5. Tidak Menjaga Kebersihan

Pastikan untuk menjaga kebersihan di kamar bayi agar sang bayi selalu merasa nyaman. Jangan lupa untuk rutin lap debu dan membersihkan barang-barang yang terdapat di kamar.

Setelah menentukan desain kamar bayi minimalis yang Anda inginkan, pastikan untuk mempersiapkan semua perkakas yang dibutuhkan agar proses penerapannya bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Kasur

Klopmart menyediakan bahan material terlengkap dan tentu saja tempat jual gypsum terdekat yang bisa diraih hanya melalui genggaman tangan. Semua proses pemesanan hingga pengiriman dijamin cepat, mudah, dan aman. Jadi, tunggu apalagi? Segera pesan bahan material yang Anda perlukan di Klopmart sekarang! Setelah bahan material diperoleh, Anda dapat memilih desain kamar bayi minimalis yang sesuai keinginan.

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-101616-desain-kamar-bayi-dan-orang-tua-id.html 
  • https://www.99.co/id/panduan/kamar-bayi-mewah 
  • https://www.pinhome.id/blog/kamar-bayi-mewah/ 

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article