7 Desain Kamar Bayi untuk Kenyamanan si Buah Hati

Membuat desain kamar bayi yang indah dan nyaman memang bukanlah tugas yang mudah. Tidak sedikit orang tua merasa bingung saat akan merancang ruangan yang nyaman untuk sang buah hati. Namun, Anda dapat menciptakan ruangan yang sempurna bagi sang buah hati dengan beberapa perencanaan dan pemikiran kreatif.

Jika Anda termasuk salah satu orang tua yang sedang mencari inspirasi desain kamar bayi, maka artikel ini akan menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Berikut adalah beberapa tips dan ide untuk membantu Anda menciptakan kamar bayi impian.

Desain Kamar Bayi yang Menggemaskan

Inilah beberapa desain yang mungkin akan menjadi referensi para orang tua merancang ruangan untuk si kecil.

1. Desain Kamar Bayi dengan Tema Alam

Desain kamar bayi dengan tema alam, seperti hutan atau pantai, adalah salah satu ide yang populer dan sering dipilih oleh orang tua. Desain ini dapat menciptakan suasana yang sejuk, segar, dan tenang di kamar bayi.

Anda dapat menambahkan wallpaper dengan gambar hutan atau pantai, bahkan menggunakan dekorasi yang terinspirasi dari alam, seperti kayu manis atau ranting pohon. Dengan desain seperti ini, kamar bayi akan terasa seperti sedang berada di tengah-tengah alam yang indah.

Baca juga: Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Mudah dan Cepat

2. Desain Kamar Bayi dengan Tema Hewan

Menggunakan tema hewan dalam kamar bayi akan terasa lebih hidup dan menyenangkan. Anda dapat menggunakan warna-warna yang cerah, seperti kuning, pink, atau hijau, serta menambahkan aksen-aksen mainan hewan, atau bahkan poster hewan. 

Dekorasi tambahan seperti boneka hewan atau permadani dengan gambar hewan juga merupakan ide yang baik untuk melengkapi kamar bayi.

3. Desain Kamar Bayi dengan Tema Warna Pastel

Desain kamar bayi dengan tema warna pastel atau soft color adalah salah satu ide yang cocok bagi orang tua yang menginginkan suasana yang tenang dan santai di kamar bayi. 

Warna pastel atau soft color seperti pink muda, biru muda, atau hijau muda dapat membuat kamar terlihat lebih lembut dan anggun. Anda dapat menggunakan warna pastel sebagai warna dasar untuk ruangan, lalu menambahkan aksen-aksen dengan warna-warna yang lebih terang atau bold.

Baca juga: 7 Warna Cat Tembok untuk Kamar Bayi yang Menggemaskan

4. Desain Kamar Bayi dengan Sentuhan Vintage

Desain ini dapat menciptakan kesan yang klasik dan elegan di ruangan. Menggunakan ide ini merupakan salah satu ide unik dan menarik bagi orang tua yang ingin memberikan nuansa berbeda di kamar bayi.

Anda dapat menggunakan warna-warna vintage seperti merah maroon, hijau tua, atau biru tua, bahkan menambahkan aksen-aksen seperti wallpaper dengan motif vintage dan perabotan dengan desain vintage. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan dekorasi seperti lampu atau poster-poster dengan tema retro untuk menambah kesan yang unik di kamar bayi.

5. Desain Kamar Bayi dengan Tema Luar Angkasa

Kamar bayi akan terasa seperti tempat yang luar biasa dan penuh dengan keajaiban. Anda dapat menambahkan dekorasi seperti lampu dengan bentuk planet atau bintang, atau bahkan menggantungkan gantungan baju dengan bentuk rocket di kamar bayi. Dengan desain seperti ini, kamar bayi akan terasa seperti tempat yang penuh dengan petualangan dan keajaiban bagi si kecil.

6. Desain Kamar Bayi dengan Tema Transportasi

Meski bayi masih belum paham mengenai transportasi, akan tetapi desain kamar bayi dengan tema transportasi adalah salah satu ide yang menyenangkan untuk dipandang. Penggunaan tema ini pada kamar bayi akan terasa seperti tempat yang penuh dengan aksi dan kegembiraan. 

Anda dapat menggunakan warna-warna yang cerah dan terang, seperti merah, kuning, atau biru, serta menambahkan wallpaper dengan gambar pesawat atau kereta api, mainan atau boneka dengan tema transportasi. Anda juga dapat menambahkan dekorasi seperti lampu dengan bentuk pesawat atau kereta api.

7. Desain Kamar Bayi dengan Tema Karakter Kartun

Desain kamar bayi dengan tema karakter adalah salah satu ide yang populer bagi orang tua yang ingin memberikan nuansa yang menarik di kamar bayi. Anda dapat memilih karakter yang sesuai dengan dengan usia bayi.

Selain itu, Anda dapat menggunakan warna-warna dan dekorasi yang sesuai dengan karakter yang telah dipilih.

Baca juga: 15 Desain Kamar Tidur Anak Perempuan yang Lucu

Tips Mendesain Desain Kamar Bayi

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mendesain desain kamar bayi:

1. Pertimbangkan Kebutuhan Si Kecil

Sebelum memulai mendesain, pertimbangkan kebutuhan si kecil, seperti tempat tidur yang nyaman, area main yang aman, dan tempat penyimpanan yang cukup.

2. Gunakan Lampu yang Sesuai

Lampu yang terlalu terang dapat mengganggu tidur si kecil, sehingga perlu dipilih lampu yang cukup terang tetapi tidak terlalu menyilaukan. Anda juga dapat menambahkan lampu tidur atau lampu baca di kamar untuk membantu si kecil tidur nyenyak.

3. Gunakan Bahan yang Aman

Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak beracun, terutama untuk perabotan dan mainan di kamar bayi.

Kini Anda sudah mendapat banyak referensi desain kamar bayi yang menggemaskan. Selain itu, Anda dapat menggunakan bahan material gypsum di kamar bayi yang aman bagi sang buah hati, seperti gypsum, GRC, dan tripleks bisa ditemukan di Klopmart. 

Kini Anda bisa memesannya tanpa keluar rumah, karena Klopmart merupakan tempat jual gypsum terdekat yang bisa dibeli di mana saja dan kapan saja. Jika Anda mencari bahan dan alat material lainnya, langsung saja mengunjungi Klopmart. Semoga artikel mengenai desain kamar bayi dan tips mendesainnya ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda, ya.

Sumber rujukan:

  • https://www.pinhome.id/blog/kamar-bayi-mewah/
  • https://www.lamudi.co.id/journal/desain-kamar-bayi/ 

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article