Home & Living

10 Desain Garasi Mobil Samping Rumah yang Keren

Media
19 Jan 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tentunya saat memiliki mobil, Anda juga harus sudah mempertimbangkan keberadaan garasi mobil yang ada pada hunian Anda. Tujuannya jelas untuk memberikan keamanan dan menjaga mobil Anda dari paparan sinar matahari, hujan, dan masih terdapat  faktor lainnya lagi. Salah satu caranya dengan membuat desain garasi mobil samping rumah.

Namun, dalam membangun garasi mobil, Anda tidak boleh juga asal dalam membuatnya tanpa perencanaan yang matang. Penyelarasan dengan nuansa keseluruhan rumah menjadi hal penting. Tenang, tidak perlu bingung berikut beberapa informasi yang dapat membantu Anda mendapatkan desain yang terbaik untuk garasi mobil di samping rumah.

Berapa Ukuran Garasi Mobil yang Ideal?

Satu hal penting yang turut menentukan ukuran dan dimensi garasi mobil ideal pada dasarnya ialah dilihat dari ukuran mobil Anda. Misalnya saja Anda memiliki mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti beberapa pilihan tipe mobil LCGC (Low Cost Green Car), tentu Anda tidak memerlukan garasi berukuran besar. Untuk mobil kecil, Anda cukup memiliki garasi yang berukuran 2,4 m x 4,8 m.

Lain halnya jika Anda memiliki kendaraan dengan tip SUV yang memiliki ciri khas body yang besar. Untuk menyimpan mobil ini, Anda akan membutuhkan garasi berukuran cukup besar. Ukuran ideal untuk garasi mobil Anda adalah 3 m x 6 m, atau 3 m x 5,5 m dengan tinggi setidaknya 2,8 m. Nah, kesimpulannya yakni sebelum membuat garasi, pastikan Anda mengetahui ukuran mobil Anda terlebih dahulu ya.

Desain Garasi Mobil Samping Rumah Keren

Bingung seperti apa desain garasi mobil samping rumah yang dapat membuat rumah Anda juga nampak keren? Coba tiru saja sederet ide desain garasi mobil di bawah ini yuk!

1. Garasi Mobil Rumah Minimalis

Desain pertama garasi mobil yang bisa Anda coba tiru adalah bergaya minimalis. Garasi dengan gaya ini memiliki desain yang simpel dan tidak memiliki banyak detail mencolok. Lalu, biasanya atap pada desain ini dirancang menyerupai atap rumah dengan memadukan warna-warna netral seperti hitam, coklat muda, dan putih guna memberikan kesan rapi dan bersih. 

Supaya Anda nantinya tidak repot mengeluarkan dan memasukkan mobil, maka berikan ruang di depan garasi untuk parkir sementara. Perhatikan juga besar lahan yang bisa Anda kelola menjadi garasi. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pribadi ataupun tetangga Anda.

Baca juga: 11 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow nan Elegan

2. Garasi Mobil Rumah Klasik

Desain garasi mobil selanjutnya ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai rumah dengan nuansa klasik. Dengan ikut memadukan antara dinding bata merah dengan pintu kayu, desain ini membuat hunian Anda sanggup tampil elegan, berkelas, namun tetap sederhana. Supaya lebih estetik, garasi dapat dibangun sedikit di bawah bangunan rumah sehingga tidak memakan banyak ruang sebagai tempat penyimpanan mobil ataupun kendaraan lainnya.

3. Garasi Mobil Rumah Modern

Model garasi mobil kali ini sangat memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih dari satu kendaraan di waktu bersamaan karena ukurannya yang luas. Supaya bisa memberikan kesan garasi yang modern, diperlukan perpaduan warna dan desain yang kekinian. Pastikan juga garasi Anda memiliki pencahayaan yang cukup agar semakin terlihat keren serta menarik.

4. Garasi Mobil Rumah Kontemporer

Gaya kontemporer ini biasanya memadukan beberapa unsur, antara lainnya adalah unsur klasik, alami, dan modern secara bersamaan. Anda juga bisa membangun garasi ini dengan letak yang berada di bagian bawah rumah dengan  memiliki pintu kaca serta  bingkai jendela yang cukup banyak. Selain itu, tambahkan juga unsur bebatuan untuk mengisi dinding-dinding garasi. Tampilan garasi Anda dijamin sangat apik.

5. Garasi Mobil Rumah Samping Tiga Pintu

Anda memiliki beberapa mobil sekaligus? Memang terkadang bukanlah hal yang mudah untuk mengeluarkan salah satu mobil apabila hanya mempunyai 1 pintu garasi. Solusinya adalah model garasi mobil 3 pintu ini sangat cocok Anda coba! Selain memberikan kemudahan saat harus memasukkan dan mengeluarkan kendaraan, garasi dilengkapi 3 pintu ini juga mampu memberikan kesan hunian yang luas, lapang, dan estetik pastinya.

6. Garasi Mobil Rumah Sederhana

Kebetulan Anda tidak memiliki lahan bangunan yang cukup luas? Meniru model garasi mobil sederhana ini tentunya patut Anda coba terapkan. Desain garasi ini memiliki ukuran yang memang sedikit lebih kecil dari rumah Anda dan hanya mampu menampung satu mobil. Meskipun begitu, dengan adanya halaman di luar garasi nyatanya masih bisa juga untuk dijadikan lahan parkir sementara sebelum memasukkan mobil atau tempat parkir.

Baca juga: Garasi Mobil Rumah Kecil yang Efektif dan Fungsional

7. Garasi Mobil Rumah Tanpa Pagar

Menginginkan desain garasi rumah berukuran kecil namun tetap terlihat luas? Bisa Anda wujudkan! Cukup mudah, caranya adalah Anda bisa menghilangkan pagar serta tembok pada garasi yang justru dapat membuatnya nampak sempit. Namun perlu kembali diingat ya, desain ini akan sangat disarankan jika Anda memiliki hunian dengan keamanan lingkungan yang sudah terjamin sepenuhnya.

8. Garasi Mobil Rumah Memanjang

Desain garasi mobil rumah memanjang ini juga tampak terbuka pada sisi depan dan kanannya. Jika dilihat lagi, desain ini memang hampir memiliki kemiripan dengan desain garasi mobil tanpa pagar tadi yang sudah dijelaskan. Hanya saja yang membedakannya, desain garasi mobil ini memiliki bentuk memanjang dengan tambahan atap kaca yang terlihat elegan dan modern. 

9. Garasi Mobil Rumah dengan Pintu Otomatis

Desain garasi mobil rumah dengan pintu otomatis rasanya akan sangat memudahkan Anda dalam membuka dan menutup kembali pintu garasi. Tidak perlu lagi Anda bersusah payah untuk mengeluarkan tenaga menarik pintu saat hendak memasukkan ataupun mengeluarkan mobil. Cukup dengan menekan tombol buka atau tutup  pada remote, pintu akan terbuka dan menggeser ke atas layaknya robot hingga menutup dengan sendirinya. Hebat, bukan? Semua serba praktis!

10. Garasi Mobil Rumah dengan Pagar Kayu 

Terakhir, tidak selalu garasi mobil selalu berpagar besi. Anda dapat membuatnya sedikit lebih berbeda dengan menggunakan kayu sebagai penambah unsur alami pada garasi mobil rumah. Selain itu, tambahkan juga beberapa tanaman kesukaan Anda untuk memberikan suasana yang sejuk sekaligus asri. 

Nah itu tadi ide-ide soal desain garasi mobil yang tentu saja mampu membuat hunian Anda nampak keren. Untuk membantu Anda melengkapi keperluan membangun garasi, Anda bisa mengandalkan Klopmart, toko bangunan online nomor satu di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan alat-alat konstruksi dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Mencari toko bangunan yang menjual gypsum untuk kebutuhan atap garasi mobil Anda? Klopmart juga jual gypsum terdekat yang bisa Anda pilih pastinya! Yuk, segera hubungi tim Klopmart sekarang juga untuk melengkapi kebutuhan desain garasi mobil samping rumah yang Anda inginkan! Temukan juga beragam promo menarik khusus untuk Anda di sini.

Sumber rujukan: 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/ukuran-garasi-mobil-31711 
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/model-garasi-mobil-sederhana-samping-rumah-75817

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya