Cat dan Kimia

Dempul Adalah Cara Terbaik Menutupi Kerusakan Kecil pada Kayu

Media
10 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Dempul adalah bahan yang memiliki tekstur mirip dengan tanah liat. Sangat plastis dan biasa digunakan dalam bisnis konstruksi. Ada berbagai macam dempul yang digunakan untuk berbagai keperluan. Dempul pengisi kayu digunakan untuk memperbaiki retakan pada panel kayu dan furniture. Dempul epoksi digunakan untuk mengisi celah antara dua panel dan juga dapat dicetak menjadi potongan-potongan kecil berbeda untuk digunakan dalam desain dan konstruksi. Dempul juga bisa digunakan untuk mengisi retakan dan lubang kecil pada permukaan kayu. Dempul tukang ledeng digunakan untuk membuat segel kedap air di antara pipa, sementara beberapa digunakan untuk memperbaiki celah antara kaca di kaca jendela. Dengan berbagai macam fungsi, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengenal apa sebenarnya dempul itu terutama dempul kayu. Dapatkan informasi penting tersebut di bawah ini.
 

Mengenal Dempul Kayu

Pekerja kayu paling ahli pun akan menghadapi keretakan pada sambungan atau lubang paku dalam proyek pengerjaan kayu mereka. Mengisi keretakan ini akan menjadi peran dempul kayu atau pengisi kayu, dua produk yang terdengar sama tetapi memiliki perbedaan penting.

Istilah pengisi kayu dan dempul kayu sering digunakan secara bergantian. Namun untuk para ahli, terdapat perbedaan utama antara dua produk ini. Pengisi kayu biasanya terdiri dari produk sampingan kayu bubuk yang disuspensikan dalam beberapa jenis pengikat yang mengering dengan keras, sedangkan dempul kayu adalah bahan yang agak fleksibel yang tetap sedikit lentur bahkan setelah kering. Dempul kayu umumnya digunakan untuk mengisi lubang yang sangat kecil, seperti ceruk di mana paku di tanam.
 

Jenis Dempul Kayu

Dua jenis dempul kayu yang paling umum adalah berbasis nitroselulosa dan berbasis akrilik. Dempul kayu berbahan dasar nitroselulosa bisa mengering sangat cepat, menjadikannya solusi ideal untuk proyek yang cepat. Bahan dibersihkan dengan pengencer pernis atau aseton sebelum mengering. Dempul kayu berbahan dasar akrilik membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering, tetapi mudah dibersihkan dengan air sebelum mengeras. Menjadikannya pilihan ideal untuk proyek ketika waktu penyelesaian tidak penting.

Baca juga: 4 Langkah atau Cara Dempul Kayu dengan Mudah
 

Penerapan Dempul Kayu

Menerapkan dempul kayu berarti menekan bahan ke dalam goresan atau lubang menggunakan pisau dempul standar. Metode lainnya adalah dengan kapas atau jari Anda. Tekan bahan ke area yang terkena dan biarkan mengering. Buang sisa dempul kayu sebelum mengering sempurna. Tes untuk menentukan apakah dempul kayu sudah kering dan siap digunakan dengan menekan ujung ibu jari Anda ke dalam dempul. Jika masih lunak, biarkan bahan mengering untuk waktu yang lebih lama.
 

Pengamplasan Dempul Kayu

Gunakan amplas 220-grit untuk menghaluskan perbaikan dempul kayu. Setelah di amplas, area tersebut akan diwarnai untuk memadukannya dengan warna natural kayu yang asli.
 

Pewarnaan Dempul Kayu

Pewarnaan dempul kayu tergantung pada jenis perbaikannya. Beberapa jenis perbaikan mengharuskan mereka di amplas dan diwarnai agar sesuai dengan proyek yang berlaku. Tingkat penyerapan bervariasi antara berbagai jenis dempul kayu. Saat mewarnai sebuah proyek, uji dempul kayu pada sepotong kayu bekas. Pastikan warna cocok sehingga dempul tidak terlihat mencolok yang bisa membuat kayu atau furniture terlihat jelek.
Itulah dia informasi mengenai dempul kayu. Dempul adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memperbaiki kerusakan pada kayu, cari tahu harga Wood Filler yang ekonomis di Klopmart sekarang juga.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Lem Kayu Fox Putih di Berbagai Tempat

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya