15 Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Nyaman

Anda ingin mewujudkan rumah minimalis yang nyaman dan estetis? Anda bisa melakukan dekorasi rumah minimalis dengan prinsip kesederhanaan dan efisiensi penggunaan ruang. Misalnya, Anda bisa menggunakan cat rumah dengan warna pastel atau monokrom. Lalu, kombinasikan warna cat rumah tersebut dengan furnitur yang multifungsi. Bagaimana caranya? Mari simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Desain Rumah Minimalis?

Desain rumah minimalis merupakan gaya arsitektur yang menekankan kesederhanaan, kebersihan, dan efisiensi dalam penggunaan ruang. Desain ini biasanya memiliki bentuk geometris yang sederhana, garis-garis yang bersih, dan penekanan pada fungsi ruangan daripada dekorasi yang berlebihan.

Rumah minimalis biasanya memiliki warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam, serta menggunakan bahan-bahan yang alami dan mudah dalam perawatannya, seperti kayu dan batu. Desain ini sangat populer karena cocok untuk lingkungan perkotaan yang kecil dan terbatas, serta memberikan kesan modern dan bersih. 

Mendekorasi rumah, khususnya rumah minimalis memiliki elemen yang dirancang untuk memiliki fungsi yang jelas dan maksimal, sehingga penghuni dapat merasakan kepraktisan dan kenyamanan dalam hunian yang sederhana namun elegan.

15 Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Rumah minimalis menjadi tren yang populer di era modern saat ini. Desain yang sederhana dan bersih memberikan kesan elegan dan nyaman bagi penghuninya. Dekorasi rumah minimalis juga harus sesuai dengan prinsip-prinsip desain minimalis yang mencakup kesederhanaan dan efisiensi penggunaan ruang.

Berikut beberapa tips dekorasi rumah minimalis yang dapat membantu Anda menciptakan hunian minimalis yang indah dan nyaman.

1. Pertimbangkan Warna

Pemilihan warna yang tepat dapat membuat rumah minimalis Anda terlihat lebih luas dan terorganisasi. Gunakan cat dinding warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem, lantai, dan langit-langit. Khusunya di ruang tamu, warna-warna yang netral akan membantu memperluas ruangan dan memberikan kesan bersih dan elegan sehingga menjadi ruang tamu minimalis yang terlihat indah di mata. Anda juga dapat menambahkan sedikit warna cerah sebagai aksen pada aksesoris, seperti bantal atau gorden.


Baca juga: 8 Pilihan Warna Cat Plafon yang Bagus untuk Rumah Minimalis

2. Gunakan Furnitur yang Sesuai

Pilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan dan memiliki bentuk yang sederhana. Hindari furnitur yang terlalu besar atau rumit desainnya, karena akan membuat ruangan terlihat penuh dan sempit. Gunakan furnitur dengan warna yang serupa dengan dinding agar terlihat lebih senada dan tampak estetis. 


Baca juga: 5 Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis Untuk Rumah Anda

3. Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Rumah minimalis biasanya memiliki jendela yang besar dan banyak, sehingga Anda dapat memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin. Biarkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan untuk memberikan kesan luas dan terang. Anda juga dapat menambahkan gorden atau tirai transparan untuk memberikan ruang privasi tanpa menghalangi cahaya alami.

4. Berikan Tampilan Aksesoris yang Serasi

Sesuaikan aksesoris dan ornamen dengan tema rumah minimalis Anda. Pilih aksesoris yang memiliki bentuk sederhana dan warna netral. Hindari dekorasi yang berlebihan atau terlalu ramai sehingga memberikan kesan berantakan. Gunakan aksesoris yang memiliki fungsi ganda, seperti rak dinding atau meja yang dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.

5. Pilih Aksen yang Tepat

Tambahkan sedikit warna atau pola yang menarik sebagai aksen pada furnitur atau dinding. Gunakan pola yang sederhana dan simetris agar terlihat rapi dan terorganisasi. Anda juga bisa menggunakan aksen yang tidak terlalu mencolok, seperti bantal atau karpet, sehingga tidak mengganggu kesan minimalis.

6. Manfaatkan Ruang Vertikal

Gunakan dinding atau langit-langit sebagai ruang penyimpanan tambahan. Anda dapat menambahkan rak dinding atau lemari gantung untuk menyimpan barang-barang tanpa mengambil banyak ruang. Manfaatkan setiap sudut dan ruang kosong untuk menyimpan barang-barang dan mengoptimalkan ruang.

7. Perhatikan Tata Letak Ruangan

Penting bagi Anda memperhatikan tata letak ruangan agar terlihat terorganisasi dan efisien. Hindari menempatkan furnitur secara acak atau menghalangi akses jalan. Tata letak yang baik akan membuat ruangan terlihat lapang dan mudah digunakan. Sebaiknya tempatkan furnitur di sekitar dinding dan beri jarak yang cukup agar mudah digunakan. Jangan menempatkan furnitur di tengah ruangan, karena akan membuat ruangan terlihat penuh dan kurang fungsional.

8. Pilih Bahan Furnitur yang Tepat

Memilih bahan-bahan furnitur yang berkualitas dan mudah dalam perawatannya sangat penting dipertimbangkan. Pilih furnitur yang menggunakan bahan-bahan yang tahan lama, seperti kayu atau batu agar tidak mudah rusak atau berubah bentuk. Hindari bahan-bahan yang sulit untuk dirawat atau mudah rusak, seperti karpet berbulu atau kain yang mudah kusut.

Baca juga: Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas dan Menarik

9. Buat Tampilan yang Bersih

Rumah minimalis harus terlihat bersih dan terorganisasi. Bersihkan rumah Anda secara teratur dan jangan biarkan barang-barang berserakan. Gunakan penyimpanan tambahan, seperti rak atau laci untuk menyimpan barang-barang dan mengoptimalkan ruang. Jangan biarkan barang-barang yang tidak Anda gunakan menumpuk, karena akan membuat ruangan terlihat berantakan.

10. Gunakan Cermin

Untuk menambah nuansa jendela di rumah minimalis, Anda bisa memanfaatkan cermin. Kaca atau cermin tidak hanya membantu membuka atau memberikan kesan yang luas pada ruangan yang kecil, tetapi juga sangat baik untuk dekorasi minimalis karena tampak sederhana, fungsional, dan bergaya. Anda bisa meletakkan cermin pada sudut ruangan atau pada dinding rumah Anda.

11. Sesuaikan Tangga Rumah

Apabila rumah minimalis Anda terdiri dari 2 lantai, Anda bisa meningkatkan tampilan rumah dengan tangga yang khas. Anda bisa menggunakan tangga apung, tangga dengan panel kaca, dan tangga dengan punggung terbuka. Ketiga tangga tersebut sedang menjadi tren populer yang diterapkan pada tangga rumah minimalis. 

12. Meletakkan Tanaman Hias Indoor 

Selain memberikan kesan segar, menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi rumah juga dapat menciptakan suasana yang menyegarkan membuat rumah menjadi terlihat lebih cantik dipandang. Anda dapat menempatkan tanaman hias di foyer atau area santai untuk mencapai efek ini. Meskipun hanya dengan sedikit tanaman, hal tersebut sudah dapat memberikan udara yang lebih segar di dalam ruangan. Dengan demikian, ruangan akan menjadi lebih sehat berkat kehadiran tanaman tersebut.

13. Menempelakan Hiasan di Dinding 

Menggunakan hiasan dinding sangat efektif untuk meningkatkan keindahan dan estetika ruangan dalam rumah. Penggunaannya sebagai dekorasi dapat membuat ruangan terlihat lebih segar dan hidup. Menggantung hiasan dinding ini dengan rak dan tanaman gantung agar memberikan efek yang lebih menarik. Selain itu, pemanfaatan wallpaper dinding juga dapat memberikan kesan yang lebih tegas dan serasi dengan fungsi ruangan yang bersangkutan. Dengan demikian, rumah akan terlihat lebih menawan dengan kehadiran hiasan dinding ini.

14. Menggunakan Lantai Vinyl 

Apabila Anda tidak terlalu menyukai keramik, penggunaan lantai vinyl bisa menjadi alternatif yang sangat baik. Selain mudah dibersihkan, jenis lantai ini juga populer dan tidak pernah usang karena memberikan kesan yang netral.

Anda dapat memilih motif vinyl dengan tampilan seperti kayu pinus berwarna coklat muda untuk menciptakan kesan mewah yang lebih terlihat.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

15. Mengaplikasikan Tempat Tidur Lesehan

Menggunakan tempat tidur lesehan, terutama di kamar anak, semakin populer. Umumnya, model tempat tidur seperti ini sering ditemukan dalam gaya interior Japandi.

Apabila Anda ingin menggunakan tempat tidur lesehan, disarankan untuk menambahkan dipan pendek di bawah matras agar terhindar dari suhu lembab yang berasal dari lantai.

Baca juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

Dekorasi rumah minimalis membutuhkan perencanaan dan konsep yang matang. Bila Anda mengikuti tips di atas, Anda dapat menciptakan hunian minimalis yang indah dan nyaman untuk Anda dan keluarga. Ingat untuk selalu memperhatikan prinsip-prinsip desain minimalis, seperti kesederhanaan dan efisiensi penggunaan ruang. 

Untuk memenuhi dekorasi rumah minimalis Anda, Klopmart jual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai. Buat rumah Anda senyaman mungkin bersama Klopmart sekarang juga! Rumah minimalis Anda pun tampak bersih, nyaman, dan modern. 

Sumber rujukan: 

  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/02/090100476/11-tips-sukses-mendekorasi-rumah-minimalis-?page=all
  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-74927-dekorasi-rumah-minimalis-id.html 
  • https://www.mitraruma.com/blog/tips-dekorasi-rumah-minimalis
  • https://www.ruparupa.com/blog/tren-dekorasi-rumah-minimalis/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya