Download Klopmart App

Pusat Bantuan

CIPTAKAN RUANG KERJA YANG MENDUKUNG PRODUKTIVITAS

Apapun pekerjaan kita, terlepas apakah kita karyawan, freelancer, atau orang yang menjalankan usaha dari rumah, ruang kerja merupakan area dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita disana. Dimanapun kita bekerja baik itu di perkantoran, rumah, atau tempat umum, kenyaman dan desain tempat kita bekerja secara tidak langsung berpengaruh pada tingkat produktivitas kita sehari-hari. Tidak heran jika kita saat ini begitu banyak ide office space dan co-working space yang dirancang secara unik, fungsional, dan menarik dilengkapi berbagai fasilitas untuk meningkatkan semangat kerja bagi siapapun yang bekerja disana.

 

Jika kita memilih untuk bekerja di rumah, kita pun dapat menciptakan dan merancang ruang kerja yang nyaman dan fungsional agar kita tetap bisa produktif. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mencipatakan ruang kerja yang nyaman tersebut:

 

  • Tentukan lokasi ruangan yang akan digunakan sebagai ruang kerja. Usahakan agar ruang kerja terpisah dengan ruang tidur, ruang santai atau ruang TV agar aktivitas kita bekerja tidak terganggu. Jika memungkinkan, pilih ruang kerja yang dekat taman atau area terbuka dalam rumah.

 

  • Perhatikan sirkulasi udara. Pastikan ruang kerja memiliki jendela dan sistem ventilasi yang memadai agar ruang kerja tidak pengap dan mendapatkan udara segar setiap hari. Jika diperlukan bisa juga memasang AC pada ruangan.

 

  • Perhatikan pencahayaan. Ruang kerja harus terang untuk menunjang produktivitas kita bekerja. Ruang kerja harus memiliki jendela agar cahaya alami bisa dimanfaatkan khususnya di siang hari. Lampu yang dipasang harus bisa menerangi ruang kerja secara menyeluruh khususnya saat hari sudah gelap. Lampu kecil atau lampu meja bisa menjadi tambahan penerangan di area kita bekerja.

 

  • Pilih furnitur kerja yang nyaman dan fungsional. Kita bisa juga merancang atau menggunakan funritur kerja yang multi fungsi untuk memaksimalkan fungsi ruangan. Sesuaikan bentuk dan ukuran furnitur kerja dengan besarnya ruangan.

 

  • Miliki meja kerja yang nyaman dan cukup luas untuk meletakkan barang. Agar kita leluasa untuk bekerja, selalu jaga kerapian meja kerja kita dan jangan biarkan barang-barang berserakan. Jangan letakkan terlalu banyak barang di bawah meja agar kaki kita bisa bergerak secara leluasa.

 

  • Pilihlah kursi kerja yang nyaman dan kuat. Pilihlah kursi yang bisa menopang tubuh, terutama tulang belakang, pantat, dan paha. Jika memungkinkan pilih kursi yang ketinggiannya bisa kita atur agar kaki berada pada posisi yang nyaman.

 

  • Buatlah tempat dan sistem penyimpanan yang memadai. Gunakan lemari penyimpan atau rak yang khusus digunakan untuk menyimpan barang, peralatan kerja, atau dokumen. Jangan biarkan barang dan dokumen berserakan di ruang kerja begitu saja.

 

  • Siapkan fasilitas dan sarana pendukung pekerjaan dengan baik seperti jaringan internet, telepon, penempatan jalur listrik, dan printer/fax/copy machine. Pastikan bahwa jaringan kabel sarana pendukung tersebut mudah di akses dan digunakan serta dalam kondisi rapi dan aman agar tidak mengganggu aktivitas kerja kita.

 

  • Pilihlah warna yang produktif untuk ruang kerja. Walapun kita memiliki selera warna tertentu, pelajari dan gunakan warna yang cocok untuk suasana kerja. Contoh warna yang berpengaruh pada produktivitas kerja antara lain warna biru (merangsang pikiran), warna kuning (memotivasi kreativitas dan ide), atau warna hijau (menciptakan keseimbangan dan memberi ketenangan).

 

  • Tambahan dekorasi seperti lukisan, foto, poster, tanaman hidup atau tanaman hias, ataupun action figure, bukan saja sebagai pemanis ruangan saja tetapi dapat memberikan inspirasi dan menambah semangat kerja.

 

Ciptakan ruang kerja yang nyaman dan aman agar kita senantiasa produtif dalam bekerja dan berkarya. 


Cek harga klik disini

Related Article