Konstruksi

Ukuran Garasi 2 Mobil yang Aman dan Nyaman

Media
08 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Hampir setiap rumah mempunyai sebuah garasi yang digunakan untuk menyimpan kendaraan baik mobil maupun motor berserta suku cadang dan perlengkapannya. Tapi garasi sering juga digunakan untuk menyimpan peralatan berkebun, pertukangan, bahkan barang bekas. Tidak jarang juga kita menyulap garasi menjadi tempat berkumpul saat menggelar acara atau pesta di rumah.

Tahukah Anda bahwa garasi dapat menjadi tempat yang berbahaya bagi keselamatan kita?

Kok bisa? Tanpa kita sadari berbagai peralatan dan barang yang kita simpan di garasi berpotensi membahayakan dan dapat mengakibatkan cedera dan bahkan memicu kebakaran.  Terutama jika kita tidak menyimpan dan menata peralatan dan barang tersebut dengan rapih dan aman.
 

Tips Menghitung Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal Untuk 2 Mobil

Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar garasi mobil rumah Anda nyaman dan aman saat digunakan:
 

1. Ukuran Garasi Mobil Harus Lebih Besar dari Ukuran Mobil

Mengetahui berapa ukuran garasi mobil yang ideal sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memastikan bahwa ukuran garasi mobil Anda lebih besar daripada dimensi mobil yang Anda miliki.

Untuk mengetahui dimensi mobil yang Anda miliki, Anda bisa dengan mudah mencari informasi di internet, apalagi untuk mobil yang sudah umum dimiliki oleh orang Indonesia. Merek mobil seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Daihatsu Xenia misalnya memiliki ukuran dimensi di angka 5,3 m x 2,7 m x 2,7 m (Panjang x Lebar x Tinggi). Atau mobil kesukaan orang Indonesia lainnya, Inova, memiliki dimensi di angka 5,5 m x 2,8 m x 2,8 m.

Jika Anda memiliki dua mobil maka Anda tinggal menambahkan ukuran kedua mobil tersebut. Tidak berhenti disitu, Anda juga harus memperhatikan jarak di antara ke dua mobil tersebut untuk memastikan Anda tidak mengalami gangguan saat membuka pintu mobil . Idealnya, Anda ingin menambahkan 80 cm hingga 1 m sebagai jarak antara kedua mobil.

Terakhir, Anda juga bisa menambahkan kebutuhan ruang untuk tempat menyimpan alat atau perkakas di garasi Anda. Jika sudah menghitung semuanya, selamat! Anda kini telah mengetahui ukuran garasi 2 mobil Anda yang ideal.

Baca juga: Jenis Jenis Pintu Berdasarkan Cara Membukanya
 

2. Coba Jenis Garasi Parallel

Setelah mendapatkan Angka ukuran garasi mobil yang ideal, tugas yang selanjutnya adalah menentukan lahan untuk membangun garasi sesuai dengan ukuran garasi mobil yang telah Anda temukan sebelumnya.

Jika Anda telah memiliki lahan yang siap dipakai untuk membangun garasi mobil Anda yang ideal, maka Anda bisa langsung mulai membangun. Tetapi, bagaimana jika ternyata Anda tidak memiliki lahan yang cukup untuk membangun garasi dengan ukuran garasi mobil yang telah ditentukan sebelumnya?

Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan mencoba jenis garasi parallel. Garasi jenis ini adalah garasi di mana mobil tidak ditempatkan bersebelahan. Di garasi jenis ini, sebuah mobil diletakkan lebih dalam dari mobil yang lainnya.

Jenis garasi ini sangat cocok jika Anda ingin membangun garasi dengan ukuran garasi mobil yang cukup besar di lahan yang sempit. Anda bisa memperkecil lebar garasi dan memperpanjang garasi  Anda untuk memastikan kedua mobil Anda dapat masuk ke dalam garasi

Baca juga: Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow yang Mudah
 

3. Kelengkapan Garasi Yang Ideal

Memiliki garasi bukan hanya tentang memiliki ukuran garasi mobil yang tepat, tetapi juga tentang memiliki kelengkapan yang ideal. Apa saja yang harus Anda miliki di garasi Anda?

Yang pertama, jika Anda membangun garasi yang tertutup, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memasang ventilasi udara di garasi rumah Anda. Mengapa ventilasi udara penting? Karena dengan ventilasi udara yang tepat, Anda dapat mendinginkan ruangan garasi dengan cepat. Selain itu, jika terdapat kebocoran gas pada mobil Anda di garasi, ventilasi akan sangat membantu untuk mengeluarkan gas-gas tersebut dari dalam garasi rumah Anda.

Yang kedua adalah lantai garasi. Jika Anda berpikir bahwa Anda bisa menggunakan material apa saja sebagai bahan lantai garasi Anda, maka Anda hanya akan melukai mobil Anda. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih bahan lantai garasi adalah sistem drainase. Anda menginginkan lantai garasi Anda kering sesering mungkin untuk mencegah tumbuhnya lumut dan jamur di garasi rumah Anda.

Terakhir, jika Anda membuat garasi yang tertutup, Anda sebaiknya memiliki pintu garasi kecil sebagai alternatif pintu masuk selain pintu garasi Anda. Hal ini tentunya akan sangat berguna jika Anda ingin masuk ke garasi untuk suatu hal tetapi tidak ingin mengeluarkan mobil Anda.

Baca juga: cara menambal tangki mobil bocor dengan lem besi

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya