10 Macam Cat Besi Anti Karat untuk Pagar Rumah Anda


Saat pagar rumah Anda mulai berkarat, penting untuk langsung melapisinya dengan cat besi anti karat. Kita tahu bahwa besi merupakan material yang kuat dan kokoh, namun memiliki satu kelemahan fatal yaitu karat. Oleh karena itulah pagar dengan material besi memerlukan lapisan pelindung yang terbaik.

Melapisi pagar dengan cat anti karat penting dilakukan supaya pagar rumah Anda bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pada artikel ini kami telah merangkum berbagai macam merek dan tipe cat besi anti karat yang bisa Anda gunakan. 

10 Rekomendasi Cat Besi Anti Karat

Berikut ini rekomedasi cat besi anti karat terbaik:

1. Kansai Primer

Cat Dasar Besi Kayu Kansai Red Oxide Primer 102-008-1

Cat besi anti karat yang pertama adalah Kansai Primer. Cat anti karat satu ini tentu saja memiliki ketahanan terhadap air dan kelembaban. Sudah pasti akan melindungi pagar Anda dari karat. Pigmen zinc chromate yang membuat besi tahan terhadap karat juga ada dalam cat ini. Daya lekat cat Kansai Primer cukup baik dan sangat cocok digunakan dalam konstruksi besi, baja, pipa dan lain-lain.

Baca juga: 5 Cara Merawat Pagar Stainless Steel

2. Propan Aqua Primtop APT-90 WB

Propan Aqua Primtop  APT-90 WB-1

Cat Propan Aqua Primtop APT-90 WB merupakan salah satu cat besi anti karat yang berbahan dasar acrylic water. Meskipun berbahan dasar air akrilik, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk membiarkannya mengering. 

Ini merupakan keunggulan Aqua Primtop APT-90 WB di mana saat dibuat melapisi besi, lapisan cat akan mengering dengan sangat cepat. Cat satu ini memberikan Anda dua fungsi sekaligus, yaitu cat primer anti karat dan cat akhir. Daya lekatnya juga sangat baik dan tidak mengeluarkan bau menyengat (zero VOC). 

3. Propan Synthetic 3000

Jenis Cat Anti Karat Propan Synthetic 3000-1

Cat kayu dan besi anti karat selanjutnya yaitu cat Synthetic 3000. Cat ini merupakan sebuah cat yang tidak hanya bisa melapisi besi pagar rumah, tetapi juga bahan perabot yang terbuat dari kayu. Sangat cocok untuk melapisi kedua bahan tersebut, baik interior maupun eksterior. Dari cat lainnya, Synthetic 3000 lebih cepat mengering saat diaplikasikan. 

Selain itu cat ini sangat mudah digunakan dan memiliki daya tahan yang sangat baik dalam semua cuaca. Keunggulan lain yang tidak bisa terlewat adalah cat Synthetic 3000 ini tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik.

Harga cat besi anti karat yang satu ini cukup terjangkau, Mulai dari Rp55.566 untuk ukuran 0.8L.

Baca juga: 9 Cara Cat Galvanis Pagar Rumah

4. FTALIT Clear Varnish 042-007

Cat Kayu Besi FTALIT Clear Varnish 042-007-1

Serupa dengan cat sebelumnya, FTALIT clear varnish ini juga bisa Anda gunakan untuk material kayu dan besi. Anda bisa mengaplikasikannya di kusen jendelapintu dan tentunya pagar rumah. Cat ini akan memberikan lapisan yang sangat kuat dan tahan lama. 

Ini semua karena cat memiliki campuran bahan substrat dan berbahan dasar resin alkyd. Penggunaan cat pada besi atau kayu akan memberikan efek mengilap karena adanya synthetic gloss enamel. Sangat cantik untuk digunakan dalam berbagai eksterior rumah

5. Primtop PT - 88

Jenis Cat Besi Anti Karat Propan Primtop PT-88-1

Masih dari merek Propan, kali ini mereka mengeluarkan cat anti karat tipe Primtop PT-88. Cat satu ini juga memiliki fungsi ganda seperti Aqua Primtop, yaitu sebagai cat dasar atau primer dan cat akhir. Pigmen yang terkandung di dalamnya sangat efektif untuk menahan dan mengatasi masalah karat pada besi

Apabila ada beberapa cat lain yang butuh diaplikasikan berkali-kali, cat ini bisa Anda lapis hanya satu kali. Cat ini merupakan keluaran terbaru yang sudah melalui riset dan pengembangan agar menjadi cat pelapis anti karat yang mutakhir. 

Baca juga: 3 Aksesoris Pagar Besi Hollow Untuk Mempercantik Pagar

6. Nippon Paint Semprot Pylox

CAT AEROSOL / CAT SEMPROT PYLOX NIPPON PAINT - SEMUA WARNA 300CC - 114 Red-1

Seperti namanya 2-in-1, cat anti karat ini juga memiliki dua fungsi, yaitu sebagai cat primer dan cat akhir. Cat anti karat keluaran Nippon Paint ini dikenal tahan cuaca dan warnanya tahan lama. Cat ini memiliki daya lekat dan memberikan daya lentur yang sangat baik, sehingga mudah untuk dibersihkan. Cat ini juga bertahan cukup baik bahkan dalam melawan jamur dan lumut. 

7. Avian High Gloss Enamel

Avian High Gloss Enamel Cepat Kering

Gloss Enamel dari Avian adalah pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang menginginkan hasil akhir yang mengesankan pada permukaan besi. Dengan formulasi yang khusus dirancang untuk memberikan efek glossy yang memukau, cat ini mampu menciptakan tampilan yang memancarkan kilauan yang menarik.

Keunggulan yang tak kalah penting adalah daya tutup lapisan cat yang luar biasa, yang tidak hanya memberikan hasil akhir yang estetis, tetapi juga memberikan perlindungan maksimal terhadap risiko karat yang sering kali mengintai besi.

8. Jotun Gardex Premium Gloss

cat besi anti karat terbaik Gardex Premium Gloss

Jotun Gardex Premium Gloss merupakan salah satu cat anti karat terbaik karena memiliki sejumlah keunggulan. Cat ini adalah cat enamel berkualitas tinggi untuk permukaan kayu dan logam, sangat cocok untuk penggunaan interior dan eksterior.

Beberapa keunggulannya termasuk hampir tidak menimbulkan bau selama dan setelah aplikasi, waktu pengeringan yang dioptimalkan untuk memastikan hasil akhir yang halus dan keras dalam waktu sesingkat mungkin, serta teknologi True Colour milik Jotun yang memastikan ketahanan warna yang luar biasa. Selain itu, cat ini juga tahan cuaca, anti jamur, anti karat, dan 100% bebas dari logam berat.

9. Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Rekomendasi cat besi anti karat selanjutnya yaitu Mowilex Acrylic Gloss Enamel.

Cat ini berbahan dasar air yang tahan lama dan memiliki keunggulan melapisi permukaan kayu, logam yang telah dilapisi primer anti karat, plesteran semen, beton, dan gypsum di dalam ruangan.

Keunggulan Mowilex Acrylic Gloss Enamel yaitu memberikan hasil akhir yang halus dan kilap sempurna, mudah dibersihkan, serta tahan terhadap gesekan.

10. SEIV Paint

Cat Besi & Kayu Seiv-1

Terbuat dari bahan dasar allkyd, cat ini memiliki sejumlah karakteristik unggul yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk perlindungan dan perawatan permukaan.

Keunggulan utamanya meliputi adhesi yang luar biasa, kilauan yang menawan, kemampuan daya tutup yang tinggi, serta ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Cat ini memiliki kemampuan untuk mengikat kuat pada berbagai jenis permukaan, termasuk logam, baja, komponen kelautan, dan kayu, menjadikannya solusi serbaguna untuk berbagai proyek.

Jadi, Mana Cat Besi Anti Karat Pilihan Anda?

Semua cat di atas bisa Anda dapat di KlopMart, bahkan masih ada banyak lagi produk cat besi pelapis anti karat yang memiliki kualitas terbaik. Tersedia dalam berbagai warna dan penjelasan spesifikasi, supaya Anda bisa dengan mudah memilih cat yang dibutuhkan. Periksa juga harga pernis besi atau cat besi anti karat di KlopMart. Belanja cat besi anti karat dan kebutuhan lainnya jadi mudah bersama KlopMart!


Sumber rujukan:

  • https://www.klopmart.com/produk/propan-primtop-pt88/078084107053
  • https://www.klopmart.com/produk/cat-kayu-besi-ftalit-clear-varnish-042007/077084073053077103061061
  • https://www.klopmart.com/produk/nippon-bodelac-2in1-anti-karat/079068077050
  • https://www.klopmart.com/produk/propan-synthetic-3000/078084103050
  • https://merkbagus.id/cat-besi-anti-karat/
  • https://sumberjayalaser.com/blog/cat-besi-anti-karat/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cat-besi-anti-karat-terbaik/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya