Home & Living

Apa Cat Akrilik Sebaiknya Dilarutkan dengan Air? Intip di Sini

Media
30 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cat akrilik sebaiknya dilarutkan dengan menggunakan apa? Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan karena memang awam tentang masalah ini. Agar tidak salah kaprah dan mencoba sesuatu yang bisa membuat kerugian, maka sangat penting mencari tahu informasi yang tepat dan terpercaya. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai cat akrilik yang akan bisa membantu untuk memahaminya secara lebih baik.


Apa Cat Akrilik Sebaiknya Dilarutkan Dengan Air?

Ada begitu banyak jenis cat yang bisa digunakan untuk dinding, mulai dari cat akrilik, lateks, hingga cat berbahan dasar minyak. Tidak heran jika memilih cat bukanlah perkara yang mudah. Cat dari akrilik mungkin lebih identik dengan lukisan. Tidak heran karena cat ini memang banyak digunakan dalam menghasilkan berbagai macam karya seni. Namun, cat yang satu ini juga bisa kita terapkan pada dinding rumah. 

Cat Akrilik yang Water-Based

Cat ini berbasis air dan permanen, sehingga bisa menjadi pilihan sempurna untuk melapisi dinding rumah Anda. Cat akrilik menawarkan vibrasi superior dan perlindungan dinding yang baik jika kita dibandingkan dengan cat berbahan dasar minyak atau lateks. Bahkan bisa mengering lebih cepat daripada cat berbahan dasar minyak dan cenderung memiliki bau yang tidak terlalu menyengat. Anda juga dapat menerapkannya di suhu yang lebih dingin, menjadikannya pilihan yang bagus untuk proyek di luar ruangan.

Dikarenakan cat ini water-based, maka air menjadi satu-satunya pelarut yang bisa kita gunakan. Cat akrilik akan bisa dicampurkan dengan air hingga paling banyak 30% dari penggunaan agar masih bisa mendapatkan kualitas dari cat. Mengombinasikannya dengan air akan menghasilkan tampilan cat yang terlihat lebih lembut dan transparan. Proses mengaplikaskannya harus dilakukan dengan cepat karena sifat dari cat ini yang bisa mengering dalam waktu yang singkat.

Cat tembok ini menggunakan Pigmen dan Acrylic dengan kualitas yang bagus dan sesuai takaran menghasilkan kualitas kesegaran warna yang luar biasa. Hasilnya adalah interior dan eksterior rumah yang terlihat sangat bagus.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dari Cat Akrilik

Cat akrilik tidak akan semulus cat berbasis minyak. Kurangnya aliran dalam cat akrilik ini bagus jika Anda mencoba membangun tekstur untuk memberikan detail yang berbeda pada dinding, namun tidak terlalu bagus jika Anda ingin menghindari efek sapuan kuas yang jelas pada dinding Anda. Namun, ada campuran zat aditif yang dapat Anda beli untuk mengurangi efek yang sedikit mengganggu ini.

Cat jenis ini juga tidak tahan lama seperti cat berbasis minyak. Ini karena cat akrilik tidak mengeras layaknya cat minyak. Pengerasan ini akan terjadi selama proses pengawetan saat cat mengering. Hal ini membuat cat akrilik rentan terhadap kerusakan. Apalagi jika digunakan pada eksterior tempat banyak lalu lalang. Debu, udara, dan berbagai macam partikel lainnya bisa memperparah kondisi dari cat ini. Tangan-tangan jahil juga menjadi penyebab mengapa cat ini bisa rusak dengan cepat.

Itulah informasi mengenai cat akrilik yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga hal ini bisa membantu nantinya. Salah satu merek yang kami rekomendasikan adalah Propan Acrylux. Temukan informasi mengenai cat tersebut hanya di Klopmart. Ingat, cat akrilik sebaiknya dilarutkan dengan air agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal bagi dinding yang ada di rumah Anda.

Baca Juga: 8 Jenis Kuas Untuk Cat Akrilik


Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya