Cat dan Kimia

Pilihan Cat Air yang Bagus dan Tahan Lama untuk Rumah

Media
03 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pertimbangan dalam memilih cat untuk rumah tidak melulu soal warna, tapi juga bahan cat yang digunakan. Pilihan bahan cat yang tepat akan berpengaruh pada hasil yang diinginkan. Cat berbahan air pun menjadi salah satu pilihan yang laris di pasaran. Namun, apa saja pilihan cat air yang bagus digunakan untuk menghiasi rumah?

Fungsi Cat Tembok

Tidak hanya membuat tembok mempunyai tampilan bagus, cat tembok memiliki berbagai fungsi lainnya. Berikut adalah fungsi-fungsi lain dari cat tembok:

1. Memberikan warna pada permukaan benda

Anda dapat mengubah warna acian semen menjadi biru, hijau, merah, atau warna lainnya. Anda dapat melakukan ini dengan melapisi permukaan dengan cairan cat.

2. Melindungi permukaan benda

Anda dapat menggunakan cat untuk dapat melindungi permukaan benda. Sepeti contoh, cat dapat mencegah tumbuhnya lumut dan jamur pada permukaan dinding agar bersih dan awet. 

3. Membantu melindungi dari bakteri

Terdapat beberapa jenis cat yang dapat mengurangi kadar kelembapan pada permukaan bangunan. Hal ini membuat dinding tidak lagi menjadi tempat tumbuh kembang bakteri yang berbahaya untuk manusia.

4. Menutup kekurangan bangunan

Merk cat terbaik juga dapat memberikan fungsi untuk menutupi kekurangan dari bangunan. Hal ini dapat terlihat dari bidang bangunan yang tadinya retak atau cacat bisa menjadi mulus setelah dilapisi cat tersebut. 

5. Memberikan nuansa tertentu pada ruangan

Seperti contoh, cat merah akan  memberi kesan berani terhadap suatu ruangan, sedangkan warna emas akan memberikan kesan elegan dan mewah. 

Jenis Cat Tembok

Sebelum Anda mengetahui merk apa saja yang bagus, sebaiknya memahami terlebih dahulu jenis cat yang tersedia di pasar. Berikut adalah jenis ctembok yang dapat dilihat dari hasil akhirnya. 

1. Matte atau Doff

Matte atau doff adalah jenis cat yang kuat meresap dan menempel, sehingga menghasilkan efek kilap pada permukaan tembok. 

2. Eggshell

Eggshell adalah jenis cat yang bertekstur, tetapi halus. Cat tipe ini mempunyai tampilan yang mirip dengan kulit telur sehingga mudah untuk dibersihkan pada bagian permukaan.

Cat ini juga tidak terlalu memantulkan sinar matahari, sehingga cocok untuk digunakan dalam ruang tamu atau ruang keluarga. 

3. Satin

Apabila ingin mempunyai cat tembok interior yang bagus serta tahan lama, Anda bisa memilih cat ini. Cat satin tergolong mewah dan mempunyai tekstur yang lembut walaupun tidak begitu menempel. 

4. Glossy 

Cat glossy mempunyai dua jenis, high gloss dan semi-gloss. High gloss berfungsi memantulkan cahaya agar telihat lebih berkilau, yang disebabkan jenis ini sering dipakai di dinding eksterior yang sering terpapar sinar matahari.

Sedangkan untuk semi-gloss menawarkan tingkat kilap yang lebih rendah. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan jenis  ini pada ruangan yang beresiko terpapar noda. 

Alasan Menggunakan Cat Air yang Bagus untuk Tembok

Sebelum mengetahui pilihan cat air yang bagus, ada baiknya kita mengetahui kelebihannya terlebih dahulu. Berbeda dengan cat minyak, cat air digadang-gadang lebih ramah lingkungan dan cocok digunakan untuk mewarnai rumah Anda.

Pertama, cat ini tidak mengeluarkan bau yang menyengat karena tidak bersifat VCO. Artinya, cat air berbeda dengan cat minyak yang mengeluarkan senyawa organik, sehingga tidak bereaksi dengan atmosfer di sekitarnya. Setelah mengaplikasikannya, kita bisa menunggu cat ini kering tanpa perlu khawatir pernafasan kita terganggu.

Cat berbahan dasar air juga lebih cepat kering, hanya memerlukan 4-6 jam. Selain itu, cat air juga mudah diaplikasikan dengan kuas sintetis dan kelembabannya pun diserap dengan baik sehingga memberikan hasil yang maksimal. Hasil akhirnya pun beragam, mulai dari glossy hingga satin, tergantung jenis cat yang Anda gunakan.

Ketahanan cat air pun tak kalah dengan cat bahan lainnya. Warnanya bisa bertahan dalam waktu yang lama dan hasil pengecatan pun tidak akan mudah terkelupas.

Karena bahannya, cat ini mudah dibersihkan hanya dengan air. Anda tidak perlu menggunakan bahan lain untuk membersihkan dinding atau permukaan yang kotor, seperti terpentin. Apabila permukaannya berasal dari kulit, Anda bisa menambahkan sabun cuci tangan untuk membersihkan bagian yang kotor.

Deretan Cat Air yang Bagus untuk Rumah

Setelah mengetahui beberapa keunggulan cat air di atas, saatnya memilih cat air yang cocok untuk menghiasi rumah Anda. Berikut ini adalah pilihan cat air yang bagus berdasarkan rekomendasi dari Klopmart ini.

1. Dulux Catylac

Cat Dulux seri ini tersedia dalam tiga varian di Klopmart sesuai kegunaan dan hasilnya, yaitu: Catylac Interior, Interior Glow dan Exterior. Bedanya, Interior Glow akan memberikan hasil yang mengkilap pada bagian interior yang dicat sehingga terlihat lebih elegan.

Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dari seri Catylac ini. Bau cat yang dikeluarkan lebih rendah, serta kandungan VOC-nya pun lebih sedikit. Untuk varian Catylac Exterior, cat tahan terhadap cuaca dan jamur, sehingga kebersihan eksterior pun tetap terjaga.

2. Propan Glasskote

Apabila Anda ingin mencari cat genteng, gunakanlah Propan Glasskote ini. Cat ini cocok digunakan di bahan manapun, seperti beton, asbes, tanah liat dan lain-lain. Hasil akhirnya pun memuaskan, dengan pigmentasi warna yang kuat dan berkualitas.

Selain itu, Propan Glasskote juga tahan terhadap cuaca, lumut dan jamur, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama. Hasil pengecatannya menghasilkan warna yang kuat dan tidak akan pudar dalam waktu yang lama. Selain itu, cat ini juga cepat kering sehingga proses pengerjaannya bisa dilakukan lebih cepat.

3. Nippon Paint Vinilex

Pilihan cat water-based yang ketiga adalah Nippon Vinilex yang cocok digunakan untuk tembok. Keunggulan yang dimiliki cat ini lebih banyak, terutama sifatnya yang anti-jamur ini. Warna yang dihasilkan juga tahan lama dan tidak mudah mengelupas.

Ketika diaplikasikan pada dinding, hasil pengecatannya pun cepat kering. Selain itu, pengerjaannya juga mudah sehingga tidak memakan waktu yang lama.

4. Dulux Easy Clean

Terakhir adalah Dulux Easy Clean. Bagi Anda yang memiliki anak di rumah dan senang berekspresi dengan lukisannya, cat ini cocok digunakan karena mudah dibersihkan tanpa merusak lapisannya. Hasil pengecatannya pun halus dan mengeluarkan bau yang tidak menyengat.

Sama seperti tiga cat di atas, varian ini pun tersedia di Klopmart. Dengan keunggulan yang dimiliki, pastinya Anda ingin mengetahui harga Dulux Easy Clean dan menggunakannya untuk rumah Anda. Segera dapatkan cat air yang bagus dan mudah digunakan hanya di toko kami.

Baca juga: 5 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air


Sumber rujukan:

  • https://www.pinhome.id/blog/merk-cat-tembok-terbaik/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/cat-tembok-luar-rumah-60665

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya