Inilah Cara Renovasi Menjadi Dua Lantai Tanpa Membongkar Bangunan Awal

Perlu diketahui, ternyata ada cara renovasi menjadi dua lantai tanpa membongkar bangunan asal sehingga tidak menambah beban kerja yang ada. Meskipun terkesan lebih rumit, menambahkan lantai secara vertikal ternyata bisa menghemat biaya lebih besar. Penambahan lantai ini tentunya bukan pekerjaan yang sepele, jadi Anda harus bisa melakukan pertimbangan yang matang.

Mengapa orang membangun lantai dua dalam rumahnya? Alasannya bermacam-macam, mulai dari bertambahnya anggota keluarga dan membutuhkan privasi, menambahkan ruangan yang ingin digunakan, atau sekedar menjadi ruang jemur. Apapun motivasinya, penambahan lantai ini bisa dilakukan tanpa harus membongkar bangunan awal, sehingga Anda tetap bisa beraktivitas di rumah.

Lagipula, merenovasi rumah secara vertikal tanpa membongkarnya juga sudah menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Selain penghematan biaya, proses ini dinilai jauh lebih cepat sehingga hasilnya bisa dinikmati.
 

Memperkirakan Ukuran Lantai Dua

Ada baiknya melakukan beberapa langkah pengecekan bangunan sebelum mulai merenovasi rumah. Tujuannya sederhana, yaitu bisa mengetahui kapasitas dan luas ruangan yang bisa dibangun dan dirancang. Selain itu, Anda bisa memperkirakan rencana anggaran biaya renovasi rumah, sebab biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Pertama, Anda harus mengecek kekuatan bangunan rumah, seperti pondasi, kolom dan balok. Pastikan dulu apakah pondasi yang dimiliki sudah kuat untuk membangun lantai atas. Ini penting, karena pondasi memiliki fungsi untuk menopang beban yang ada di atasnya. 

Apabila belum kuat, Anda bisa menambahkan pondasi baru pada pondasi yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, perhatikan juga jenis tanah tempat rumah Anda berdiri agar bisa memastikan kedalaman pondasi sehingga bangunan lebih kokoh.

Setelahnya, rancanglah tata ruang berikut sirkulasi dan fungsinya. Idealnya, tata ruang yang ada di lantai dua harus sama dengan lantai di bawahnya, sehingga beban yang ditanggung pun tidak terlalu berat. Lokasi sanitasi dan listrik yang berada di lantai dua diusahakan sama dengan di lantai satu, karena kita tidak merombak seluruh bangunannya.

Sirkulasi berupa pemasangan tangga juga jangan diabaikan. Tidak mungkin Anda memasang lantai dua tanpa menggunakannya, kan? Karena itu, pertimbangkan juga lokasi serta ukuran tangga yang cocok sehingga ada akses untuk memasukinya.

Terakhir, sesuaikan juga dengan budget atau anggaran yang ada. Ini penting, karena biaya renovasi tidak sedikit. Apabila budget tidak mencukupi, alternatifnya adalah menambahkan ruang di lantai yang sudah ada.
 

Cara Renovasi Menjadi Dua Lantai Tanpa Membongkar Bangunan

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, barulah Anda bisa mulai melakukan proses renovasi vertikal dalam rumah. Inilah beberapa cara renovasi menjadi dua lantai tanpa membongkar bangunan asli yang bisa Anda terapkan.
 

1. Menghancurkan Atap

Ini adalah salah satu tips yang bisa digunakan dalam merenovasi rumah secara vertikal. Atap rumah akan dihancurkan dan ditanggalkan, kemudian dibangun dengan lantai tambahan dari nol. Setelah selesai, Anda bisa menambahkan bahan kaca dan memanfaatkan bagian lantai ini untuk menjemur pakaian.
 

2. Mengganti Atap

Cara ini dilakukan dengan memotong atap di sekitar tepinya, kemudian diangkat. Lantai atau tingkat yang baru ditambahkan dan dibingkai, kemudian atapnya dipasang kembali. Lebih efektif dari cara pertama di mana atap harus dihancurkan dan dibangun dari nol.
 

3. Melakukan Ekspansi (Perluasan)

Cara ini dilakukan dengan memperluas tingkat atas di bagian yang sebelumnya sudah ada. Contohnya, Anda bisa menambah lantai secara vertikal di atas garasi atau teras atap datar.
 

4. Metode Desain Modular

Tips yang terakhir ini dianggap lebih cepat dan hemat. Lantai yang akan ditambahkan dibangun terlebih dulu di lokasi lainnya, kemudian dibawa dan dipasang di rumah Anda.

Apakah Anda tertarik mencobanya setelah mengetahui cara renovasi menjadi dua lantai tanpa membongkar bangunan? Setelah mengetahuinya, Anda bisa mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam menambahkan lantai rumah, salah satunya, lem beton AM76 ini. Hasil pemakaian lem ini sangat memuaskan, karena bisa menyatukan beton yang lama dan baru saat merenovasi rumah. Segera dapatkan lem ini hanya di Klopmart.

Baca juga: Bahan-bahan Bangunan yang Penting Untuk Renovasi Rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
04 Sep 2021

Related Article