8 Cara Pemasangan Granit yang Tepat dan Aman

Pemasangan granit adalah salah satu langkah penting dalam proses pembangunan atau renovasi interior, jika begitu sudahkah Anda tahu bagaimana cara pemasangan granit? Granit adalah material yang sangat populer untuk dinding, lantai, atau permukaan meja karena keindahan dan ketahanannya. 

Granit merupakan jenis batuan beku yang terbentuk dari kristal-kristal mineral, seperti feldspar, kuarsa, dan mika. Batuan ini memiliki tekstur yang cukup kasar dan permukaan yang tahan lama, tetapi dapat dipoles dengan baik sehingga menghasilkan hasil yang memukau. Granit terkenal oleh keindahan alaminya dengan beragam pola dan warna, serta ketahanannya yang luar biasa terhadap goresan dan panas. 

Karenanya tampilannya yang cantik, granit menjadi salah satu produk pilihan utama yang sering digunakan dalam desain interior, terlebih karena sifatnya yang tahan lama dan mudah dirawat. Jika Anda tertarik untuk memasang granit dan mendapatkan hasil yang indah serta tahan lama, pemasangannya harus dilakukan dengan benar. 

Berikut adalah panduan lengkap cara pemasangan granit yang tepat dan aman: 

8 Cara Pemasangan Granit 

Sebagai material yang populer digunakan, granit cukup mudah untuk ditemukan dan dapat dipasang tanpa bantuan profesional. Namun, untuk memastikan granit terpasang dengan baik dan aman, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama proses pemasangannya. 

1. Tentukan Jenis Granit yang Sesuai

Langkah pertama dalam memasang granit adalah memilih jenis granit yang tepat untuk area yang nantinya akan dipasang. Pastikan untuk memperhatikan kualitas dan ketebalan granit karena akan sangat mempengaruhi daya tahan granit kedepannya. Pilihlah jenis granit yang sesuai dengan estetika dan desain interior Anda. 

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan ketahanan bahan dan perawatan yang dibutuhkan. Beberapa jenis granit memiliki ketahanan yang berbeda, sehingga jika Anda akan memasangnya di dapur, pastikan granit tahan terhadap panas dan noda. Pertimbangkan juga perawatan khusus yang dibutuhkan pada granit yang Anda pilih karena beberapa  granit mungkin memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Granit dan Keramik Pada Umumnya

2. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pemasangan granit, pastikan untuk mempersiapkan alat-alat seperti gunting granit, penggaris, palu, dan sealer. Selain itu, bahan-bahan lain seperti semen, pasir, dan kawat anyaman juga mungkin perlu disiapkan. 

Pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum memulai pemasangan granit. Kesiapan yang baik akan membantu memastikan proses pemasangan berjalan lancar dan memenuhi harapan Anda. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemasangan yang juga disediakan oleh produsen granit. 

3. Bersihkan Area Pemasangan 

Sebelum memulai pemasangan granit, pastikan area pemasangan granit dalam kondisi yang rata, kering, dan bersih. Bersihkan semua debu, kotoran, atau sisa-sisa lainnya. Jika terdapat kerusakan struktural, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan granit. 

4. Buatlah Garis Panduan

Untuk memudahkan pemasangan granit, ukur permukaan dengan cermat dan tentukan tata letak granit yang diinginkan. Kemudian buatlah garis-garis panduan dengan menggunakan penggaris. Garis-garis ini akan menjadi titik awal untuk pemasangan granit nantinya. 

5. Persiapan Granit 

Setelah garis panduan telah dibuat, potong granit sesuai dengan ukurang yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan gunting granit atau mesin pemotong granit agar hasil lebih tepat dan akurat. Pastikan polanya sesuai dengan garis panduan yang telah Anda buat sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan Granit dan Marmer yang Wajib Anda Ketahui!

6. Pasang Granit 

Mulailah memasang granit dari satu sudut ruangan atau titik awal yang telah ditentukan sebelumnya. Sesuaikan potongan granit untuk menciptakan pola atau tata letak yang sudah diatur sebelumnya. Ini mungkin melibatkan pemotongan lebih lanjut atau penyesuaian untuk memastikan potongan sesuai dengan desain yang diinginkan. 

7. Isi Celah Antar Granit 

Jika Anda menggunakan metode basah, setelah granit terpasang, isi celah antara granit dengan campuran semen dan pasir secara merata. Jika campurannya tidak merata, permukaan granit juga akan menjadi tidak rata sehingga akan menghilangkan tampilan istimewanya

Sedangkan, jika Anda menggunakan metode kering, maka tekanlah granit dengan kuat ke dalam perekat, lalu gunakan spacer granit untuk menjaga jarak konsisten antara potongan granit. Pastikan bahwa setiap granit tertempel dengan baik sehingga nantinya tidak terlepas. 

8. Finishing 

Setelah granit terpasang dan celah antar granit sudah terisi dengan sempurna, hapus sisa-sisa semen, pasir, atau perekat dari permukaan granit dengan hati-hati. Pastikan granit bersih dan siap digunakan. 

Jika granit Anda memerlukan penyegelan untuk melindungi permukaan, aplikasikan penyegel sesuai petunjuk produsen setelah pemasangan selesai.

Baca juga: 15 Jenis Keramik Motif Kayu, Cocok Untuk Rumah Minimalis Anda!

Perawatan Setelah Pemasangan 

Setelah granit terpasang, pastikan untuk merawatnya dengan baik agar tetap terlihat indah dan kuat selama bertahun-tahun. Perawatan yang baik setelah pemasangan granit adalah kunci untuk mempertahankannya tetap kuat. 

1. Bersihkan Permukaan Granit

Membersihkan permukaan granit dari debu dan noda  harus dilakukan secara berkala agar keindahannya tetap terjaga. Gunakanlah deterjen ringan atau pembersih khusus granit yang tidak mengandung bahan kimia keras dan lap bersih untuk membersihkan permukaan granit. 

Hindari penggunaan produk pembersih abrasif atau berbasis asam, karena ini dapat merusak permukaan granit. Lap permukaan granit dengan kain lembut atau spons yang tidak berpori untuk menghindari goresan.

Baca juga: 7 Cara Merawat Lantai Granit agar Selalu Mengkilap

2. Gunakan Sealer

Sealer  adalah bahan yang digunakan untuk melindungi permukaan granit dari noda, kelembapan, dan cairan lainnya. Menggunakan sealer secara berkala akan membantu mempertahankan tampilan cantik granit. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk produsen sealer yang Anda gunakan untuk hasil terbaik dalam perawatan granit Anda. 

3. Perawatan Berkala 

Selain penyegelan berkala, pertimbangkan juga untuk mengadakan perawatan berkala oleh profesional. Perawatan ini dapat meliputi perawatan ulang penyegelan atau perbaikan jika ada kerusakan pada permukaan granit. 

Granit adalah pilihan yang luar biasa untuk desain interior, mulai dari memberikan keindahan alami hingga kekuatannya yang menakjubkan. Namun, kesuksesan dalam pemasangannya bergantung pada bagaimana Anda menerapkan cara pemasangan granit yang cermat. 

Untuk memudahkan pemasangan granit, Klopmart menawarkan solusi inovatif melalui produk MU-400. Produk ini memiliki berbagai keunggulan yang tentunya akan sangat membantu Anda memasang granit dengan cepat. 

MU-400 memiliki daya rekat yang tinggi sehingga cukup mudah untuk diaplikasikan, terlebih MU-400 dapat diaplikasikan pada permukaan plesteran maupun beton. Keunggulan lainnya adalah produk ini tidak cepat mengering pada saat diaplikasikan dan juga tahan terhadap muai-susut. 

Anda tentunya tidak perlu khawatir, Klopmart jual MU-400 dengan panduan lengkap, mulai dari persiapan, perlengkapan yang dibutuhkan, proses pengadukan, hingga cara pengaplikasiannya sehingga ini dapat memudahkan Anda dalam memasang granit. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk pemasangan granit dengan semen berkualitas unggul. Hubungi Klopmart sekarang dan temukan solusi terbaik pemasangan granit di rumah Anda! 

Sumber rujukan : 

  • https://www.hgtv.com/design/rooms/kitchens/how-to-install-a-granite-kitchen-countertop 

  • https://arafuru.com/sipil/trik-cara-pasang-granit-yang-baik-dan-benar.html

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya