Atap & Lantai

7 Cara Pemasangan Atap Polycarbonate yang Tepat

Media
12 Okt 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Polycarbonate telah menjadi salah satu pilihan yang semakin populer dalam dunia desain bangunan saat ini. Tahukah Anda  atap polycarbonate dapat dipasang sendiri? Ya, ada cara pemasangan atap polycarbonate yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan panduan dan saran yang lengkap, Anda akan dapat menciptakan atap transparan dengan pencahayaan alami yang akan merubah suasana rumah menjadi lebih cerah. 

Atap polycarbonate telah menjadi tren dan solusi menarik untuk beberapa jenis proyek bangunan karena kelebihannya. Terlebih atap polycarbonate memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap cuaca eksternal dan memberikan pencahayaan alami. 

Baca juga: Sebelum Membeli, Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Jika Anda tertarik untuk menggunakan atap polycarbonate, Anda tak perlu khawatir akan pemasangan yang ribet dan membingungkan. Bagi Anda yang ingin melakukan proyek DIY (Do-it yourself), temukan cara pemasangan atap polycarbonate yang tepat, mulai dari persiapan awal hingga teknik pemasangan yang tepat berikut ini: 

7 Cara Pemasangan Atap Polycarbonate 

Atap polycarbonate menjadi salah satu pilihan populer untuk atap rumah karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik, terlebih karena sisi estetika yang diberikan. Namun, sekalipun dapat dilakukan sendiri, pemasangan atap polycarbonate membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang agar hasilnya memuaskan. 

1. Persiapan Alat dan Bahan 

Langkah pertama dari pemasangan atap polycarbonate adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan selama proses pemasangan nantinya. Persiapan ini dibutuhkan agar nantinya ketika proses pemasangan dimulai, Anda tidak perlu lagi repot mencari alat atau bahan yang diperlukan sehingga proses tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Umumnya alat dan bahan yang diperlukan adalah lembaran atap polycarbonate, penjepit polycarbonate atau baut penyangga, bahan isolasi seperti sealant atau penyegel atap, alat pemotong. pengukur, alat pengencang seperti sekrup atau paku, tang, dan tangga atau peralatan akses lainnya.

Pastikan juga bahwa struktur yang akan menjadi bingkai atap polycarbonate sudah siap dan terpasang dengan benar. Sebaiknya kemiringan atap Anda setidaknya 5 derajat atau 88 mm per meter. Ini akan memastikan drainase air yang lebih memadai.

Baca juga: Mengenal Ukuran Polycarbonate untuk Atap Rumah

2. Pengukuran dan Pemotongan 

Langkah berikutnya adalah pengukuran dan pemotongan atap polycarbonate sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk mengukur panjang, lebar, dan dimensi lainnya secara relevan agar lembaran atap sesuai dengan area atap yang akan ditutupi.

Kemudian, potonglah atap polycarbonate dan pastikan potongan tersebut sesuai dengan ukuran yang sudah disiapkan. Pastikan tepi potongan rapi dan tidak tajam untuk menghindari cedera saat pemasangan.

Gunakanlah alat pemotong yang sesuai untuk polycarbonate, seperti gergaji tangan dengan mata gergaji tajam atau gergaji listrik dengan mata yang dirancang khusus untuk polycarbonate. Jangan lupa untuk melakukan pengukuran ulang pada area yang akan ditutupi untuk memastikan apakah ukuran atap sudah sesuai dengan yang diinginkan. 

3. Pembuatan Lubang 

Salah satu langkah penting dalam pemasangan atap polycarbonate adalah pembuatan lubang untuk pengencang. Langkah ini memungkinkan Anda untuk mengamankan lembaran atap polycarbonate dengan aman ke dalam bingkai atau struktur yang telah disiapkan.

Pastikan Anda telah menentukan lokasi lubang dan memberikan jarak yang cukup, umumnya sekitar 2 hingga 3 inci dari tepi lembaran untuk mencegah keretakan material polycarbonate.

Anda bisa menggunakan alat pengeboran untuk membuat lubang pada tiap lembaran atap polycarbonate yang sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan. Sebaiknya, alat pengeboran yang digunakan sesuai untuk atap polycarbonate, seperti bor khusus untuk polycarbonate atau bor kayu dengan mata bor yang tajam. Jangan menggunakan mata bor yang tumpul karena dapat menyebabkan kerusakan pada lembaran polycarbonate. 

4. Pemasangan Selotip

Setelah lubang dibuat, sebaiknya setiap ujung lembaran atap polycarbonate ditutup dengan selotip. Pastikan selotip terpotong dengan ukuran yang pas dan terpasang secara rapi karena ini akan membantu mencegah kebocoran nantinya.

Selain itu, menutup ujung atap polycarbonate yang terbuka juga akan mencegah kelembapan dan debu yang masuk kedalam menjadi masalah nantinya. Maka dari itu, pasanglah selotip dengan teliti agar tiap ujung atap tetap bersih. 

5. Perangkaian Atap Polycarbonate 

Tentukan urutan perangkaian atap polycarbonate yang tepat dan pasang dengan benar pada rangka atap. Letakan lembaran atap polycarbonate di atas bingkai dan pastikan setiap posisinya sesuai. dengan sisi yang terlindungi sinar UV menghadap ke arah atas. Anda mungkin bisa menggunakan profil H untuk atap agar lebih mudah dirangkai.

Saat memasang atap, mulailah dengan lembaran yang paling bawah terlebih dahulu. Perubahan suhu akan menyebabkan pemuaian dan penyusutan, jadi berikan sedikit kelonggaran pada atap. Pasang lembaran melalui bagian tengah lubang yang telah dibuat sebelumnya, lalu kencangkan secukupnya agar tidak bergerak. 

6. Penyegelan dan Perekatan

Setelah Anda telah merangkai atap polycarbonate dengan tepat, gunakan gasket atau sealant di sekitar tepi lembaran polycarbonate untuk memastikan tidak ada kebocoran air. Anda bisa menggunakan baut penyangga atau penjepit polycarbonate untuk mengencangkan lembaran pada penyangga atap.

Anda juga perlu memperhatikan gasket dan sealant yang dipakai dalam proses pemasangan atap polycarbonate. Pastikan Gasket dan Sealant yang dapat merusak panel atap polycarbonate, seperti gasket PVC.

Baca juga: Apa Itu Atap Go Green? Kenali 9 Kelebihannya

7. Pembersihan Akhir 

Setelah Anda selesai memasang semua lembaran atap polycarbonate dan memastikan bahwa semuanya terpasang dengan aman dan rapi, maka Anda sudah dapat melakukan pembersihan akhir. Langkah terakhir ini sangat penting untuk memastikan hasil atap sudah bersih dan jernih. 

Karena mungkin akan terdapat bekas-bekas bahan perekatan, Anda bisa menggunakan air bersih atau larutan pembersih yang lembut untuk membersihkan permukaan atap polycarbonate. Jika Anda menggunakan sealant, pastikan untuk membersihkan residu penyegel yang berlebihan secara hati-hati. 

Tahap akhir ini mungkin terlihat sepele, tetapi dengan melakukannya, Anda akan menjaga atap polycarbonate tetap dalam kondisi terbaiknya untuk jangka waktu lama. 

Pemasangan atap polycarbonate membutuhkan perencanaan dan persiapan yang benar-benar matang. Mulai dari awal proses persiapan hingga akhir, pastikan untuk memeriksa kembali setiap bagian atap polycarbonate. Pastikan untuk memahami dan mengikuti panduan yang disediakan produsen untuk memastikan pemasangan yang tepat dan aman. 

Penting untuk diingat bahwa cara pemasangan atap polycarbonate tetap bisa menjadi rumit tergantung pada jenis bangunan, lokasi, dan lain-lain.Anda mungkin saja akan memerlukan bantuan profesional jika Anda tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup. 

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakan atap polycarbonate di rumah? Bingung ingin membeli atap polycarbonate atau bahkan kebutuhan atap, dinding, dan lantai lainnya dimana? 

Klopmart dengan senang hati memenuhi kebutuhan desain interior dan eksterior rumah Anda. Klopmart menawarkan berbagai produk berkualitas tinggi, seperti atap polycarbonate, bahan dinding, dan material lantai terbaik. Dengan berbagai pilihan produk menarik ini, Anda dapat menciptakan rumah yang estetik dan kuat. 

Klopmart menjual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai dengan harga yang murah dan pemesanan mudah sehingga Anda tidak akan kesusahan dalam menemukan setiap kebutuhan Anda. Kunjungi Klopmart sekarang dan temukan produk-produk terbaik untuk rumah Anda. 

Sumber rujukan: 

  • https://www.metalroofingonline.com.au/hti-polycarbonateroofing/ 

  • https://www.impack-pratama.com/5-cara-mudah-pasang-polycarbonate-twinlite-gen-2/ 

  • https://arafuru.com/m/sipil/panduan-pemasangan-atap-polycarbonate-untuk-pemula.html 

Inspirasi Lainnya

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Konstruksi

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Selengkapnya
6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konstruksi

6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Selengkapnya
8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya