6 Cara Pasang Paving Block Segi Enam

Cara pasang paving block segi enam ternyata sangat mudah. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus menyewa jasa tukang bangunan. Tentu saja hal ini bisa menghemat biaya pemasangan paving block untuk menghias area teras depan atau eksterior rumah lainnya.

Paving block berbentuk segi enam makin banyak dipilih untuk menutup tanah di area eksterior rumah. Banyak orang memilih bentuk segi enam karena terlihat lebih modern daripada blok segi empat atau balok. Hanya saja, pemasangan paving block segi enam membutuhkan tingkat keakuratan yang lebih besar daripada blok segi empat.

Itulah pentingnya membaca dan memahami panduan pemasangan paving block segi enam sebelum memulai proses pembangunannya. Kali ini, Klopmart akan membahas urutan pemasangan paving block segi enam sebagai panduan Anda. Mari simak pembahasannya sampai selesai!

Baca juga: Kegunaan Semen Berdasarkan Jenisnya Untuk Konstruksi

Cara Pasang Paving Block Segi Enam di Teras Rumah Anda

Proses pemasangan paving block tentu memerlukan beberapa tahap persiapan, mulai dari survei, pembersihan area, hingga pengukuran. Setelahnya, barulah Anda bisa memasang paving block dan melakukan finishing-nya. Perhatikan urutan pemasangan paving block segi enam di bawah ini.

1. Survei Kondisi Area Pemasangan

Pertama, Anda perlu melakukan survei atau observasi untuk mengetahui kondisi eksterior rumah. Survei ini juga berguna untuk mengetahui permasalahan pada halaman atau teras rumah Anda. Salah satunya, melakukan pengurukan atau pembongkaran lapisan tanah sebagai langkah leveling. Leveling berguna supaya Anda dapat mengetahui ketinggian permukaan tanah yang diinginkan agar lebih aman dan nyaman saat digunakan.

2. Bersihkan Tempat Pemasangan Paving Block

Area pemasangan paving block pasti terdiri dari kotoran seperti daun, sampah, rerumputan, kerikil, dan sebagainya. Bersihkan dahulu area tersebut supaya tidak ada paving block yang terlihat lebih menonjol daripada yang lainnya. Kotoran tersebut justru akan membuat susunan paving block jadi tidak kuat menempel pada permukaan tanah.

3. Ukur Area Pemasangan dengan Benang

Masih dalam tahap persiapan, Anda harus melakukan pengukuran area pemasangan paving block menggunakan benang dan meteran. Pengukuran yang tepat akan membuat tampilan akhir paving block terlihat lebih rapi dan presisi. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui jumlah blok segi enam yang harus digunakan. 

Cara mengukurnya sederhana, yakni hanya mengukur luas bagian halaman rumah yang akan dipasangi paving block. Jangan lupa untuk memasang benang di sekeliling area pemasangan sebagai pembatasnya.

4. Taburkan Alas Paving Block

Di sinilah proses pemasangan paving block dimulai. Anda bisa menaburkan material sebagai alas atau fondasi untuk menempatkan paving block. Alas ini berguna supaya permukaan tanah lebih rata dan tidak bergelombang. Banyak material bangunan yang cukup kuat sebagai alas paving block, seperti pasir, semen, atau cadas halus. Namun, lebih baik Anda menggunakan semen instan merek MU 301 agar proses pemasangan paving block lebih cepat.

5. Mulai Pemasangan Paving Block Segi Enam

Apabila permukaan tanahnya sudah rata, barulah Anda bisa memulai pemasangan paving block segi enam. Susunlah paving block segi enam dengan cara mengarah ke depan dan pastikan ukuran celahnya tidak terlalu besar. Gunakan palu karet atau palu plastik untuk merapatkan susunan paving block-nya. Pada bagian ujung area pemasangan, Anda bisa memotong bloknya terlebih dahulu agar bisa menutupi celah dengan sempurna.

Baca juga: Cara Pasang Rumput Sintetis Outdoor serta Indoor yang Benar

6. Tutup Bagian Nat atau Celah Paving Block

Ketika dilihat secara keseluruhan, Anda pasti melihat ada nat atau celah kosong di sela-sela paving block segi enam setelah pemasangan. Celah tersebut perlu ditutup supaya paving block tidak mudah terlepas atau goyah. Gunakan sekop atau sapu lidi, kemudian sapukan semen instan ke nat atau celah susunan paving hingga rata. Pastikan seluruh area natnya sudah tertutup sehingga tidak ada lagi rongga antar paving block.

Bagaimana? Tidak sulit memasang paving block segi enam di halaman rumah Anda, bukan? Mulailah memasang paving block pada area tanah yang kurang terawat sehingga tampilan eksterior lebih indah. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan jalanan yang lebih rata, mulus, dan aman untuk dilewati apabila memasang paving block segi enam.

Paving block juga membutuhkan langkah perawatan yang lebih praktis. Cukup bersihkan area yang kotor dengan air bersih dan sabun, Anda bisa mendapatkan tampilan paving block yang bersih seperti sediakala. Walaupun sudah berlumut, paving block masih bisa dibersihkan dengan cairan anti jamur hingga lumutnya hilang.

Walaupun berukuran ringan, paving block cukup kuat dan tidak mudah retak sehingga bisa dipasang pada area carport. Bangunan rumah atau patio di atas paving block pun terlihat lebih stabil. Kuncinya, Anda perlu memilih balok bata yang berkualitas tinggi dan tidak mudah pecah. Pastikan juga cara pemasangannya dilakukan dengan tepat sesuai panduan di atas supaya paving block-nya lebih terkunci.

Selain panduan di atas, Anda pun membutuhkan material berkualitas tinggi untuk memasang paving block. Klopmart merekomendasikan MU 301, produk semen instan andalan sehingga Anda tidak perlu mengolah semen dari awal. Gunakan MU 301 supaya tampilan akhir paving block segi enam di eksterior rumah Anda terlihat lebih rapi. Hasil tempelannya akan lebih kuat sehingga jalanan teras rumah terlihat lebih halus dan indah.

Tunggu apalagi? Hubungi kami segera dan dapatkan produk MU 301 untuk hasil pengerjaan pemasangan paving block segi enam yang lebih estetik. Kami akan langsung mengirimkan produknya ke rumah Anda tanpa tambahan ongkos kirim untuk wilayah Jabodetabek. Setelah mendapatkan produknya, barulah Anda bisa mempraktikkan cara pasang paving block segi enam dalam artikel ini!

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Nov 2022

Related Article