Bagaimana Cara Merawat Lantai Granit agar Selalu Bersih dan Mengkilap?

Sudah tahukah Anda cara merawat lantai granit? Sebagai salah satu bahan material lantai yang banyak diminati, granit memang menawarkan keindahan tampilan yang mampu meningkatkan estetika bangunan. Ditambah lagi, penggunaan lantai granit bisa memberikan nilai keindahan, elegan, dan mewah pada ruangan. 

Akan tetapi, permukaan granit yang memiliki pori-pori menjadikan granit ini dianggap sulit dalam perawatannya. Setiap orang tidak bisa sembarangan dalam merawat dan membersihkan lantai berbahan granit dan perlu kehati-hatian dalam merawatnya. Berikut beberapa cara merawat lantai granit dengan benar dan tepat. 

Cara Merawat Lantai Granit Agar Selalu Bersih dan Mengkilap


Sifat granit yang cukup sensitif sehingga mudah terpengaruh dengan beberapa hal atau barang yang menyebabkan lantai granit kusam. Oleh karena itu, perlu perawatan yang ekstra untuk merawatnya agar tetap bersih dan mengkilap. Berikut beberapa cara untuk merawat lantai granit agar selalu bersih dan mengkilap:

1. Bersihkan Lantai Granit Setiap Hari 

Cara merawat lantai granit yang pertama yakni rajin untuk dibersihkan setiap hari. Hal ini sangat penting dilakukan agar lantai granit tidak mudah kusam dan terlihat kotor akibat kotoran atau debu yang ada setiap harinya.

Maka dari itu, lantai granit perlu dipel setiap hari dan juga untuk membersihkannya perlu menggunakan bahan pembersih biasa ataupun produk khusus lantai granit yang dicampurkan dengan air panas.    

2. Poles Granit Secara Berkala 

Cara berikutnya dengan melakukan poles pada lantai granit secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas granit agar tetap mengkilap. Akan tetapi, pemolesan ini harus menggunakan alat khusus sehingga dalam prosesnya dapat dilakukan oleh jasa poles granit profesional yang sudah ahli di bidangnya agar hasilnya lebih optimal.  

3. Lakukan Pengilapan Mingguan 

Kemudian, cara lain dalam merawat lantai granit dengan melakukan pengilapan secara rutin seminggu sekali. Proses pengilapan ini dilakukan dengan menggunakan produk atau cairan khusus untuk lantai granit. Selain itu, dalam melakukan pengilapan lebih disarankan untuk menggunakan air yang tidak mengandung klorin ataupun mineral lainnya. 

4. Gunakan Alat yang Tidak Menggores Lantai Granit

Dalam merawat lantai granit, selain harus rutin untuk perawatan tentunya juga menggunakan peralatan yang aman seperti pel yang tidak menggores lantai granit. Beda halnya dengan lantai biasa atau lantai keramik, lantai berbahan granit tidak bisa menggunakan alat pel sembarangan. 

Hindari juga untuk menggunakan alat-alat yang bisa menimbulkan abrasi terhadap lantai granit. Salah satu alat yang dapat digunakan secara aman untuk lantai granit menggunakan kain yang lembut seperti kain microfiber. 

6. Segera Bersihkan Tumpahan 

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa granit memiliki sifat yang cukup sensitif termasuk dengan cairan yang tumpah bahkan hingga air biasa pun dapat menodai lantai granit. Karena hal itu, upaya pencegahan agar noda tidak berbekas pada lantai granit, sangat dianjurkan untuk segera membersihkan tumpahan tersebut. 

Tentunya tetap dengan kehati-hatian dalam membersihkannya serta pastikan untuk mengeringkannya dengan kain yang bersih. Jangan menyeka atau menggosoknya dengan keras karena akan membuat noda semakin menempel pada pori-pori lantai granit. 

7. Gunakan Pembersih Lantai Granit Alami 

Dalam membersihkan lantai granit, bisa dilakukan juga dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran baking soda dan air. Campuran ini dinilai cukup ampuh dalam membersihkan noda yang cukup sulit dibersihkan. 

Caranya cukup mudah, pertama larutkan 10 sendok teh baking soda dengan 1 liter air keran dalam ember. Kemudian celupkan kain berbahan lembut atau kain microfiber pada larutan baking soda. lalu, oleskan kain pada lantai granit hingga terlihat mengkilap.

Baca juga: Sudah Tahu Belum! Ini 8 Perbedaan Granit dan Marmer, Mana yang Lebih Baik?

Cara Menghilangkan Goresan Pada Lantai Granit


Selain noda debu dan kotoran, lantai granit juga tidak lepas dari bekas goresan-goresan benda tajam pada permukaannya. Lalu apakah goresan tersebut bisa dihilangkan? Jawabannya tentu saja bisa, berikut adalah cara untuk menghilangkan goresan pada lantai granit:

1. Grinding

Proses grinding merupakan proses perataan gorengan pada permukaan lantai granit. Proses ini berfungsi agar goresan pada lantai granit bisa tersamarkan. Alat yang bisa digunakan dalam proses ini adalah batu grinding atau bisa disebut juga dengan diamond pad.

Proses pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan diamond pad secara bergantian dimulai dari ukuran 30, 50, 100, 500, 1000, hingga berukuran 2000. Diamond pad ini dipasangkan pada mesin buffing yang selanjutnya akan diaplikasikan pada seluruh permukaan lantai granit. Kemudian jika dirasa sudah cukup halus, maka alat grinding tersebut dapat diganti dengan ukuran yang lebih halus hingga mencapai ukuran 2000.

2. Kristalisasi 

Proses berikutnya adalah kristalisasi dengan tujuan membuat permukaan pada lantai granit lebih mengkilap. Pada proses ini, memerlukan bahan penting berupa obat serbuk kristal yang dapat dibeli secara online. Cara pengerjaannya pun cukup mudah yaitu dengan menaburkan secukupnya bubuk kristal tersebut pada permukaan lantai granit yang sudah di grinding. 

Kemudian, basahi permukaan lantai dengan air sedikit demi sedikit. Menyalakan kembali mesin buffing dengan diamond pad berukuran 2000. Gilas bubuk kristal tersebut menggunakan mesin buffing secara merata. Kerjakan langkah ini hingga permukaan lantai granit terlihat mengkilap dan bersinar.

Baca juga: Kode Keramik Kw 1, 2, dan 3: Ciri-Ciri dan Cara Bacanya

3. Finishing

Proses finishing dilakukan dengan cara pengaplikasian bahan finishing yang bertujuan untuk menutupi permukaan lantai granit supaya lantai granit tampak menarik dan juga terlindungi. Proses ini bisa menggunakan produk pelapis khusus untuk lantai granit berbentuk krim. 

Bagian finishing ini bisa dilakukan dengan mengoleskan bahan pelapis pada permukaan lantai granit secara merata. Diamkan krim selama 30-60 menit agar terserap hingga pori-pori lantai granit. Setelah mengering, ratakan kembali dengan menggunakan mesin buffing yang sudah dipasang steel wool

Di sisi lain, ada pula cara alternatif dalam menghilangkan goresan pada lantai granit. Pertama Anda dapat membersihkan permukaan lantai dari debu, kotoran, dan akumulasikan bahan coating granit yang berlebih dengan menggunakan wax stripper.

Selanjutnya, tambal goresan pada permukaan lantai granit dengan menggunakan katalis, resin, atau pewarna yang sesuai. Kemudian ratakan permukaan lantai granit dengan menggosoknya menggunakan diamond disk berskala besar-kecil secara berturut-turut.

Warnai bekas tambalan tersebut dengan warna yang sesuai warna granit tersebut, kemudian lakukan proses kristalisasi hingga granit tampak mengkilap seperti baru. Beri lapisan pada permukaan lantai granit dengan cairan chemical sealer untuk melindungi dan mencegah munculnya noda yang sulit dibersihkan.

Demikian tadi cara merawat lantai granit agar selalu bersih dan mengkilap. Hal terpenting dalam merawat granit sebenarnya adalah harus selalu rajin untuk membersihkannya dan juga perlu kehati-hatian. Perhatikan juga alat dan bahan yang digunakan dalam merawat lantai granit agar tidak mudah kusam dan mengkilap seperti baru. 

Bukan hanya, penting dalam memahami perawatan dan cara membersihkan lantai granit, saat melakukan pemasangan pun Anda perlu memperhatikan setiap materialnya. Salah satunya adalah semen yang merekatkan lantai. Pasalnya, hal ini akan memengaruhi keawetan dan ketahanan lantai granit nantinya. 

Nah, jika Anda membutuhkan produk semen instan terbaik, Klopmart jual MU 400 dengan kualitas tinggi yang merekatkan lantai granit dengan kuat dan anti geser. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli kebutuhan bahan bangunan di Klopmart. Selain banyak promo, Klopmart juga menawarkan gratis ongkir ke area Jabodetabek. 

Tunggu apalagi? Kunjungi Klopmart sekarang juga. Semoga informasi tentang cara merawat lantai granit ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber rujukan:

  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/19/092608876/panduan-dan-tips-merawat-lantai-granit-agar-terus-berkilau?page=all

  • https://decorindoperkasa.com/cara-merawat-lantai-granit/

  • https://www.pinhome.id/pinhome-home-service/insight/cara-membersihkan-lantai-granit/

  • https://berita.99.co/cara-membersihkan-lantai-granit-yang-kusam/

  • https://artikel.rumah123.com/6-cara-membersihkan-lantai-granit-yang-kusam-auto-mengilap-52502

  • https://arafuru.com/perawatan/cara-menghilangkan-goresan-di-lantai-granit.html

  • https://rumahlia.com/desain/lantai/cara-menghilangkan-goresan-pada-granit

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya