Home & Living

6 Cara Menutup Dinding yang Jelek dengan Mudah dan Kreatif

Media
31 Jan 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara menutup dinding yang jelek bisa diakali dengan berbagai langkah kreatif. Kabar bagusnya, Anda bisa mengubah tampilan dinding dengan praktis. Ornamen yang cantik dan bahan bangunan seperti cat bisa menjadi senjata utama Anda. 

Rumah akan terlihat baru apabila dilakukan perbaikan dindingnya. Anda juga bisa mengganti suasana rumah hanya dengan mengaplikasikan cara kreatif untuk menutup dinding. Ruangan yang awalnya terlihat monoton menjadi lebih ceria berkat perubahan yang Anda lakukan.

6 Cara Menutup Dinding yang Jelek dengan Langkah Kreatif

Dinding adalah komponen paling besar, sehingga perubahan tampilannya akan memengaruhi suasana ruang di sekitarnya. Kesan pertama seseorang terhadap sebuah ruangan juga dipengaruhi oleh tampilan dindingnya.

Dinding yang retak, berlumut, dan kotor jelas menurunkan nilai estetika ruangan. Orang mana yang betah berlama-lama di ruangan tersebut? Kabar bagusnya Anda bisa menutupi bagian dinding yang jelek dengan langkah yang kreatif.

Perlu diingat, dinding yang kotor atau berlumut harus dibersihkan dulu sebelum ditutupi. Langkah ini diperlukan agar sanitasi ruangan tetap terjaga. Menutupi dinding yang kotor tanpa membersihkannya akan memengaruhi kesehatan pengguna ruangan tersebut.

Anda bisa menerapkan enam pilihan cara menutup dinding yang jelek di bawah ini.

1. Wallpaper

Pilihan yang bisa diandalkan adalah memasang wallpaper pada dinding. Wallpaper mampu menutup bagian dinding yang rusak dengan sempurna, selama pemasangannya juga dilakukan dengan tepat. Tampilan ruangan menjadi lebih indah dengan pilihan corak wallpaper yang menarik.

Anda bisa memasang wallpaper secara menyeluruh atau hanya sebagian ruangan. Pilihlah desain wallpaper sesuai dengan desain interior ruangan Anda agar serasi dengan perabotan yang ada.


2. Pajangan Gambar

Gambar yang dipajang bisa berupa lukisan besar atau ornamen dinding lainnya. Pastikan ukuran ornamennya cukup untuk menutupi area dinding yang jelek atau retak. Langkah yang lebih kreatif adalah memasang kolase gambar di dinding, seperti adalah kumpulan foto keluarga atau pajangan berisi kata-kata mutiara.

3. Cermin

Cermin adalah ornamen yang brilian untuk menutupi dinding yang jelek. Selain berfungsi sebagai dekorasi, dinding juga menghasilkan efek ruangan yang lebih luas. Tipsnya adalah, gunakan ukuran dan bentuk dinding yang sesuai untuk melapisi dinding rumah Anda. Area dinding yang lebar bisa ditutupi dengan cermin horizontal atau vertikal berukuran besar. 

4. Cat

Mengecat ulang dinding memang butuh tenaga ekstra, tapi bisa mengembalikan tampilan yang indah. Gunakan cat bertekstur seperti efek washed, ragged, dan lain-lain. Cat dengan efek tekstur mampu meratakan bagian dinding yang retak lantaran lapisan catnya didesain agar tidak rata.

 

Baca Juga: 7 Jenis Cat Tembok Beserta Kegunaannya

 

Pemilihan warna cat harus diperhatikan karena berpengaruh pada tampilan ruangan secara keseluruhan. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat pola garis-garis dengan dua warna yang berbeda, seperti hitam-putih, biru-hijau, dan lain-lain.

5. Panel Dinding

Panel dinding (wall panel) adalah lembaran papan yang dibuat dengan beragam motif dan struktur. Kegunaannya wall panel adalah sebagai pelapis dinding, jadi cocok digunakan untuk menutup tampilan dinding yang jelek. Bahan panel dinding juga bervariasi, seperti PVC, kayu, hingga beton. 


6. Keramik

Keramik tidak hanya digunakan untuk melapisi kamar mandi, tapi juga ruangan lainnya. Jenis keramik yang tersedia bervariasi, salah satunya keramik batu alam yang cocok untuk dinding ruang tamu. Pilih juga motif atau corak keramik yang sesuai dengan desain interior atau eksterior dinding rumah Anda.

Gunakan semen mortar instan MU-200 untuk melapisi bagian dinding yang retak sebelum mengaplikasikan penutupnya. Harga mortar MU-200 di Klopmart juga terjangkau dan sesuai dengan hasil plesteran dinding yang diharapkan. Cara menutup dinding yang jelek di atas pasti berhasil dengan menggunakan semen MU-200.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya