7 Cara Menjadi Distributor Baja Ringan, Dijamin Cuan

Apabila Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi distributor baja ringan, maka artikel ini tepat dibaca sampai selesai. Pasalnya penjualan baja memang masih memiliki peluang besar dalam mendapatkan keuntungan. 

Belum lagi bahan material satu ini banyak dipilih karena daya tahannya yang kuat untuk berbagai proyek konstruksi. Pastinya Anda akan kebanjiran pembeli dari berbagai jasa konstruksi pembangunan. 

Menariknya, bilamana Anda memesan berbagai bahan bangunan untuk kebutuhan pelanggan toko bangunan Anda saat ini, Klopmart menawarkan diskon yang menggiurkan untuk Anda.

Tidak apa-apa jika Anda masih merasa ragu untuk menggeluti bisnis baja ringan. Coba cari tahu lebih banyak informasi bisnis dan cara menjadi distributor yang baik di bawah ini! 

Apa Itu Baja Ringan

Baja ringan merujuk pada jenis baja yang memiliki berat yang lebih rendah dibandingkan dengan baja konvensional, namun tetap mempertahankan kekuatan struktural yang baik. Baja ringan biasanya terbuat dari paduan atau campuran logam yang dirancang untuk memberikan kekuatan yang cukup namun dengan berat yang lebih ringan. Kelebihan dari baja ringan melibatkan beberapa faktor utama:

1. Ringan

Salah satu keuntungan utama baja ringan adalah beratnya yang lebih rendah dibandingkan dengan baja konvensional. Hal ini membuatnya lebih mudah diangkut, diinstal, dan mengurangi beban struktural pada bangunan.

2. Kekuatan Struktural

Meskipun ringan, baja ringan tetap memberikan kekuatan struktural yang tinggi. Ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam konstruksi bangunan, termasuk rumah, gedung, dan struktur lainnya.

3. Kemampuan Pemodelan

Baja ringan lebih mudah untuk dipotong dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan desain. Kemampuan ini memberikan fleksibilitas tambahan kepada arsitek dan insinyur untuk menciptakan struktur yang unik dan efisien.

4. Tahan terhadap Korosi

Produk baja ringan seringkali dilapisi dengan pelindung anti-korosi, seperti seng atau seng-alumunium, yang membuatnya tahan terhadap korosi. Ini meningkatkan masa pakai dan keandalan struktur baja ringan.

5. Pemasangan Cepat

Karena ringan dan mudah dipotong, baja ringan dapat dipasang dengan cepat, menghemat waktu dan biaya tenaga kerja selama proses konstruksi.

6. Efisiensi Energi

Baja ringan dapat membantu meningkatkan efisiensi energi bangunan. Bahan ini memiliki kemampuan termal yang baik, yang dapat membantu mengurangi konsumsi energi untuk pemanasan atau pendinginan.

7. Daur Ulang

Banyak jenis baja ringan dapat didaur ulang dengan mudah setelah selesai digunakan. Ini mendukung praktik pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan baja ringan dapat bervariasi tergantung pada aplikasinya dan kondisi lingkungan tempat struktur tersebut dibangun.

Baca juga: Carbon Steel (Baja Karbon): Jenis, dan Penggunaannya

Keuntungan Menjadi Distributor Baja Ringan


Keputusan untuk menjadi distributor baja memang tidak mudah. Selain tempat dan transportasi yang akan digunakan, Anda perlu memikirkan modal yang harus dikeluarkan. Jangan salah, ketersediaan modal yang minim dapat membuat bisnis gagal total. Itu sebabnya setiap keputusan perlu dipertimbangkan dengan matang. 

Berikut ini Klopmart sudah merangkum beberapa keuntungan yang didapat kalau Anda menjadi seorang distributor baja ringan. Coba perhatikan dengan saksama agar Anda bisa melakukan pertimbangan secara menyeluruh. 

1. Potensi Keuntungan yang Besar

Sebagai distributor baja ringan, Anda dapat memperoleh potensi keuntungan yang besar. Pasar untuk baja ringan terus berkembang, terutama dengan meningkatnya permintaan untuk rumah knock down yang menggunakan bahan baja ringan. 

Pastikan juga Anda memasok baja ringan berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif agar keuntungan yang diperoleh dapat bertambah secara signifikan.

2. Tidak akan Mati

Permintaan pasar yang terus tinggi terhadap baja ringan membuat bisnis ini memiliki risiko gulung tikar yang sangat kecil. Itu artinya bisnis baja ringan akan tetap dibutuhkan terlepas kejadian ekonomi atau politik yang terjadi dalam masyarakat. 

Benar bahwa ada kemungkinan omzet turun seperti pada saat harga rumah sedang meningkat. Namun penurunan tersebut tidak akan berlangsung selamanya karena masih banyak masyarakat yang ingin memiliki tempat tinggal mereka sendiri. 

3. Barang Tidak akan Kedaluwarsa

Baja ringan tidak punya karakteristik yang mudah lapuk seperti kayu atau basi seperti makanan. Apabila Anda mendiamkannya, baja ringan tetap punya daya tahan yang kokoh. Ketahanannya tidak berkurang meski waktu terus berjalan. Jadi Anda tidak perlu menjual baja ringan dalam tenggat waktu tertentu seperti bahan material lainnya. 

4. Tidak Rusak dengan Rayap

Bahan material baja ringan juga tidak mudah rusak karena rayap layaknya kayu. Anda bisa dengan tenang menyimpannya di area terbuka atau gudang penyimpanan tanpa ada perawatan khusus.

5. Mudah Dipindahkan

Seperti namanya, baja ringan punya bobot yang tidak berat. Dalam awal merintis bisnis ini, Anda tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk mengangkut atau memindahkan baja ringan. 

Bebannya yang tidak seberapa sangat memudahkan Anda untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Biaya untuk pemindahan ini jadi bisa ditekan seminimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Baca juga: 7 Jenis Baja Ringan dan Kelebihannya untuk Atap Rumah

Rincian Modal Usaha Baja Ringan

Modal yang dibutuhkan untuk usaha baja ringan terbilang cukup besar. Tentu Anda tidak bisa membandingkannya dengan bisnis makanan yang bisa dimulai dari Rp500.000 saja. Sebagai perkiraan, coba perhatikan rincian modal yang dibutuhkan pada tabel berikut ini. 

No. 

Nama Barang

Perkiraan Harga

1

Sewa tempat usaha

Rp130.000.000/ tahun

2

Beli laptop

Rp5.000.000 

3

Mobil pickup bekas

Rp105.000.000

4

Meja dan kursi

Rp3.500.000

5

Baja ringan 500 unit

Rp50.000.000

6

Hollow 500 unit

Rp10.000.000

7

Pelat spandek 500 unit

Rp50.000.000

8

Sekrup 10.000 unit

Rp2.500.000

9

Gaji karyawan (2 orang)

Rp4.000.000/ bulan

10

Listrik dan air 

Rp600.000/ bulan

11

Internet 

Rp400.000/ bulan

12

Transportasi (bensin, tol, dll)

Rp500.000/ bulan

Total Keseluruhan

Rp361.500.000


Harga yang disebutkan di atas tentunya akan berubah tergantung perkembangan zaman dan permintaan pasar. Hal ini khususnya terjadi untuk biaya listrik, air, gaji, internet, lokasi sewa tempat, serta pembelian laptop. Pembukaan usaha pada waktu yang tepat dapat membantu Anda menghemat banyak modal usaha yang diperlukan. 

Baca juga: Perbedaan Besi WF dan H Beam dari Bentuk & Harganya!

Cara Menjadi Distributor Baja Ringan


Jika Anda sudah menetapkan hati dan komitmen untuk membangun usaha baja ringan, pastikan beberapa informasi berikut ini sudah dipahami dengan baik. Modalnya yang cukup besar mengharuskan Anda untuk bertindak hati-hati serta bijaksana dalam mengambil langkah yang menyangkut keberhasilan usaha. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Temukan Lokasi Usaha yang Strategis

Meski permintaan baja ringan tinggi, Anda tidak bisa memandang sebelah mata lokasi usaha yang dibuka. Tempat usaha yang terpencil tentu akan sulit dijangkau oleh masyarakat. Belum tentu juga ada masyarakat di sekitar yang akan membelinya. 


Sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu mengenai tempat-tempat yang cocok untuk membuka usaha baja ringan. Coba perhatikan aksesnya, permintaan masyarakat, dan aspek-aspek penting lainnya agar usaha yang Anda jalankan laris. 

2. Temukan Supplier Tepercaya

Menemukan supplier tepercaya bisa jadi sulit karena ada banyak oknum penipu yang berusaha menggagalkan usaha Anda. Tepercaya yang dimaksudkan di sini mencakup beberapa hal seperti: 

  • Tidak curang dalam perhitungan baja ringan.

  • Tidak curang dalam harga jual.

  • Menyediakan baja ringan berkualitas sesuai standar.

  • Menyediakan baja ringan yang dipesan tepat waktu.

  • Mudah berkomunikasi untuk bertransaksi. 

  • Memiliki akses yang mudah dijangkau. 

3. Belajar Industri dan Bisnis Baja Ringan

Mempelajari industri dan bisnis baja ringan sebelum memulainya adalah tindakan bijaksana yang bisa Anda lakukan. Mempelajarinya akan membuat Anda makin memahami bagaimana bisnis baja ringan berjalan. Anda pun jadi bisa mengikuti tren penjualan baja ringan yang berjalan sehingga usaha tetap bisa bersaing melawan kompetitor lainnya. 

4. Tentukan Pasar yang Dituju

Pasar baja ringan pastinya ada banyak. Permintaan terhadap baja ringan bukan hanya datang dari perusahaan konstruksi besar tetapi juga pelanggan individu. Jadi sebelum Anda membuka usaha baja ringan, penting untuk menentukan pembeli yang dituju. 


Apabila pasar yang dituju adalah perorangan maka stok baja ringan yang dibeli tidak perlu dalam jumlah ribuan unit. Namun kalau Anda memilih pasar perusahaan konstruksi maka persediaan baja ringan harus ribuan atau bahkan ratusan unit. 

5. Memilih Sistem Keuangan yang Tepat

Dalam membuka usaha, sistem keuangan yang Anda pilih akan memengaruhi keuntungan yang akan didapatkan. Apabila Anda memiliki sistem keuangan yang tepat maka tidak akan ada uang yang terbuang percuma. Pastikan Anda punya sistem pencatatan yang detail untuk memastikan ketersediaan uang sehingga para pekerja tidak bisa melakukan kecurangan. 

6. Cari Strategi Promosi yang Sesuai

Melakukan promosi usaha menjadi aspek penting yang tidak boleh dilewatkan. Anda perlu melakukan promosi yang tepat dengan pasar yang dituju. Apabila Anda memang menyasar masyarakat yang tinggal di sekitar maka tidak perlu promosi menggunakan media sosial. 


Begitu Anda memasang tulisan nama atau spanduk besar maka masyarakat bisa membaca bahwa telah dibuka toko khusus baja ringan. Namun kalau Anda menyasar perusahaan besar maka promosi menggunakan media sosial dan media online lainnya sangat dibutuhkan. 

7. Ciptakan Kepuasan Berbelanja bagi Pelanggan

Usaha bisa bertahan kalau ada pembeli setia yang terus melakukan pembelian barang yang ditawarkan. Hal ini tidak hanya berlaku pada produk fashion, beauty atau makanan saja, tetapi juga pada baja ringan. 


Itu sebabnya setiap pembeli yang datang harus dilayani dengan maksimal agar kepuasan mereka terjamin. Ketika para pembeli puas maka mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang di sekitar. 


Membangun usaha apa pun bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan, mulai dari hulu ke hilir atau sebaliknya. Selain mempelajari semua hal di atas, Anda juga harus tahu bagaimana kualitas baja ringan yang bagus. Cobalah lakukan survei dengan membeli beberapa baja ringan di tempat berbeda. 


Bahkan jika memesan material bangunan saat ini, Anda akan mendapatkan potongan harga dan tentu saja harga distributor jika Anda ingin menjadi distributor baja ringan.

Baca juga: Harga Baja Ringan dengan Kualitas Optimal


Klopmart sudah terbukti menyediakan baja ringan aplus berkualitas, jadi tinggal kunjungi website Klopmart dan pilih baja ringan yang Anda butuhkan. Kemudian selesaikan pembayaran dan baja ringan akan langsung diantarkan ke alamat yang tertera. 

Selain produk baja ringan, kami juga menyediakan beragam bahan bangunan yang dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

Semoga Anda bisa menjadi pebisnis baja ringan yang sukses setelah memahami dengan baik informasi cara menjadi distributor baja ringan yang sudah dijelaskan di atas! 


Sumber rujukan: 

  • https://blkp.co.id/blogs/detail/menekuni-bisnis-baja-ringan#keuntungan-berbisnis-baja-ringan
  • https://blkp.co.id/blogs/detail/cara-menjadi-distributor-baja-ringan
  • https://www.halokakros.com/2022/06/omset-jual-baja-ringan.html#toc-2
  • https://www.faisol.id/2022/05/cara-menjadi-distributor-baja-ringan.html

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya