Cara Mengusir Cicak Dengan Bahan Alami

Keberadaan cicak di dalam rumah terkadang memang sangat mengganggu meskipun cicak bisa mengusir nyamuk dan serangga. Banyak juga dari Anda yang mungkin jijik dengan keberadaannya di dalam rumah. Sebenarnya, cicak bukanlah hewan yang mengancam penghuni rumah. Tapi cicak merupakan binatang yang bisa saja membahayakan kesehatan jika saja ia buang air dan jatuh ke celah celah meja makan dan kolong meja dan  saat kita makan maka menutup makanan agar tidak jatuh ke makanan dengan tudung saji atau tempat tidur tidak seperti memelihara kucing yang lucu. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti cara mengusir cicak dengan bahan alami berikut ini. 

Cangkang telur

Anda mungkin tidak menyangka bahwa bahan yang satu ini bisa digunakan sebagai mengusir cicak. Cangkang telur adalah salah satu bahan alami yang biasanya terabaikan setelah telur yang ada di dalamnya dimasak dan diolah. Karena sekarang Anda sudah tahu bahwa cangkang telur memiliki manfaat cukup ampuh untuk mengusir cicak, jangan langsung buang cangkang ini setelah memasak.

Cangkang telur biasanya masih menyisakan bau amis dari telur yang ada di dalamnya. Bau amis ini tidak disukai populasi cicak sehingga ia akan jauh-jauh dari cangkang telur. Untuk memanfaatkan cangkang telur sebagai mengusir cicak, Anda cukup mengumbuknya hingga halus dan berbentuk serpihan kecil. Serpihan ini kemudian ditempatkan dalam wadah plastik dan lubangi plastik tersebut. Tempatkan serpihan cangkang telur dalam plastik di dekat jendela atau ventilasi rumah.

Bubuk kopi

Selain cangkang telur, bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai mengusir cicak adalah bubuk kopi. Sama dengan cangkang telur, bubuk kopi ini mengeluarkan aroma yang sangat kuat sehingga cicak tidak akan suka. Anda bisa gunakan bubuk kopi yang biasa Anda seduh untuk mengusir cicak di rumah.

Caranya, cukup ambil beberapa bubuk kopi dan tempatkan dalam sebuah wadah. Anda bisa meletakkannya dalam plastik seperti saat menggunakan cangkang telur, atau bisa juga dimasukkan dalam sebuah mangkuk kecil. Letakkan bubuk kopi ini di tempat-tempat di mana cicak sering muncul.

Bawang merah dan bawang putih

Bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak di rumah. Dua jenis bawang ini memiliki bau menyengat yang tidak disukai cicak. Kedua bahan ini tentu sangat mudah untuk ditemukan di rumah, bukan? Cara meraciknya pun sangat mudah.

Anda cukup mengupas beberapa bawang merah dan bawang putih, kemudian menghaluskannya dengan blender. Saat sudah hancur dan halus, campurkan ‘bubur’ bawang merah dan bawang putih ini dengan sejumlah air. Setelah itu, tempatkan pada botol penyemprot. Semprotkan cairan bawang merah dan bawang putih ini di tempat-tempat biasa cicak muncul.

Tembakau

Tembakau adalah bahan alami yang memiliki bau sangat menyengat. Dari kejauhan saja, bau tembakau ini sudah tercium. Anda bisa menggunakan tembakau sebagai mengusir cicak di rumah. Tempatkan beberapa tembakau di dalam sebuah wadah plastik dan lubangi beberapa bagian plastik. Setelah itu, gantungkan plastik ini di jendela atau ventilasi rumah agar mencegah cicak masuk.

Lada hitam

Menggunakan bubuk lada hitam dalam mengusir cicak di rumah adalah trik termudah yang bisa dilakukan. Rempah yang satu ini juga memiliki bau sangat kuat sehingga mengusir cicak jauh-jauh. Anda cukup mengambil serbuk lada hitam dan menaburkannya ke beberapa tempat di mana hewan yang satu ini muncul. Anda bisa juga mencampur lada hitam dengan air dan menjadikannya semprotan pembasmi cicak.

Bahan-bahan alami ini mungkin jarang digunakan, namun termasuk cara mengusir cicak yang ampuh. Anda bisa menggunakan bahan yang sudah ada di rumah dan mengaplikasikan cara yang sudah dijelaskan di atas untuk mengusir cicak. Jangan sampai masuk cicak ke dalam tempat menyimpan makanan Anda hingga bisa terkontaminasi air liurnya. Kalau Anda butuh peralatan rumah tangga lain seperti keran air, pipa, dan tandon, bisa buka website Klopmart. 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article