Home & Living

Cara Mengusir Cicak Dengan Bahan Alami

Media
08 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Keberadaan cicak di dalam rumah terkadang memang sangat mengganggu meskipun cicak bisa mengusir nyamuk dan serangga. Banyak juga dari Anda yang mungkin jijik dengan keberadaannya di dalam rumah. Sebenarnya, cicak bukanlah hewan yang mengancam penghuni rumah. Tapi cicak merupakan binatang yang bisa saja membahayakan kesehatan jika saja ia buang air dan jatuh ke celah celah meja makan dan kolong meja dan saat kita makan maka menutup makanan agar tidak jatuh ke makanan dengan tudung saji atau tempat tidur tidak seperti memelihara kucing yang lucu. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti cara mengusir cicak dengan bahan alami berikut ini.

Mengusir Cecak Menggunakan Bahan Alami

1. Cangkang telur

Bahan alami yang terbukti ampuh mengusir cicak yang pertama adalah cangkang telur. Anda mungkin tidak menyangka kalau sisa makanan satu ini masih memiliki sebuah manfaat.

Cangkang telur adalah salah satu bahan alami yang biasanya terabaikan setelah telur yang ada di dalamnya dimasak dan diolah. Karena sekarang Anda sudah tahu bahwa cangkang telur memiliki manfaat cukup ampuh untuk mengusir cicak, jangan langsung buang cangkang ini setelah memasak.

Cangkang telur biasanya masih menyisakan bau amis dari telur yang ada di dalamnya. Bau amis ini tidak disukai populasi cicak sehingga ia akan jauh-jauh dari cangkang telur. Untuk memanfaatkan cangkang telur sebagai mengusir cicak, Anda cukup mengumbuknya hingga halus dan berbentuk serpihan kecil.

Serpihan ini kemudian ditempatkan dalam wadah plastik dan lubangi plastik tersebut. Tempatkan serpihan cangkang telur dalam plastik di dekat jendela atau ventilasi rumah, dan sudut-sudut rumah yang biasa dihinggapi cicak.

2. Bubuk Kopi

Selain cangkang telur, bahan alami yang terbukti ampu mengusir cicak selanjutnya adalah bubuk kopi. Sama dengan cangkang telur, bubuk kopi ini mengeluarkan aroma yang sangat kuat sehingga cicak tidak akan suka. Anda bisa gunakan bubuk kopi yang biasa Anda seduh untuk mengusir cicak di rumah.

Caranya, cukup ambil beberapa bubuk kopi dan tempatkan dalam sebuah wadah. Anda bisa meletakkannya dalam plastik seperti saat menggunakan cangkang telur, atau bisa juga dimasukkan dalam sebuah mangkuk kecil. Letakkan bubuk kopi ini di tempat-tempat di mana cicak sering muncul.

Selain menggunakan wadah, Anda juga bisa langsung menaburkan bubuk kopi di sudut-sudut rumah yang biasa dilewati atau dihinggapi oleh cicak.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak di rumah. Dua jenis bawang ini memiliki bau menyengat yang tidak disukai cicak. Kedua bahan ini tentu sangat mudah untuk ditemukan di rumah, bukan? Cara meraciknya pun sangat mudah.

Anda cukup mengupas beberapa siung bawang merah dan siung bawang putih, kemudian menghaluskannya dengan blender. Saat sudah hancur dan halus, campurkan ‘bubur’ bawang merah dan bawang putih ini dengan sejumlah air.

Setelah itu, tempatkan pada botol penyemprot. Semprotkan cairan bawang merah dan bawang putih ini di tempat-tempat biasa cicak muncul. Atau, Anda bisa langsung menyemprotkannya ke cicak yang sedang merayap di dinding untuk segera mengusirnya.

4. Tembakau

Tembakau adalah bahan alami yang memiliki bau sangat menyengat. Dari kejauhan saja, bau tembakau ini sudah tercium. Anda bisa menggunakan tembakau sebagai mengusir cicak di rumah.

Masukkan beberapa tembakau ke dalam plastik atau sebuah wadah dan lubangi plastik atau wadah tersebut. Setelah itu, gantungkan wadah atau plastik tersebut di jendela atau ventilasi rumah untuk mencegah cicak masuk. Untuk menimbulkan efek bau yang lebih menyengat, Anda bisa menggabungkan tembakau dan juga bubuk kopi.

5. Lada hitam

Menggunakan bubuk lada hitam dalam mengusir cecak di rumah adalah trik termudah yang bisa dilakukan. Rempah yang satu ini juga memiliki bau sangat kuat sehingga mengusir cicak jauh-jauh. Anda cukup mengambil serbuk lada hitam dan menaburkannya ke beberapa tempat di mana hewan yang satu ini muncul. Anda bisa juga mencampur lada hitam dengan air dan menjadikannya semprotan pembasmi cicak.

Mengusir Cecak Menggunakan Bahan Lainnya

1. Menyemprotkan Obat Nyamuk

Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda untk menggunakan obat nyamuk untuk mengusir cicak. Nyatanya, bahan kimia satu ini ampuh mengusir cecak karena alasan-alasan yang telah dijelaskan sebelumnya; bau yang menyengat.

Bau yang dihasilkan oleh obat nyamuk terbukti sama ampuhnya dengan bau yang dihasilkan oleh bahan-bahan alami untuk mengusir cecak. Hanya saja, pastikan untuk tidak berlebihan menggunakannya. Berbeda dengan bahan alami, obat nyamuk adalah bahan kimia yang tentu saja dapat mengakibatkan bahaya jika digunakan secara berlebihan.

2. Pelapis Dinding Khusus

Cara mengusir cecak satu ini mungkin cukup unik dibandingkan yang lainnya. Mengapa? Karena Anda harus merenovasi rumah Anda untuk menerapkan cara ini.

Seperti yang kita tahu, cicak adalah hewan reptil yang dapat menempel di dinding. Akan tetapi, tubuh cicak hanya dapat menempel pada permukaan yang kasar dan bertekstur.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan lapisan atau cat yang membuat tekstur dinding Anda licin, maka Anda telah membuat dinding Anda tidak mungkin ditinggali oleh cicak.

3. Menggunakan Kapur Barus

Kalau sudah bicara perihal cara mengusir serangga dari rumah, kapur barus hampir selalu menjadi salah satu jawabannya.

Serupa dengan cara yang lainnya, kapur barus memiliki bau yang menyengat bagi para serangga. Bau dari kapur barus ini telah terbukti ampuh mengusir berbagai serangga dan hewan menganggu, seperti cicak.

4. Larutan Deterjen dan Air Sabun

Campuran kedua bahan kimia ini mungkin adalah salah satu yang paling efektif untuk mengusir cecak. Anda tinggal mencampurkan air, deterjen, dan air sabun di dalam sebuah botol penyemprot.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal menyemprotkan campuran tersebut pada cicak yang seddang merayap di dinding.

Itulah dia cara mengusir cicak yang dapat Anda terapkan. Anda dapat menggunakan bahan alami dan juga bahan-bahan kimi untuk mengusir cicak. Pastikan Anda telah mengikuti panduan yang ada dan menggunakan pengaman, khususnya saat menggunakan bahan kimia, untuk mengusir cicak dari rumah Anda.

Jangan sampai masuk cicak ke dalam tempat menyimpan makanan Anda hingga bisa terkontaminasi air liurnya. Kalau Anda butuh peralatan rumah tangga lain seperti keran air, pipa, dan tandon, bisa buka website Klopmart.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya