Baut & Perkakas

5 Cara Mengasah Gunting yang Tumpul agar Kembali Tajam!

Media
29 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.
Ketika gunting sudah mulai tumpul, daripada membeli gunting baru, lebih baik Anda mempelajari cara mengasah atau menajamkan gunting yang tumpul saja. Selain dapat membuat gunting yang lama menjadi lebih tajam, Anda juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli gunting baru.
promo klopmart

Gunting memang merupakan salah satu alat yang sangat sering kita gunakan sehari-hari, mulai dari untuk keperluan pribadi hingga keperluan di dapur. Oleh karena itu, gunting memang akan cepat sekali tumpul. Lantas, bagaimana sih cara mengasah gunting yang sudah tumpul agar dapat tajam kembali?

Cara Mengasah Gunting yang Tumpul


Seiring waktu dan seringnya digunakan, mata pisau pada gunting akan tumpul dan kehilangan ketajaman yang mereka miliki saat Anda pertama kali membelinya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengasah gunting yang sudah mulai tumpul agar dapat terus menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa cara mengasah gunting yang tumpul.

1. Menggunakan Ampelas

Ampelas memang merupakan alat yang cukup sering digunakan untuk mempertajam berbagai macam benda, mulai dari pisau, golok, hingga gunting. Untuk mengasah gunting menggunakan ampelas, Anda dapat menggunakan kertas ampelas dengan nomor grit 150 - 200 hingga yang lebih besar. Makin tinggi nomor grit yang digunakan, maka akan makin tajam juga hasil gunting yang diasah.

Cara mengasah gunting tumpul menggunakan ampelas sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, siapkan kertas ampelas terlebih dahulu. Lalu, potong-potong kertas ampelas tersebut menggunakan gunting. Pastikan Anda mengarahkan sisi kasar ampelas menghadap ke luar, sehingga dapat menyentuh mata pisau gunting saat dipotong.

Kira-kira, terus potong kertas ampelas menggunakan gunting hingga 20 kali. Kedua mata pisau gunting yang digunakan untuk memotong ampelas akan otomatis terasah karena bergesekan langsung dengan permukaan ampelas. Namun, cara ini hanya akan berguna pada mata pisau gunting yang belum terlalu tumpul dan hanya perlu diasah agar lebih tajam saja.

Setelah selesai, pastikan untuk membersihkan mata pisau gunting dengan cara mengelapnya menggunakan tisu basah. Hal ini perlu dilakukan karena akan ada sisa dari butiran ampelas yang menempel pada gunting. Setelah dibersihkan, maka gunting sudah dapat langsung digunakan kembali.

Baca juga: Macam Macam Batu Gerinda serta Fungsi dan Kegunaannya

2. Menggunakan Stoples Kaca

Pasti banyak orang yang belum mengetahui bahwa stoples kaca dapat digunakan untuk mengasah gunting yang sudah mulai tumpul. Cara untuk melakukannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencoba memotong stoples kaca tersebut menggunakan gunting saja; sama seperti ketika Anda ingin memotong kertas.

Lakukan gerakan memotong tersebut terus-menerus hingga mata pisau gunting menjadi lebih tipis, halus, dan tajam. Setelah itu, bersihkan mata pisau gunting menggunakan tisu basah untuk menghilangkan sisa butiran kaca yang menempel. Pastikan untuk menggunakan stoples kaca yang sudah tidak digunakan karena proses pengasahan ini akan meninggalkan bekas goresan pada stoples kaca tersebut. efektif

3. Menggunakan Aluminium Foil

Selain kertas ampelas dan stoples kaca, Anda juga dapat mengasah gunting yang mulai tumpul menggunakan aluminium foil. Siapkan saja aliminium foil dengan panjang 20 cm hingga 30 cm dan lipat sama panjang hingga beberapa bagian hingga membentuk lipatan dengan ketebalan yang cukup tebal.

Untuk mengasah mata pisau gunting yang mulai tumpul menggunakan aluminium foil, langkah yang harus dilalui kurang lebih sama dengan ketika menggunakan kertas ampelas, yaitu cukup memotong aluminium foil saja. Lapisan tebal dari lipatan aliminium foil akan mengasah mata pisau gunting menjadi lebih tajam.

Makin tipis lipatan aluminum foil, maka Anda harus melakukan proses pemotongan lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat lipatan aluminium foil yang lebih tebal saja. Setelah diasah, Anda perlu membersihkan mata pisau gunting dengan tisu yang dibasahai air untuk menyingkirkan serpihan aluminium yang menempel.

Baca juga: Fungsi Aluminium Foil Atap Rumah serta Jenis-Jenisnya

4. Menggunakan Jarum Pentol Besar

Kurang lebih, konsep pengasahan mata pisau gunting menggunakan jarum pentol besar mirip dengan ketika menggunakan stoples kaca. Anda hanya perlu mencoba memotong jarum pentol besar tersebut menggunakan gunting secara terus-menerus sampai mata pisau gunting mulai menipis dan menjadi lebih tajam.

Ketika dirasa mata pisau gunting sudah makin menajam, Anda perlu membersihkannya menggunakan tisu basah sehingga sisa serpihan besi yang menempel dapat dihilangkan. Pastikan juga Anda menggunakan jarum pentol yang sudah tidak digunakan karena proses ini akan meninggalkan bekas goresan.

5. Menggunakan Batu Asah

Seperti namanya, batu asah memang digunakan untuk mengasah berbagai macam peralatan yang berbahan besi, seperti pisau, golok, hingga gunting. Jika tidak punya, Anda dapat membeli batu asah di sebagian besar toko perkakas. Membeli batu asah dapat menjadi investasi karena Anda dapat mengasah berbagai macam mata pisau sehingga dapat digunakan dengan lebih lama.

Batu asah biasanya memiliki dua bagian untuk mengasah mata pisau, yaitu bagian yang lebih kasar dan yang lebih halus. Sisi batu asah yang lebih tajam dapat digunakan untuk mengasah mata pisau yang sudah benar-benar tumpul. Namun, jika mata pisau belum terlalu tumpul dan hanya perlu dipertajam sedikit, Anda cukup mengasahnya menggunakan bagian yang lebih halus.

Baca juga: Cara Mengasah Mata Bor Besi yang Sudah Tumpul

Cara mengasah gunting yang tumpul menggunakan batu asah sedikit lebih rumit dari cara yang lain. Pertama-tama, Anda perlu membongkar gunting dengan cara melepaskan baut yang menyatukan kedua mata pisau. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengasah mata pisau gunting satu per satu menggunakan batu asah.

Ulangi hingga mata pisau satu per satu terasah. Setelah selesai diasah, Anda dapat menyatukan kembali kedua mata pisau gunting. Kemungkinan akan ada beberapa serpihan besi yang masih menempel ketika diasah, jadi Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Bersihkan gunting menggunakan tisu basah seperti cara lainnya.

alat dan perkakas klopmart

Apabila Anda sedang mencari tahu harga gunting karpet, langsung saja kunjungi Klopmart dan beli barangnya di sana. Anda hanya perlu menunggu dan pesanan akan diantar langsung ke alamat tujuan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini. Semoga cara mengasah gunting tumpul yang disampaikan di atas dapat berguna ya!

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya